Implementasi Teknik SEO On-Page dan Off-Page dalam Meningkatkan Peringkat Website Klien PT. Deus Code (Studi Kasus greenmile.co.id)

Melkisedek Luky Rosano Adi Pradana(1*),Yani Prihati(2),Satrio Agung Prakoso(3)
(1) Universitas AKI Semarang
(2) Universitas AKI Semarang
(3) Universitas AKI Semarang
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v20i2.2251

Abstract

In the digital era, SEO strategies were essential to securing high rankings in search results. This study integrated internal optimizations (SEO On-Page) such as title tags, meta descriptions, and page speed, along with external efforts (SEO Off-Page) including quality backlink building and social media signals. The case study utilized data from periods before and after the implementation of these SEO strategies. The results demonstrated significant improvements in user numbers, average interaction duration, and a reduction in bounce rate. The website 's ranking improved from unlisted to the third page of Google's SERP for the keyword "Toko Kaca Surabaya," with user numbers nearly doubling and average interaction time increasing from 59 seconds to 2 minutes and 13 seconds. The bounce rate decreased from 33.58% to 12.19%, indicating the effectiveness of the applied strategies in attracting and retaining user attention.

Keywords: On-PageSEO; Off-PageSEO; Greenmile.co.id

 

Abstrak

Dalam era digital, strategi SEO menjadi penting untuk memastikan peringkat tinggi di hasil pencarian. Penelitian ini telah menggabungkan optimasi elemen internal (SEO On-Page) seperti title tag, meta description, dan kecepatan halaman, serta upaya eksternal (SEO Off-Page) seperti pembangunan backlink berkualitas dan sinyal media sosial. Studi kasus ini menggunakan data dari periode sebelum dan sesudah penerapan SEO, dengan hasil yang menunjukkan peningkatan signifikan dalam jumlah pengguna, rata-rata durasi interaksi, serta penurunan bounce rate. Peringkat situs meningkat dari tidak terdeteksi menjadi halaman ketiga Google SERP untuk kata kunci "Toko Kaca Surabaya," dengan peningkatan pengguna hampir dua kali lipat dan waktu interaksi rata-rata meningkat dari 59 detik menjadi 2 menit 13 detik. Penurunan bounce rate dari 33.58% menjadi 12.19% mengindikasikan efektivitas strategi yang diterapkan dalam menarik dan mempertahankan perhatian pengguna.

Kata kunci: SEO On-Page; SEO Off-Page; Greenmile.co.id

References


F. F. Dwi Imaniawan, R. Wijianto, and J. D. Mulyanto, “Penerapan Search Engine Optimization Untuk Meningkatkan Peringkat Website Pada Search Engine Results Page Google (Studi Kasus: www.superbengkel.co.id),” EVOLUSI J. Sains dan Manaj., vol. 8, no. 2, pp. 28-39, 2020, doi: 10.31294/evolusi.v8i2.9172.

A. Nityananda, “Penerapan White Hat Seo Pada Portal Jurnalisme Warga Hindu Untuk Mengangkat Eksistensi Warga Hindu Lampung,” Teknol. Dan Sist. Inf. Univ. Teknokr. Indones., vol. 4, no. 2, pp. 149–155, 2023.

S. Bahri, “Implementasi Teknik Seo ( Search Engine Optimization ) Pada Artikel Untuk Menempati Halaman 1 Pencarian Google,” J. Sintaksis Pendidik. Guru Sekol. Dasar, IPA, IPS dan Bhs. Ingg., vol. 3, no. 04, pp. 41–48, 2020.

K. N. Aristya, S. T. Galih, and S. A. Prakoso, “Strategi Optimasi SEO On-PageDalam Penulisan Artikel Untuk Meningkatkan Trafik Organik Pada Website E- Commerce,” vol. 2, no. 3, pp. 273–279, 2024.

R. S. A. R. S. Aminah and W. Y. Dalimunthe, "Penerapan Search Engine Optimization pada Pemberitaan di Media Siber," Jurnal Netnografi Komunikasi, vol. 3, no. 1, pp. 73-87, 2024.

N. Wijaya and A. Eviyanti, “Optimasi Platform Digital sebagai Bagian dari Strategi Digital MarketingBerbasis SEO untuk Muncul di Google,” Semin. Nas. Call Pap. Fak. Sains dan Teknol. (SENASAINS 7th), vol. 7, pp. 380–390, 2024.

A. A. Murtopo, M. Nursidik, S. Syefudin, and G. Gunawan, "Optimasi Search Engine Optimization (SEO) On Page untuk Meningkatkan Peringkat Website Hondasukabumi.com di Google," Innovative: Journal of Social Science Research, vol. 4, no. 3, pp. 2943-2953, 2024.

G. M. Putra, A. D. Ikram, R. Wardhana, A. Prafanto, R. Rosmasari, and A. Irsyad, "Analisis Metode Search Engine Optimization (SEO) pada Website Konterku.com Menggunakan Ahrefs," Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI), vol. 8, no. 1, pp. 31-40, 2024.

M. Saputra, I. Fernando, and A. Irawan, “Pemanfaatan Search Egine Optimization (SEO) Serta Search Engine Marketing (SEM) untuk Meningkatkan Penjualan Mobil”, SAINTEK, vol. 8, no. 1, pp. 24-37, Feb. 2024.

B. Arifin, A. Hudalil, and A. Ahiruddin, "Konsep Digital Marketing Berbasis SEO (Search Engine Optimization) dalam Strategi Pemasaran," Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis, vol. 4, no. 2, pp. 87-94, 2019.

Anastasya Christabella Laowo and Zon Vanel, “Strategi Kampanye Digital Anggota Legislatif Untuk Meningkatkan Citra (Studi Kasus Di Kota Surakarta)”, Juremi, vol. 4, no. 2, pp. 437–456, Sep. 2024.

K. Ma’mur, “Optimasi Web Log Menggunakan Teknik SEO On Page dan Off Page untuk Meningkatkan Trafik Pengunjung Organik”, KAKIFIKOM , vol. 5, no. 1, pp. 6–15, Jul. 2023.

M. F. Fauzi, Ongky Arif Wibowo, and Denis Setiawan, “Implementasi Laravel Dan White Hat Seo Pada Pembuatan Website Banghm Jogja Properti ”, INFOS Journal, vol. 4, no. 1, pp. 1-7, May 2021.

P. Assiroj, “Implementasi Metode Search Engine Optimization (Seo) Pada Situs Web Imigrasi Wonosobo”, infotech, vol. 8, no. 1, pp. 41–52, Mar. 2022.

Annadafah and U. Muayyad, “Penggunaan Digital Marketing di PT. Bank Syariah Indonesia dengan Pendekatan Search Engine Optimization (SEO)”, AJIE, vol. 1, no. 1, pp. 90–106, Jun. 2022.


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.