Analisis Kenyamanan Peletakan Fitur Menu Antar Muka Automated Teller Machine (ATM) Bank

Nani Krisnawaty Tachjar(1*)
(1) Institut Perbanas Jakarta
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v13i1.223

Abstract

Abstrak

Automated Teller Machine (ATM) saat ini memegang peranan penting. Sebagai mesin yang menjalankan peran perbankan, ATM diharapkan dapat memenuhi kebutuhan nasabah untuk melakukan transaksi perbankan. Namun, prosedur dan transaksi di tampilan menu ATM bervariasi untuk masing-masing bank. Selain meletakkan menu yang berbeda, warna menu masing-masing bank berbeda. Tentunya hal ini akan menyulitkan nasabah yang memiliki nomor rekening di bank yang ingin melakukan transaksi di beberapa bank dengan interval yang berdekatan.

Penelitian ini akan menunjukkan hubungan antara kenyamanan, kenyamanan, desain menarik dengan kenyamanan pelanggan menggunakan menu ATM. Pengolahan data menggunakan metode regresi berganda dengan bantuan SPSS untuk aplikasi pengolahan data.

Kata kunci: Fitur, Menu Antarmuka, Automated Teller Machine, nasabah

  

Abstract

Automated Teller Machine (ATM) currently play an important role. As the machine running the role of banking, ATM is expected to meet the needs of customers to perform banking transactions. However, procedures and transactions in the ATM menu display vary for each bank. In addition to laying a different menu, the color of the menu each bank is different. Obviously this will make it difficult for customers who have an account number at a bank that wants to conduct transactions in several banks with adjacent intervals.

This research will show the correlation between comfort, convenience, attractive design with the convenience of customers using the ATM menu. Processing data using multiple regression method with the help of SPSS for data processing applications.

Keyword: Fitur, Menu Antarmuka, Automated Teller Machine, nasabah

References


M. Zhang, F. Wang, H. Deng, and J. Yin, (2012). A Survey on Human-Computer Interaction Technology for Financial Terminals, 2012 Fifth Int. Conf. Intell. Networks Intell. Syst., pp. 174–177.

I. Ghozali, (2006). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Pratiwi and L. S. Istiyowati, (2015), KEAMANAN DALAM PENGGUNAAN ATM ( Anjungan Tunai Mandiri ),” 2015.

B. I. Sappaile, (2005). Pengaruh Metode Mengajar dan Ragam Tes Terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Sikap Siswa, J. Pendidik. dan Kebud., no. 56, pp. 1–32.

A. Wijaya, (2012). Pendidikan Matematika Realistik, Suatu Alternatif Pendekatan pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.