Model Sistem Aplikasi Seleksi Anggota Kelompok Simpan Pinjam

M. Rizki Hidayat(1*),Soegiarto Soegiarto(2)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v11i2.203

Abstract

Abstrak

Berdasarkan keterangan dari ketua kelompok Simpan Pinjam khusus Perempuan (SPP) di Desa Balang  diambil kesimpulan bahwa penyeleksian anggota kelompok saat ini masih dilakukan dengan menggunakan perkiraan tanpa mementingkan prioritas dari setiap kriteria yang sudah ditetapkan, ketua kelompok menetapkan anggota yang berhak mendapatkan bantuan pinjaman dana PNPM Mandiri Perdesaan hanya berdasarkan unsur hubungan kekerabatan antara ketua dan anggota, adapun disaat menggunakan kriteria yang ada penerapan di lapangan tidak memperhatikan bobot dari kriteria yang sudah ditetapkan oleh pihak Unit Pelaksana Kegiatan yang digunakan selama ini hanya penjumlahan total keseluruhan dari nilai tiap kriteria sehingga ada  anggota yang seharusnya diprioritaskan untuk terpilih mendapatkan bantuan pinjaman dana PNPM Mandiri Perdesaan tidak terpilih dan sebaliknya.

Dengan menggunakan sampel anggota kelompok simpan pinjam khusus perempuan di Desa Balang, sistem yang dibangun akan membantu ketua kelompok simpan pinjam di Desa Balang untuk memilih anggota mana yang sesuai kriteria untuk diberi bantuan pinjaman dana PNPM Mandiri Perdesaan, yang mana kriterianya meliputi Pendapatan Perbulan, Sisa Pendapatan Perbulan, Persyaratan Administrasi, Pinjaman Lain, Tingkat Kebutuhan.

Dari pengujian uji validitas dan reliabilitas dari aplikasi yang dibuat menunjukkan bahwa pengujian User Acceptance ini telah menghasilkan data yang valid dengan tingkat reliabilitas yang mendapatkan nilai Alpha Cronbach= 0,8688 dan termasuk sangat reliabel.

Kata Kunci : Sistem Aplikasi, Simpan Pinjam, PNPM Mandiri Perdesaan

 

Abstract

 Based on information from the head of a special group of Savings and Loans Women (SPP) in the village of Balang be concluded that the selection of members of the group is still done using estimates without priority importance of each criteria have been defined, the chairman of the group set members eligible for assistance loan PNPM Mandiri Rural only by elements of kinship between the chairman and members, while when using existing criteria field application does not pay attention to the weight of the criteria set forth by the ProjectUsing a sample of members of women's savings groups in the village Balang, a system built will help chairman savings group in the village where members Balang to choose the appropriate criteria for a given loan assistance PNPM Mandiri, which includes the criteria Monthly Income, Time Income monthly, Administrative Requirements, Other Loans, Level Requirement.

Refer Of testing the validity and reliability of applications made indicate that the User Acceptance testing has produced valid data to obtain the level of reliability Cronbach alpha value = 0.8688 and includes very reliable. 

Keywords: Application System, Savings and Loans, PNPM Rural

References


PNPM-MPd, P. (2010). Departemen dalam Negeri Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Departemen Dalam Negeri. (2008). Departemen dalam Negeri Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Nugroho, Y. S. (2013). Rancang Bangun Perangkat Lunak Pendukung Keputusan Seleksi Penerima Bantuan Beras Miskin. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Turban. (2005). Decision Support Systems and Intelligent Systems (Sistem pendukung keputusan dan sistem cerdas) Jilid 1. Yogyakarta: ANDI Offset.

Wardani, A. (2013). Aplikasi Pemberian Bantuan Modal Usaha Pertanian. Banjarbaru: STMIK BANJARBARU.


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.