Penentuan Peserta Pengadaan Langsung Pada Dinas Pekerjaan Umum Berbasis SAW

Nurul Hikmah(1*),Boy Abidin Rozani(2)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v11i2.202

Abstract

Abstrak

Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tapin merupakan lembaga yang berwenang dalam melakukan Pengadaan Langsung, perbaikan dan pembangunan jalan. Dalam prakteknya di lapangan penentuan prioritas pengadaan langsung dipengaruhi oleh subjektivitas sehingga penanganan belum akurat.

Simple Additeve Weighting(SAW) merupakan metode yang paling sederhana untuk menurunkan bobot atribut atau kriteria.Metode SAW sering dikenal dengan istilah metode penjumlahan terbobot. Konsep dasar metode SAW  adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif padasemua atribut. kelebihan dari metode ini lebih efisien karena waktu yang dibutuhkan dalam perhitungan lebih singkat.

Pada paper ini dibahas sistem Penentuan peserta kontraktor yang berhak ikut pengadaan langsung berdasarkan tingkat kepentingan kriteria dan subkriteria dengan menggunakan metode penilaian dan pembobotan terhadap beberapa kriteria dan subkriteria yang mempengaruhi pengambilan keputusan. Metode penelitian yang akan digunakan untuk menentukan skala prioritas penanganan peserta pengadaan langsung adalah metode SAW .

Kata Kunci: Pengadaan Langsung, Dinas Pekerjaan Umum, Simple Additive Weight

ABSTRACT

Department of Public Works Tapin an authorized institution in conducting direct procurement, repair and construction of roads..In practice in the field of procurement prioritization directly affected by the subjectivity that is not accurate handling.

Simple Additeve weighting (SAW) is the simplest method to lose weight attributes or criteria, method SAW is often known as a weighted summation method.The basic concept is to find a method of SAW weighted summation of rating the performance of each alternative on all attributes. the advantages of this method is more efficient because of the time needed in a shorter calculation.

In this paper is discussed a system determination system participants contractors were entitled to direct procurement by the level of interest using the criteria and sub-criteria assessment methods and weighting of the criteria and sub-criteria that influence decision-making.Research methods that will be used to determine the priority handling of participants direct procurement is a method SAW.

Keywords: Direct Procurement, Public Works general, Simple Additive Weight

References


Kusumadewi, S. (2006). Fuzzy Multiple-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu.

wahyudi (2013). Fuzzy multple criteria Decision( FMCDM) : STMIK BANJARBARU

Hermanto, D. (2010). Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Untuk Menentukan Jurusan Pada SMK Bakti Purwokerto. Purwokerto: STMIK AMIKOM Purwokerto.


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.