Model Web Site Pelayanan Keluarga Berencana Pada BPPPA Dan KB

Raudhatul Jannah(1*),Sushermanto Sushermanto(2),bahar bahar(3)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(3) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/progresif.v12i1.168

Abstract

Abstrak

Sistem yang berjalan saat ini masih kurang efektif dalam penyampaian informasi karena harus menunggu lama dalam pelaporan data dari yang seharusnya awal bulan sudah bisa dilaporkan untuk sisa bulan kemarin menjadi pertengahan bulan baru bisa dilaporkan. Keterlambatan tersebut terjadi karena jarak yang jauh antara KKB  dengan BPPPA & KB, lambatnya KKB dalam merekapitulasi data laporan bulanan sehingga mengakibatkan BPPPA & KB lambat dalam mengentry data dan pembuatan laporan, sedangkan dampak yang dirasakan oleh pihak eksternal yaitu lambatnya dalam proses pelayanan kepada masyarakat.

Tujuan pada paper ini dibuat sebuah website untuk mempercepat berinterksi dalam memberikan informasi dari BPPPA & KB ke KKB maupun sebaliknya dengan cepat dan tepat. Juga dengan adanya aplikasi ini akan mempercepat klinik KKB mengirimkan laporan bulanan kepada BPPPA & KB sehingga tidak ada keterlambatan yang terjadi, proses pengentryan dan pembuatan laporan juga akan lebih cepat, selain itu dapat mempermudah pelayanan untuk peserta KB.

    Berdasarkan hasil uji user acceptance dengan jumlah 5 pertanyaan dengan 10 responden disimpulkan bahwa sistem ini berjalan sangat baik, dari hasil uji validitas dan reliabilitas terhadap aplikasi bahwa pengujian user acceptance menghasilkan tingkat reliabilitas dengan nilai alpha croncbach adalah 0,92 yang berarti sangat reliabilitas.

 Kata Kunci: Sistem Informasi, Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak & Keluarga Berencana, Klinik Keluarga Berencana.

 

Abstract

                The current system is still not effective in disseminating information because they have to wait long in the reporting of data from the KKB is supposed beginning of the month can be reported for the remaining months of yesterday become the new mid-month can be reported. The delay occurred because of the distance between KKB with BPPPA & KB, than KKB in the monthly report data recapitulate resulting BPPPA & KB slow in mengentry data and preparing the report, while the impact is felt by an external party that is slow in the process of service to the community.

The purpose of this paper created a website to expedite berinterksi in providing information of BPPPA and KB to KKB and vice versa quickly and precisely. Also with this application will speed KKB clinic sends monthly reports to BPPPA and KB so that no delays occur, pengentryan process and preparing reports will also be faster, but it can facilitate services for participants kb.

Based on user acceptance test results with the number 5 questions with 10 respondents concluded that the system is running very well, from the validity and reliability of the applications that the user acceptance testing resulted in the level of reliability with an alpha value of 0.92 means croncbach is highly reliability.

Keywords: Information Systems, Women's Empowerment Agency for Child Protection and Family Planning, Family Planning Clinic.

References


Rosyadi, A. I. (2011). Aplikasi Pendataan Keluarga Berencana di Badan Keluarga Berencana dan Perlindungan Perempuan. Skripsi, Jurusan Teknik Informatika, Banjarbaru: STMIK Banjarbaru.

Nurfauzi, R. (2013). Sistem Informasi Inventory Alat Kontrasepsi pada Gudang Kantor Bapermas dan KB Kabupaten Demak. Skripsi, Jurusan Teknik Informatika, Semarang: Universitas Dian Nuswantoro.

Anwar, S. N. (2011). Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Alat Kontrasepsi Bagi Aseptor Keluarga Berencana. Jurnal Dinamika Informatika .

Hermawan, D. (2009). Analisis Sistem Informasi Data Keluarga pada Bidang IKAP di BKKBN Provinsi Jawa Barat. Bandung: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia .


How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.