Pengukuran Kualitas Website Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Menggunakan Metode Webqual

Fathiyah Nopriani(1*)
(1) UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v11i3.998

Abstract

The website of the Faculty of Da'wah and Communication at the State Islamic University of Raden Fatah Palembang should have good quality to provide information as a form of service to its users, but since the development, improvement, and addition of features, the service quality of the website has not been known, because sofar no quality measurement has been carried out. service. The purpose of this study was to find out how much the quality level of the website of the Faculty of Da'wah and Communication of Raden Fatah State Islamic University Palembang used the Webqual method. The dimensions used in the measurement include usability, information quality, service interaction quality. The results of the analysis show that the Usability, Information Quality, Interaction Quality variables have a significant value on User Satisfaction which has no effect on Usability because the significant value is greater than 0.05.

Keywords: Usability, information quality; service interaction quality, Interaction Quality; User Satisfaction.

Abstrak

Website Fakultas Dakwah dan Komunikasi Univeristas Islam Negeri Raden Fatah Palembang harusnya memiliki kualitas yang baik untuk memberikan informasi sebagai wujud pelayanan kepada penggunanya, namun sejak pengembangan, perbaikan, dan penambahan fitur, kualitas layanan website tersebut belum diketahui, karena selama ini belum pernah dilakukan pengukuran kualitas layanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar tingkat kualitas website Fakultas Dakwah dan Komunikasi Univeristas Islam Negeri Raden Fatah Palembang dengan menggunakan metode Webqual. Dimensi yang dugunakan dalam pengukuran meliputi kemudahan pengguna (usability), kualitas informasi (information quality), kualitas interaksi pelayanan (servicie nteraction quality). Hasil analisis didapatkan variabel Usability, Information Quality, Interaction Quality nilai signifikan terhadap User Satisfaction yang tidak berpengaruh adalah Usability karena nilai signifikan nya lebih besar dari 0,05.

Keywords


Usability, information quality; servicie nteraction quality, Interaction Quality; User Satisfaction.

References


M. H. Arief, H. Aryadita, and H. M. Az-Zahra, “Pengukuran Kualitas Website Filkom Apps Mahasiswa Universitas Brawijaya Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance and Performance Analysis (IPA),” Tugas Akhir, Universitas Brawijaya, 2019. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

F. Purwani, “Penggunaan Teknologi Informasi dalam pendidikan”, Wardah, vol. 14, no. 2, pp. 227-237. 2013.

N. Q. Nada& and S. Wibowo, “Pengukuran Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Webqual 4.0”, Jurnal Informatika UPGRIS, vol. 1, no. 2, pp. 122-131.

S. Monalisa, “Analisis Kualitas Layanan Website Terhadap Kepuasan Mahasiswa dengan Penerapan Metode Webqual (Studi Kasus: UIN Suska Riau),” Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, vol. 13, no. 2, pp. 181–189, 2016, [Online]. Available: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/sitekin

I. Salamah, M. Fadhli, R. Kusumanto, “Evaluasi Pengukuran Website Learning Management System Polsri Dengan Metode Webqual 4.0,” Jurnal Digit, vol. 10, no. 1, pp. 1-10.2020. [Online]. Available: http://lms.polsri.ac.id/login/index.php.

A. Winarni, W. Riska, “Analisis Kualitas Website dan Kepuasan Nasabah Terhadap Website PT. Bank Sinarmas Tbk Menggunakan Metode Webqual 4.0,” Jurnal Bangkit Indonesia, vol. 9, no. 1, pp. 6-12., 2020.

A. Amborowati, “Evaluasi Kualitas Web Portal STT Dharma Iswara Madiun Menggunakan Metode McCall”, urnal Ekonomi Dan Teknik Informatika, vol. 4, no. 2, pp. 33-43, 2017.

C. Kartiko, “Evaluasi Kualitas Aplikasi Web Pemantau Menggunakan Model Pengujian Perangkat Lunak ISO/IEC 9126”, Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI), vol. 8, no. 1, pp. 16-23. 2019.

I. Khairina and N. H. Wardani, “Analisis Usability pada Website Jawa Timur Park Group dengan Heuristic Evaluation”, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 1, no. 8, pp. 641-648, 2017. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

A. Yulandari, W. W. Winarno, and A. Nasiri, “Evaluasi Kualitas Layanan Website Alumni Menggunakan Metode Webqual 4.0 Evaluation of Service Quality for Alumni Website Using Webqual 4.0 Method,” Creative Information Technology Journal, vol. 5, no. 2, pp. 105-113., [Online]. Available: http://alumni.Amikom.ac.id.

Yodi, “Analisis Kualitas Situs Web Batampos Menggunakan Metode WebQual 4.0,” vol. 2, no. 2, pp. 591–596, 2018, [Online]. Available: http://jurnal.iaii.or.id

I. Ghazali, Model Persamaan Struktural, Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS 24. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2004.

R. de Lima, E. Padmowati, and A. T. Buditama, Aplikasi Perangkat WebQual 4.0 Untuk Pengukuran Kualitas Sistem Informasi Student Portal Unpar. [Online]. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 2019. Available: https://seminar-id.com/semnas-sainteks2019.html

W. Sastika, “Analisis Pengaruh Kualitas Website (Webqual 4.0) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Website E-Commerce Traveloka (Studi Kasus: Pengguna Traveloka di Kota Bandung Tahun 2015)”, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 2016, pp. 649-657, 2016. [Online]. Available: www.pegipegi.com,

S. Ellyusman and R. F. Hutami, “Analisis Kualitas Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA)”, Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan, vol. 5, no. 1, pp. 1-19, 2017.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF (Indonesian)

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.