Pemanfaatan Teknologi Simple Scan pada Aplikasi Presensi Awak Kapal Berbasis Web

Helda Yunita(1*),Husnul Ma'ad Junaidi(2),Ali Akbar(3),Nada Rizki Febriyanti(4)
(1) STMIK Indonesia Banjarmasin
(2) STMIK Indonesia Banjarmasin
(3) STMIK Indonesia Banjarmasin
(4) STMIK Indonesia Banjarmasin
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v11i3.987

Abstract

Presence data is an important thing in a company, especially attendance reports which are often used as evidence for leaders in making policies. Sometimes attendance recording is only by filling in attendance or absent data. This can be the difference between workers who arrive on time and those who are late or leave earlier. QR-Code is an evolution of barcode which was originally one-dimensional to two-dimensional. The simple scan technology on this QR-Code can be used as a reference in retrieving worker information. Then the data will be saved automatically through the crew presence application. Only by pointing the mobile phone screen towards the camera, then a scan process is carried out on the QR-Code of the workers. From the tests that have been carried out this technology has been able to scan well, but it takes time to place the cellphone screen to scan QR-Code. This is indicated by a gain of 40% in the time it takes about 3-6 seconds to scan with the distance 6 – 40 cm.

Keywords: Presence; Simple Scan; QR-Code

 

Abstrak

Data presensi penting bagi suatu perusahaan. Laporan kehadiran yang sering dijadikan bukti bagi pimpinan dalam mengambil kebijakan. Terkadang pencatatan presensi hanya dengan mengisi data hadir atau tidak hadir saja. Hal ini dapat menjadi pembeda antara pekerja yang datang tepat waktu dengan yang terlambat atau pulang lebih dahulu. QR-Code merupakan evolusi dari barcode yang awalnya satu dimensi menjadi dua dimensi. Teknologi simple scan pada QR-Code ini dapat dijadikan acuan dalam mengambil informasi pekerja. Yang kemudian data tersebut akan disimpan secara otomatis melalui aplikasi presensi awak kapal. Hanya dengan mengarahkan layar handphone ke arah kamera, kemudian dilakukan proses scan pada QR-Code para pekerja. Dari pengujian yang telah dilakukan teknologi ini sudah dapat melakukan scan dengan baik, namun memerlukan waktu untuk peletakan layar handphone agar QR-Code dapat terbaca. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan sebanyak 40% pada waktu yang diperlukan sekitar 3-6 detik saat melakukan scan dengan rentang jarak sekitar 6 - 40 cm.

Keywords


Presensi; Simple Scan; QR-Code

References


M. Azizah, "Pengaruh Kemajuan Teknologi Terhadap Pola Komunikasi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)," Jurnal Sosiologi Nusantara, vol. 6, no. 1, pp. 45-54, 2020.

E. Ardhianto, "Pengembangan Metode Otentikasi Keaslian Ijasah dengan Memanfaatkan Gambar QR Code," Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, vol. 20, no. 2, pp. 106-114, 2015.

I. G. B. Jawi, "Pemindaian QR Code Untuk Aplikasi Penampil Informasi Data Koleksi di Museum Sangiran Sragen Berbasis Android," Emitor : Jurnal Teknik Elektro, vol. 17, no. 1, pp. 6-8, 2017.

I. Mintarsih, "Perancangan Sistem Informasi Penggajian Karyawan Berbasis Objek Pada PT. Be Hear Indonesia," Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 20, no. 1, pp. 17-25, 2015.

J. D. Irawan, "Pemanfaatan QR-Code Sebagai Media Promosi Toko," Jurnal MNEMONIC, vol. 1, no. 2, pp. 56-61, 2018.

F. Ayu, "Sistem Aplikasi Absensi Menggunakan Teknologi Barcode Scanner Berbasis Android," IT Journal Research and Development (ITJRD), vol. 4, no. 2, pp. 94-103, 2020.

D. Yusuf, "Aplikasi Absensi Berbasis Android Menggunakan Validasi Kordinat Lokasi dan Nomor Handphone Guna Menghindari Penularan Virus Covid 19," Jurnal Management Sistem Informasi dan Teknologi, vol. 10, no. 1, pp. 16-22, 2020.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2016.

Santoso, "Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas (Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut)," Jurnal Integrasi, vol. 9, no. 1, pp. 84-91, 2017.

Adelia, "Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Pada Sistem Reservasi Hotel Berbasis Website dan Desktop," Jurnal Sistem Informasi, vol. 6, no. 2, pp. 113-126, 2011.

M. A. Sethi, "A Review Paper On Levels, Types & Techniques In Software Testing," International Journal of Advanced Research In Computer Science, vol. 8, no. 7, pp. 269-271, 2017.

W. N. Cholifah, "Pengujian Black Box Testing Pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android Dengan Teknologi Phonegap," Jurnal String, vol. 3, no. 2, pp. 206-210, 2018.

Mustaqbal, "Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN)," Jurnal Ilmiah Teknologi Terapan (JITTER), vol. 1, no. 3, pp. 31-36, 2015.

A. Priyambodo, "Implementasi QR Code Berbasis Android Pada Sistem Presensi," Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), vol. 7, no. 5, pp. 1011-1020, 2019.

S. Aminah, "Penerapan Quick Response Code pada Sistem Digitalisasi Inventaris Laboratorium Berbasis Android," Jurnal Teknologi Rekayasa, vol. 5, no. 2, pp. 207-214, 2020.

T. Sutabri, Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: Andi, 2016.

Fathansyah, Basis Data, Bandung: Informatika, 2012.

Andria, "Perancangan Basis Data Sistem Pembayaran Sport Center Berbasis MySQL," Jurnal Ilmiah DASI, vol. 16, no. 4, pp. 17-22, 2015.

M. R. Arief, "Implementasi Constraint Untuk Menjamin Konsistensi dan Integritas Data dalam Database," JURNAL DASI, vol. 11, no. 2, pp. 62-71, 2010.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF (Indonesian)

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.