Perencanaan Model Bisnis pada Startup “PaperQ” menggunakan Metode Business Model Canvas
Abstract
Students as people who are in a higher education environment are usually required to carry out scientific activities such as writing scientific papers. However, in reality, many students experience difficulties while working on scientific papers. This opens up business opportunities for the “PaperQ” startup as a technology-based startup that provides scientific writing consulting services to overcome the difficulties experienced by these students. The purpose of this study is to plan a startup business model "PaperQ". The method in this study uses the Business Model Canvas (BMC) method. This study resulted in a proposed Business Model Canvas plan for the “PaperQ” startup that can be used as a strategy in achieving company goals. The proposal for the core business or main business of the startup "PaperQ" provides consulting services for scientific papers. While the main resources in this business are experienced mentors.
Keyword: Scientific Writing; Business Model Canvas; Startup
Abstrak
Mahasiswa sebagai orang yang berada di lingkungan peguruan tinggi biasanya dituntut untuk melakukan kegiatan ilmiah seperti membuat karya tulis ilmiah. Namun, pada kenyatannya banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan selama pengerjaan karya tulis ilmiah. Hal tersebut membuka peluang bisnis bagi startup “PaperQ” sebagai perusahaan rintisan berbasis teknologi yang menyediakan jasa konsultasi karya tulis ilmiah untuk mengatasi kesulitan yang dialami mahasiswa tersebut. Tujuan penelitian ini membuat perencanaan model bisnis startup “PaperQ”. Metode pada penelitian ini menggunakan metode Business Model Canvas (BMC). Penelitian ini menghasilkan usulan perencanaan Business Model Canvas untuk startup “PaperQ” yang dapat digunakan sebagai strategi dalam mencapai tujuan perusahaan. Usulan core business atau bisnis utama startup “PaperQ” memberikan layanan konsultasi karya tulis ilmiah. Sedangkan sumber daya utama pada bisnis ini diperlukan mentor yang berpengalaman.
Keywords
References
B. R. Sukarno, “Implementasi Strategi Pengembangan Bisnis dengan Business Model Canvas,” J. MANOVA, vol. 4, no. 2, pp. 51–61, 2021.
M. Heriyudanta, “Analisis Kompetensi Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa di Indonesia,” Islam. Sci. Cult. Soc. Stud., vol. 1, no. 1, pp. 47–55, 2021.
H. Wakhyudin and A. D. S. Putri, “Analisis Kecemasan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Skripsi,” WASIS J. Ilm. Pendidik., vol. 1, no. 1, pp. 14–18, 2020.
A. A. Fadilah, S. D. Hartantri, and W. Noviyanti, “Analisis Kesulitan Mahasiswa Menyelesaikan Skripsi di Masa Pandemi Covid-19 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Tangerang,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 6, no. 2, pp. 9476–9479, 2022.
N. Lutfiani, U. Rahardja, and I. S. P. Manik, “PERAN INKUBATOR BISNIS DALAM MEMBANGUN STARTUP PADA PERGURUAN TINGGI,” J. Penelit. Ekon. dan Bisnis, vol. 5, no. 1, pp. 77–89, 2020.
W. Fatricia and M. A. Sultan, “Implementasi Bisnis Model Kanvas dalam Perancangan Manajemen Bisnis Aplikasi JASKOST,” J. Ilmu Manaj. dan Bisnis, vol. 10, no. 1, pp. 93–100, 2019.
M. F. Izzuddin, M. M. Ir. Budi Praptono, and M. M. Boby Hera Sagita, S.E., “Analisis Pengembangan Bisnis pada Juragankost.id Sebagai Perusahaan Jasa Pencarian Kost dan Kontrakan dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC),” e-Proceeding Eng., vol. 6, no. 2, pp. 6096–6104, 2019.
M. Ashadi, “Perancangan Model Bisnis ‘Barber On’ E-Marketplace Untuk Barbershop,” J. Br., vol. 2, no. 1, pp. 27–51, 2021.
T. Walisyah, “Audiens dalam Periklanan: Sebagai Target Market,” J. Komunika Islam., vol. 5, no. 2, pp. 51–77, 2018.
Y. Komalasari et al., “Pelatihan Segmentasi Pemasaran Digital Pasca Pandemi Covid-19 di Tjendana Food Point,” Inform. J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 66–71, 2022.
L. M. Wandreina, Y. Thorchi, K. K. Putri, G. T. Kristianty, A. S. Sabrina, and Ermita Yusida, “Analisis Kelayakan Usaha Frescura Ditinjau dari Empat Pilar Kelayakan Usaha,” JAMBURA Econ. Educ. J., vol. 4, no. 1, pp. 73–86, 2022.
H. Y. Wono, R. Raffael, H. E. Karsten, and A. Prasetyo, “Implementasi Marketing Mix Kerajinan Kulit Remile,” J. Penelit. Pers dan Komun. Pembang., vol. 25, no. 2, pp. 150–166, 2021.
F. R. Fernanda, F. Hasun, and A. A. Kamil, “Evaluasi Model Bisnis pada Perusahaan Holmesick.Ltd dengan Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas,” e-Proceeding Eng., vol. 6, no. 2, pp. 6324–6331, 2019.
H. Warnaningtyas, “Desain Bisnis Model Canvas (BMC) Pada Usaha Batik Kota Madiun,” EKOMAKS J. Manajemen, Ilmu Ekon. Kreat. dan Bisnis, vol. 9, no. 2, pp. 52–65, 2020.
M. I. Mahdi, “Jumlah Mahasiswa Indonesia Mencapai 8,96 Juta pada 2021,” dataindonesia.id, 2022. https://dataindonesia.id/ragam/detail/jumlah-mahasiswa-indonesia-mencapai-896-juta-pada-2021 (accessed Sep. 22, 2022).
A. Ahdiat, “Jumlah Mahasiswa di Indonesia, dari Aceh sampai Papua,” katadata.co.id, 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/05/jumlah-mahasiswa-di-indonesia-dari-aceh-sampai-papua (accessed Sep. 22, 2022).
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.