Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Pospay dari Aspek Usability Menggunakan Metode Heuristic Evaluation
Abstract
The pospay application is a bill payment application service that can be used for electricity payments, bill payments, and so on. The level of user satisfaction will affect the feasibility of an application. The purpose of this study is to determine the level of satisfaction of users of the pospay application. The method used in this study is the Heuristic Evaluation method. Data collection techniques using questionnaires distributed to 100 users of the Pospay application in Banyumas Regency. Based on the results of data processing, it is known that 84% of respondents answered very well, so it can be concluded that in terms of usability the user is very satisfied with the appearance of the Pospay application.
Keywords: Evaluation; User Satisfaction; Heuristic Evaluation
Abstrak
Aplikasi pospay adalah sebuah layanan aplikasi pembayaran tagihan yang dapat digunakan untuk pembayaran listrik, pembayaran tagihan, dan sebagainya. Tingkat kepuasan pengguna akan mempengaruhi kelayakan sebuah aplikasi. Tujuan studi ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna aplikasi pospay. Metode yang digunakan dalam studi ini metode Heuristic Evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan kueioner yang disebarkan ke 100 pengguna aplikasi pospay di Kabupaten Banyumas. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui sebanyak 84% responden menjawab sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa dari segi usability pengguna sangat puas terhadap tampilan aplikasi pospay.
Keywords
References
H. Warsono, D. R. Qurniawati, H. Sitorus, and S. M. Fajar S., “Inovasi Layanan MPospay dan Free Pick Up Pos Indonesia Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan (Studi Pada Kantor Pos Semarang 50000),” JPSI (Journal Public Sect. Innov., vol. 2, no. 2, p. 44, 2018, doi: 10.26740/jpsi.v2n2.p44-50.
R. S. Dewi, “Analisis Sistem dan Prosedur Pembayaran PDAM Melalui Pospay Guna Mendukung Pengendalian Intern ( Studi Pada Kantor Pos Pusat Kabupaten Nganjuk ),” vol. 15, no. 1, pp. 1–8, 2014.
M. Betriana, “Analysis of pospay program contribution to income at prabumulih pos office 31100,” vol. 5, no. 1, pp. 468–469, 2021.
L. Hakim, “Tinjauan Yuridis Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Pengguna Sistem Online Payment Point Bank,” J. Bina Mulia Huk., vol. 3, no. 1, pp. 1–10, 2018, doi: 10.23920/jbmh.v3n1.8.
R. Arisandi, “Penerapan System Online Payment Point ( Sopp ) Dalam Pembayaran Rekening Listrik Di Pt . Pos ( Persero ) Cabang Kota Samarinda,” eJournal Ilmu Pemerintah., vol. 1, no. 2, pp. 575–587, 2013, [Online]. Available: ejournal.ip.fisip.unmul.ac.id.
S. K. Hendra and S. K. Yulyani Arifin, “Web-based Usability Measurement for Student Grading Information System,” Procedia Comput. Sci., vol. 135, pp. 238–247, 2018, doi: 10.1016/j.procs.2018.08.171.
T. K. Ahsyar, Husna, and Syaifullah, “Evaluasi Usability Sistem Informasi Akademik SIAM Menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” Semin. Nas. Teknol. Informasi, Komun. dan Ind., vol. 11, no. November, pp. 163–170, 2019.
K. Islam and D. Agushinta Rahayu, “Evaluasi Antarmuka Website Tokopedia menggunakan Metode Heuristic,” Energy - J. Ilm. Ilmu-Ilmu Tek., vol. 8, no. 1, pp. 33–38, 2018.
D. Rusvinasari, A. Setyanto, and M. R. Arief, “Analisis User Interface pada Aplikasi Mobile Pelaporan Online Menggunakan Heuristic Evaluation,” Respati, vol. 15, no. 1, pp. 12–20, 2020, doi: 10.35842/jtir.v15i1.326.
A. M. Nur Fauzi, A. Triayudi, and I. D. Sholihati, “Mengukur Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Kearsipan Menggunakan System Usability Scale Dan Pieces Framework,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 7, no. 1, pp. 231–239, 2022, doi: 10.29100/jipi.v7i1.2452.
N. Dalimunthe, F. Nazari, K. Purba, and A. Adawiyah, “Evaluasi Website Pemko Pekanbaru Menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 5, no. 2, pp. 245–250, 2019, doi: 10.24014/rmsi.v5i2.8243.
N. Luh Putri Ari Wedayanti, N. Kadek Ayu Wirdiani, and I. Ketut Adi Purnawan, “Evaluasi Aspek Usability pada Aplikasi Simalu Menggunakan Metode Usability Testing,” J. Ilm. Merpati (Menara Penelit. Akad. Teknol. Informasi), vol. 7, no. 2, pp. 113–124, 2019, doi: 10.24843/jim.2019.v07.i02.p03.
V. H. Pranatawijaya, W. Widiatry, R. Priskila, and P. B. A. A. Putra, “Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online,” J. Sains dan Inform., vol. 5, no. 2, pp. 128–137, 2019, doi: 10.34128/jsi.v5i2.185.
M. Muchlis, A. Christian, and M. P. Sari, “Kuesioner Online Sebagai Media Feedback Terhadap Pelayanan Akademik pada STMIK Prabumulih,” Eksplora Inform., vol. 8, no. 2, pp. 149–157, 2019, doi: 10.30864/eksplora.v8i2.215.
S. Bahrun, S. Alifah, and S. Mulyono, “Rancang Bangun Sistem Informasi Survey Pemasaran dan Penjualan Berbasis Web,” J. Transistor Elektro dan Inform., vol. 2, no. 2, pp. 81–88, 2017, [Online]. Available: http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/EI/article/view/3054.
N. M. Janna and Herianto, “Artikel Statistik yang Benar,” J. Darul Dakwah Wal-Irsyad, no. 18210047, pp. 1–12, 2021.
H. Hanna, “Pengaruh Efisiensi, Kepercayaan dan Kemudahan Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Internet Banking di BNI Syariah Cabang Cirebon,” Iai Bunga Bangsa Cirebon Tahun 2019, pp. 1–67, 2019.
J. Jama, “Populasi Dan S a M P E L,” pp. 1–13, 2019.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.
L. M. Ginting, G. Sianturi, and C. V. Panjaitan, “Perbandingan Metode Evaluasi Usability Antara Heuristic Evaluation dan Cognitive Walkthrough,” J. Manaj. Inform., vol. 11, no. 2, pp. 146–157, 2021, doi: 10.34010/jamika.v11i2.5480.
A. Metallici and R. Rohendi, “( Survey Of Pospay Application Users Of High School Students in Ujung berung ) Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Pospay ( Survey Pengguna Aplikasi Pospay Siswa Slta Di Ujung berung ),” vol. 3, no. June, pp. 1635–1642, 2022.
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.