Model Aplikasi Layanan Pelanggan Multi Platform Pada Usaha Percetakan Kartu Undangan

Agus Hermanto(1),Marsela Marsela(2*)
(1) Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
(2) Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v11i2.932

Abstract

The inefficient product promotion system and the limited reach of product catalog marketing to prospective customers have caused the UD Invitation Card printing industry to not achieve maximum turnover. Total Graphics. This paper aims to present a multi-platform e-commerce application model that is used for product catalog promotion, ordering and tracking of product delivery orders for invitation card printing for customers. Web-based multi-platform system on the administrator side and mobile-based on the customer side, developed following the stages in the Prototyping-Based development model. The system design uses object-oriented tools, built using the PHP programming language with the Laravel framework, and a PostgreeSQL database. The functional features of the application system are tested using Blackbox testing techniques. The test results show that all functional features contained in the application, especially the function of delivering product catalog information, product ordering functions, and order delivery tracking functions are functioning validly.

Keywords: Promotion of goods; E-commerce; Web-based; Mobile based; Prototyping

 

Abstrak. Kurang efisiennya sistem promosi produk dan terbatasnya jangkauan pemasaran katalog produk kepada calon pelanggan, menyebabkan tidak tercapainya omset secara maksimal pada industri percetakan Kartu Undangan UD. Total Graphics. Paper ini bertujuan menyajikan model aplikasi e-commerce multi platform yang digunakan untuk promosi katalog produk, pemesanan dan tracking pengiriman produk pesanan percetakan kartu undangan bagi pelanggan. Sistem multi platform berbasis web pada sisi administrator dan berbasis mobile pada sisi pelanggan, dikembangkan mengikuti tahapan-tahapan dalam model pengembangan Berbasis Prototyping. Desain sistem menggunakan tools berorientasi objek, dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework Laravel, dan database PostgreeSQL. Fitur-fitur fungsional sistem aplikasi diuji dengan teknik pengujian Blackbox. Hasil pengujian menunjukkan seluruh fitur fungsional yang terdapat pada aplikasi, terutama fungsi penyampaian informasi katalog produk, fungsi pemesanan produk, serta fungsi tracking pengiriman pesanan berfungsi secara valid.  

Kata kunci: Promosi barang; E-commerce; Berbasis web; Berbasis mobile; Prototyping

References


H. Saragih and R. Ramdhany, “Pengaruh Intensi Pelanggan Dalam Berbelanja Online Kembali Melalui Media Teknologi Informasi Forum Jual Beli (FJB) Kaskus,” J. Sist. Inf., vol. 8, no. 2, pp. 100-112, 2013, doi: 10.21609/jsi.v8i2.331.

Irawan, Dedi, Y. Rahsel, and T. Udin, “Perancangan Electronic Commerce Berbasis B2C Pada Toko Atk Sindoro.” Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), vol. 8, no. 1, pp. 58-62, 2017.

H. Madesko, “Sistem Informasi E–Commerce Pemasaran Hasil Pertanian Desa Pulau Panjang Hilir Inuman”. Jurnal Perencanaan, Sains Dan Teknologi (JUPERSATEK), vol. 2, no. 1, pp. 76-82, 2019.

K. Kardoyo, N. Farliana, and M. Feriady, “Pelatihan Pemasaran Hasil Pertanian dan Perkebunan Lembaga Permasyarakatan Terbuka Kendal Melalui E-Commerce Berbasis Web Content Management System”. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 12, no. 1, pp. 81-89, 2021.

N. Faujia and A. Widjaja, “Rancangan Sistem Informasi Penjualan Fashion Wanita Berbasis E-Commerce Pada the Wit’S Shop”. IDEALIS: Indonesia journaL Information System, vol. 2, no. 4, pp. 68-73, 2019.

B. Bahar and Z. Rahman, “Model Aplikasi Penyewaan Alat Perlengkapan Bayi Berbasis Android”. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 9, no. 1, pp. 33-44, 2020.

N.M. Widani, A.P. Abiyasa, and G.S. Darma, “Menguji Ketajaman Implementasi E-Commerce Dalam Penjualan Kamar Hotel di Bali”. Jurnal Manajemen Bisnis, vol. 16, no. 2, pp. 79-98, 20219.

F. Fadilah and A. Mustaqim, “Model Sistem Informasi Penyewaan Cottage Pada Wisata Pantai Gedambaan Kotabaru”. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 9, no. 3, pp. 227-238, 2020.

B.D. Juniansyah, E.R. Susanto, and A.D. Wahyudi, “Pembuatan E-Commerce Pemesanan Jasa Event Organizer Untuk Zero Seven Entertaiment”. Jurnal Tekno Kompak, vol. 14, no. 1, pp. 41-46, 2020.

F.A. Irfannudin and A.U. Hamdani, “Implementasi Sistem E-Commerce Pada Guna Motor Berbasis Content Management System (Cms) Wordpress”. IDEALIS: InDonEsiA journaL Information System, vol. 3, no. 1, pp. 42-48, 2020.

J. Ameriza and D. Kurniadi, “Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Jasa Servis AC Berbasis Web (Studi kasus: CV Mitra LG Bukittinggi)”. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), vol. 9, no. 2, pp. 9-20, 2021.

T. A. Darojat, “Aplikasi E-Commerce Business to Consumer Kartu Undangan,” J. Ris. Komput., vol. 6, no. 6, pp. 559–562, 2019.

L.F. Mubin, H. Murti, and T.D. Wismarini, “Rancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Mobile Untuk Usaha Toko Serbaneka”. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 11, no. 1, pp. 37-48, 2022.

R. Akbar, H.M. Hamdani, “Perancangan Aplikasi Web dengan Akses Mobile Untuk Sistem Informasi Penjualan Retail Menggunakan Arsitektur MVC (Studi Kasus: Toko Pacific Motor Bukittinggi)”, Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, vol. 3, no. 1, pp. 165–176, 2017.

P.J. Saputro and N. Nuryantini, “Pembuatan Sistem Layanan Penjualan Berbasis Desktop Dilengkapi Monitoring Berbasis Android”. Fountain of Informatics Journal, vol. 1, no. 2, pp. 18- 27, 2016.

U. Hanifah, R. Alit, and Sugiarto “Penggunaan Metode Black Box Pada Pengujian Sistem Informasi Surat Keluar Masuk”, SCAN - Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 11, no. 2, pp. pp. 33–40, 2016.

H.A. Destania and T. Wurijanto, “Rancang Bangun Aplikasi Perluasan Jangkauan Pasar Untuk Meningkatkan Penerimaan Pesanan Berbasis Website Pada Umkm Konveksi Ababil”. Jurnal Ilmiah Scroll (Jendela Teknologi Informasi), vol. 9, no. 1, pp. 23-31, 2021.

Y. Gema, A. Diana, and D. Achadiani, “Penerapan E-Commerce Dengan Metode Business Model Canvas (Bmc) Berbasis Content Management System (CMS) Untuk Memperluas Pemasaran Produk Pada Jtbbekasi”. IDEALIS: InDonEsiA journaL Information System, vol. 5, no. 1, pp. 49-58, 2022.

H. Azis and D. Bernadisman, “Sistem Informasi Pemesanan Barang Berbasis Web Pada Toko Kelontong Amanah”. Jurnal Visualika, vol. 7, no. 1, pp. 24-34, 2021.

E. Febriyanto and U. Rahardja, “Penerapan Midtrans sebagai Sistem Verifikasi Pembayaran pada Website iPanda”. Jurnal Informatika Upgris, vol. 4, no. 2, pp. 246-254, 2018


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.