Evaluasi User Experience Sistem E-Learning Menerapkan User Experience Questionaire
Abstract
The class implementation at the STMIK Banjarbaru college has been supported by the e-Learning application as a learning medium, but since the beginning of its use there has been no evaluation to ascertain whether the e-Learning system used has been running well or not, and the extent of user experience (UX) is not known to the e-Learning application. This study aims to measure the UX of e-Learning applications quantitatively using the User Experience Questionnaire (UEQ) technique, involving 313 respondents. UX measurement uses 26 elements categorized on 6 scales. Based on the test results of the benchmark data set in the New User category, the Novelty scale is below the average, while in the Old User category, 2 scales are obtained below the average, namely Attractiveness and Novelty. The Novelty scale affects the Attractiveness scale, so the Novelty scale is very important to pay attention to, so that users still feel comfortable using e-Learning applications even in a long period of use.
Keywords: Analysis; Benchmark datasets; Novelty; Attractiveness
Abstrak. Penyelenggaraan perkuliahan di kampus STMIK Banjarbaru telah didukung aplikasi e-Learning sebagai media pembelajaran, namun sejak awal penggunaannya belum dilakukan evaluasi untuk memastikan apakah sistem e-Learning yang digunakan telah berjalan dengan baik atau belum, serta belum diketahui sejauh mana pengalaman pengguna (User Experience/UX) terhadap aplikasi e-Learning tersebut. Penelitian ini bertujuan melakukan pengukuran UX terhadap aplikasi e-Learning secara kuantitatif menggunakan teknik User Experience Questionnaire (UEQ), melibatkan 313 responden. Pengukuran UX menggunakan 26 elemen yang dikategorikan dalam 6 skala. Berdasarkan hasil uji set data benchmark pada kategori Pengguna Baru diperoleh skala Kebaruan (novelty) berada di bawah rata-rata, sedangkan pada kategori Pengguna Lama diperoleh 2 skala di bawah rata-rata, yaitu Daya Tarik (attractiveness) dan Kebaruan. Skala Kebaruan berpengaruh terhadap skala Daya Tarik, sehingga skala Kebaruan sangat penting untuk menjadi perhatian, agar pengguna tetap merasa nyaman menggunakan aplikasi e-Learning walau dalam jangka waktu penggunaan yang lama.
Kata Kunci: Analisis; Set data benchmark; Kebaruan; Daya tarik
References
I. R. Wulandari dan L. D. Farida, “Pengukuran User Experience Pada E-Learning Di Lingkungan Universitas Menggunakan User Experience Questionnare (UEQ),” Jurnal Mantik Penusa, vol. 2, no. 2, pp. 146-151, 2018.
N. L. Ucu, S. D. E. Paturusi dan S. R. U. A. Sompie, “Analisa Pemanfaatan E-Learning Untuk Proses Pembelajaran,” E-Jurnal Teknik Informatika, vol. 13, no. 1, pp. 1-8, 2018.
V. Sahfitri dan M. Ulfa, “Analisis Usability Sistem E-Learning Menggunakan Use Questionnaire,” Prosiding SNaPP2014 Sains, Teknologi, dan Kesehatan, vol. 4, no. 1, pp. 373-380, 2014.
M. L. Khakim dan O. O. Sharif, “Analisis User Experience Aplikasi Go-Jek Menggunakan Heart Metrics,” dalam e-Proceeding of Management, vol. 5, no.1, pp. 189-194, 2018.
I. G. A. A. D. Indrayani, I. P. A. Bayupati dan I. M. S. Putra, “Analisis Usability Aplikasi iBadung Menggunakan Heuristic Evaluation Method,” JURNAL ILMIAH MERPATI, vol. 8, no. 2, pp. 89-100, 2020.
R. Rubinoff, “How To Quantify The User Experience,” sitepoint, 21 April 2004. [Online]. Available: https://www.sitepoint.com/quantify-user-experience/. [Diakses 22 02 2022].
N. R. Wiwesa, “User Interface Dan User Experience Untuk Mengelola Kepuasan Pelanggan,” Jurnal Sosial Humaniora Terapan, vol. 3, no. 2, pp. 17-31, 2021.
N. L. D. Gitajayanti, I. P. Satwika dan A. I. I. Paramitha, “Evaluasi Sistem Informasi Skripsi dan Tugas Akhir STMIK Primakara (PRISKA) Menggunakan Metode User Experience Questionnaire,” Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), vol. 10, no. 1, pp. 59-67, 2021.
S. R. Henim dan R. P. Sari, “Evaluasi User Experience Sistem Informasi Akademik Mahasiswa pada Perguruan Tinggi Menggunakan User Experience Questionnaire,” Jurnal Komputer Terapan, vol. 6, no. 1, pp. 69-78, 2020.
S. G. N. K. S. A. Jelantik, I. P. Satwika dan I. N. Y. Anggara, “Analisis Sistem Informasi Akademik STMIK Primakara Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ),” Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 8, no. 3, pp. 95-106, 2019.
A. Listiyah, “User Experience Analysis of E-Learning UIN Malang with User Experience Questionnaire (UEQ) Method: Case Study of Students of Library and Information Science Departmen,” dalam the 10th International Conference on Green Technology, vol. 4, no. 1, pp. 24-28, 2019.
N. P. I. R. Devy, S. Wibirama dan P. I. Santosa, “Evaluating user experience of english learning interface using User Experience Questionnaire and System Usability Scale,” dalam 2017 1st International Conference on Informatics and Computational Sciences (ICICoS), IEEE, pp. 101-106, 2017.
M. Schrepp, “User Experience Questionnaire Handbook,” 31 Desember 2019. [Online]. Available: https://www.ueq-online.org/. [Diakses 22 Februari 2022].
J. Nielsen, “Usability 101: Introduction to Usability,” 03 Januari 2012. [Online]. Available: https://www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-to-usability/. [Diakses 01 Agustus 2022].
D. R. Rahadi, “Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Use Questionnaire Pada Aplikasi Android,” Jurnal Sistem Informasi (JSI), vol. 6, no. 1, pp. 661-671, 2014.
.
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.