Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna E-Learning Di Perguruan Tinggi Menggunakan Metode Servqual
Abstract
E-Learning as an online learning media must provide good quality services, in order to support the teaching and learning process to be carried out properly. It is deemed necessary to know how far the current level of user satisfaction is, so that improvements can be made in the future. This study aims to analyze how good the quality of E-Learning services at UIN Suska Riau is currently. The information obtained becomes a reference in improving E-Learning at UIN Suska Riau in the future, so that the level of user satisfaction becomes higher. The analysis uses the SERVQUAL method to measure the level of user satisfaction, using the dimensions of Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, and Empathy measurements. The analysis focuses on gap 5 by finding the gap between the user's Perception and Expectation. User perceptions and expectations were obtained through distributing questionnaires using the G-Form to student and lecturer respondents. Data processing using SPSS tools. The results of the analysis show that the quality of e-learning services that are currently operating has not met user expectations, marked by all measurement dimensions showing user expectations are greater than user perceptions.
Keywords: Learning Media; Service Quality; Perception; Expectation
Abstrak. E-Learning sebagai media pembelajaran online harus menyediakan kualitas layanan yang baik, agar dapat mendukung proses belajar mengajar terlaksana dengan baik. Dipandang perlu mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan penggunanya saat ini, agar dapat dilakukan penyempurnaan di masa mendatang. Penelitian ini bertujuan menganalisis seberapa baik kualitas layanan e-learning UIN Suska Riau saat ini. Informasi yang diperoleh menjadi acuan dalam perbaikan e-learning UIN Suska Riau di masa mendatang, sehingga tingkat kepuasan pengguna menjadi lebih tinggi. Analisis menggunakan metode SERVQUAL untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna, menggunakan dimensi pengukuran Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy. Analisis berfokus pada gap 5 dengan menemukan ketimpangan antara Persepsi dan Ekspektasi pengguna. Persepsi dan Ekspektasi pengguna diperoleh melalui penyebaran kuesioner menggunakan G-Form kepada responden Mahasiswa dan Dosen. Pengolahan data menggunakan tools SPSS. Hasil analisis menunjukkan kualitas layanan e-learning yang beroperasi saat ini belum sesuai harapan pengguna, ditandai dengan seluruh dimensi pengukuran menunjukkan ekspektasi pengguna lebih besar dari persepsi pengguna.
Kata kunci: Media Pembelajaran; Kualitas Layanan; Persepsi; Ekspektasi
References
G. Ulinuha and I. Novitaningtyas, “Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Sistem Pembelajaran Daring Berdasarkan End User Computing Satisfaction,” J. Kalacakra Ilmu Sos. dan Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 1-7, 2021.
O. I. Handarini and S. S. Wulandari, “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH).,” J. Pendidik. Adm. Perkantoran, vol. 8, no. 3, pp. 465–503, 2020.
E. Juliati et al., “Peran Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Di UPT SDN 1 Margakaya (the Role of Information Technology in Online Learning During the Covid-19 Pandemic of UPT SDN 1 Margakaya),” Prosiding at Ta'dib STIT Pringsewu, vol. 3, no. 3, pp. pp. 47–54, 2021.
A. Sinnun, “Analisis Kepuasan Pengguna LMS Berbasis Web,” J. Inform., vol. 4, no. 1, pp. 146–154, 2017.
S. Gunawan, “Analisis Kualitas Layanan Pengguna Website E- Learning Dengan Metode Servqual (Studi Kasus Spada Dikti Program Kampus Merdeka),” In MDP Student Conference, vol. 1, no. 1, pp. pp. 526-537, 2022.
Zuriati, D. K. Widyawati, I. S. Sitanggang, and A. Buono, “Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Learning Politeknik Negeri Lampung,” Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Teknologi Pertanian VI Polinela 2017, pp. 292–301, 2017.
A. A. Permatasari, M. C. Saputra, and A. Rachmadi, “Analisis Kualitas Layanan Website Terhadap Persepsi Pengguna Menggunakan Metode Webqual dan Servqual,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 1, pp. 1145–1152, 2019.
W. Wahyudi, R. Ruliah, and Y. Yudihartanti, “Analisa Tingkat Kualitas Pelayanan Diklat Prajabatan BKD Banjarbaru Menggunakan Metode Servqual”. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 5, no. 3, pp. 1239-1246, 2017.
A. Parasuraman, V. A. Zeithaml, and A. Malhotra, “E-S-QUAL a multiple-item scale for assessing electronic service quality,” J. Serv. Res., vol. 7, no. 3, pp. 213–233, Feb. 2005.
A. Shahin, “SERVQUAL and Model of Service Quality Gaps: A Framework for Determining and Prioritizing Critical Factors in Delivering Quality Services.” Isfahan: Department of Management, University of Isfahan, pp. 1-10, 2014.
N. L. D. Gitajayanti, I. P. Satwika dan A. I. I. Paramitha, “Evaluasi Sistem Informasi Skripsi dan Tugas Akhir STMIK Primakara (PRISKA) Menggunakan Metode User Experience Questionnaire,” Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), vol. 10, no. 1, pp. 59-67, 2021.
R. Bagaskara, B.T. Hanggara, and A.D. Herlambang, “Evaluasi dan Perbaikan User Experience Website E-Learning SMK Negeri 2 Malang menggunakan Teknik TUXEL 2.0 dan Pendekatan Human-Centered Design”. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 7, pp. 2942-2952, 2021
A. V. Pratama, L. A. Dian, and Q. Aini, “Analisis User Experience Aplikasi Academic Information System (AIS) Mobile Untuk User-Centered Metrics Menggunakan Heart Framework 405,” Junal Sist. Inf., vol. 8, no. 3, pp. 405–412, 2019.
L. Retnawati, “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Kualitas Layanan Sistem Informasi Di Universitas XYZ,” SCAN - J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 13, no. 2, pp. 1-6, 2018.
T. Sentia, M. Mustafia, and E. Zuraidah, “Analisa Kualitas Layanan Pada E-learning di Sekolah Menggunakan Metode Servqual”. Journal of Informatics Management and Information Technology, vol. 2, no. 3, pp. 100-108, 2022.
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.