Rancangan Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Web Pada Kantor Kecamatan Dengan Fitur Notifikasi Telegram
Abstract
Abstrak. Sistem pengaduan yang masih berjalan secara manual berkaitan dengan layanan masyarakat di Kecamatan Banjaran, tidak efisien karena masyarakat harus datang langsung ke kantor Kecamatan. Deskripsi pengaduan yang masih dicatatkan pada buku juga berpotensi tercecer sebelum perkara pengaduan telah diselesaikan. Tujuan studi ini untuk membuat rancangan sistem informasi pengaduan masyarakat berbasis Web yang di harapkan dapat membantu mengefesienkan kinerja petugas dan masyarakat dalam menyampaikan dan menangani pengaduan. Sistem di rancang dengan mengunakan bahasa pemrograman PHP Native dan Bootstrap. Metode pengembangan sistem mengunakan metode Waterfall. Fitur-fitur fungsional aplikasi berupa identitas masyarakat yang, pengajuan aduan, status pengaduan, serta rekaman proses dan layanan informasi bagi manajemen organisasi diuji dengan teknik pengujian Black Box. Hasil Pengujian menunjukan fitur-fitur fungsional aplikasi telah valid dan dapat membantu petugas mengolah data dan menyajikan informasi pengaduan kepada pihak manajemen organisasi, serta mempermudah masyarakat mengajukan dan memantau proses pengaduan melalui notifikasi Telegram.
Kata Kunci: Aplikasi layanan pengaduan; Waterfall; Bootstrap; Pengujian Black Box
Abstract. The complaint system, which is still running manually related to community services in Banjaran District, is inefficient because the community has to come directly to the district office. The description of the complaint that is still recorded in the book also has the potential to be scattered before the complaint case has been resolved. The purpose of this study is to design a Web-based public complaint information system that is expected to help streamline the performance of officers and the public in submitting and handling complaints. The system is designed using the PHP Native and Bootstrap programming languages. The system development method uses the Waterfall method. Functional features of the application in the form of community identity, filing of complaints, status of complaints, as well as recording of processes and information services for organizational management were tested using the Black Box testing technique. The test results show that the functional features of the application are valid and can help officers process data and present complaint information to the organization's management, as well as make it easier for the public to submit and monitor the complaint process through Telegram notifications.
Keywords: Complaint service application; Waterfall; Bootstrap; Black Box Testing
References
P. M. A. Arif, Nur Saiful; Wanda, “Aplikasi Administrasi Perpustakaan Berbasis Web Smk Swasta Brigjend Katamso Medan,” J. Ilm. Saintikom, vol. 12, no. 1, pp. 25–36, 2013.
L. Fitriani, “Perencanaan Sistem Informasi Administrasi di Pendidikan Anak Usia Dini”, J. Algoritma, vol. 15, no. 2, pp. 79-83, 2018.
A. A. Muin, M. Firdaus, “Penerapan Sistem Informasi Akademik Sekolah Dasar Negeri 2 Ilung Pasar Lama Berbasis Web”, REMIK: Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, vol. 3, no. 2, pp. 28-33, 2019.
E. Nurelasari, “Perancangan Sistem Informasi Akademik Pada Sekolah Menengah Pertama Berbasis Web”, Komputika: Jurnal Sistem Komputer, vol. 9, no. 1, pp. 67-73, 2020.
E. Yandani, D. Winarti, “Perancangan Sistem Informasi Akademik Perguruan Tinggi Berbasis Web”, Simtika, vol. 2, no. 3, pp. 21-27, 2019.
D. S. Hormansyah, Y. P. Utama, “Aplikasi Chatbot Berbasis Web pada Sistem Informasi Layanan Publik Kesehatan di Malang dengan Menggunakan Metode TF-IDF”, J. Informatika Polinema, vol. 4, no. 3, pp. 224-224, 2018.
F. P. Putri, F. Kurniasari, “Sistem Informasi Layanan Puskesmas Berbasis Web”. Ultimatics: J. Teknik Informatika, vol. 11, no. 2, pp. 89-93, 2019.
R. A. G. Anwar, K. Kartarina, M. Madani, “Sistem Informasi Antrean Pada Pusat Layanan Kesehatan Masyarakat Dengan Electronic Kartu Tanda Penduduk Menggunakan Radio Frequency Identification”, J. Bumigora Information Technology (BITe), vol. 3, no. 1, pp. 9-18, 2021.
S. D. Riskiono, U. Reginal, “Sistem Informasi Pelayanan Jasa Tour Dan Travel Berbasis Web (Studi Kasus Smart Tour)”, J. Informasi Dan Komputer, vol. 6, no. 2, pp. 51-62, 2018.
B. Bahar, “Pengembangan Model Sistem Informasi Manajemen Pengelolaan Artikel Ilmiah Berbasis Web Menggunakan Metode Extreme Programming”, Jutisi: J. Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 9(3), 1-12, 2021.
A.S. Fachruzi, “Analisis Penerapan Sistem Informasi Aplikasi Pegadaian Digital Service Dalam Memudahkan Nasabah Bertransaksi (Studi Kasus Pegadaian Unit Betun)”, High Education of Organization Archive Quality: J. Teknologi Informasi, vol. 12, no. 2, pp. 51-61, 2021.
R. Romiyadi, D.R. Rachman, “Model Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Pada Kantor Kecamatan Kelua Kabupaten Tabalong Berbasis Web”. Jutisi: J. Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 9(3), 217-226, 2021.
N. Wati, “Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Di Indragiri Hilir Berbasis Web,” J. Perangkat Lunak, vol. 2, no. 2, pp. 72–76, 2020.
R. Lorensa and Y. I. S. Sari, “Aplikasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Web Di Kabupaten Bangkalan,” J. Simantec, vol. 9, no. 1, pp. 29–32, 2020.
A. Y. Pratama, I. A. Prabowo, and A. Normassari, “(Alpukat) Aplikasi Pengaduan Masyarakat Untuk Melaporkan Kejadian Pungutan Liar Di Kabupaten Kudus Berbasis Android,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 2, p. 399, 2017.
C. Firmansyah “Sistem Layanan Pengaduan Masyarakat Lingkup Desa Gunungtanjung Berbasis Web Dan Sms Gateway Dengan Metode Antrian Fifo,” Jumantaka, vol. 1, no. 1, pp. 201–210, 2018.
I. Syafei, M. Kamayani, and E. Sinduningrum, “Perancangan Aplikasi Pengaduan Masyarakat Terhadap Lingkungan Di Tingkat Kelurahan,” Pros. Semin. Nas. Teknoka, vol. 4, no. 2502, pp. I111–I116, 2020.
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.