Implementasi TOGAF ADM pada Perancangan Sistem Informasi Antrian Klinik Berbasis Web dengan Estimasi Waktu Tunggu

Juhdi Rosadi(1*),Falentino Sembiring(2),Adhitia Erfina(3)
(1) Universitas Nusa Putra
(2) Universitas Nusa Putra
(3) Universitas Nusa Putra
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v10i3.716

Abstract

Abstrak. Waktu tunggu menjadi salah satu aspek kepuasan pasien terhadap pelayanan klinik. Dengan waktu tunggu yang lama dalam pelayanan kesehatan di klinik, peluang terjadinya kerumunan di masa Vandemi Covid-19 sering tidak dapat dihindarkan. Tulisan ini menyajikan rancangan Sistem Informasi Antrian dengan estimasi waktu tunggu, yang dianalisis dengan menggunakan Framework Enterprise Arsitektur TOGAF ADM untuk mencapai optimalisasi proses antrian pada klinik dr.Taufik Nopransyah Ciracap. Penerapan TOGAF ADM dilakukan pada 5 fase pengembangan sistem aplikasi, terdiri atas: fase Preliminary untuk perencanaan arsitektur sistem, fase Architecture Vision untuk Value chain aktivitas bisnis klinik, fase Business Architecture untuk proses bisnis sistem aplikasi, fase Information System Architecture untuk proses perancangan sistem aplikasi, dan fase Technology Architecture untuk teknologi pendukung sistem aplikasi. Hasil uji Usability yang melibatkan 10 orang pasien dan 2 orang staf administrasi klinik menunjukkan 98% responden memberikan persepsi positif (setuju) bahwa sistem aplikasi antrian yang dikembangkan dapat mengurangi waktu tunggu antrian. Responden juga setuju bahwa sistem aplikasi menarik dan mudah dioperasikan.

Kata kunci: Sistem Informasi, Antrian pasien, Klinik layanan kesehatan, Berbasis Web, TOGAF ADM.

Abstract. Waiting time is one aspect of patient satisfaction with clinical services. With long waiting times in health services at the clinic, the opportunity for crowds during the Covid-19 Vandemic period is often unavoidable. This paper presents a Queue Information System design with an estimated waiting time, which is analyzed using the TOGAF ADM Enterprise Architecture Framework to achieve optimization of the queuing process at the clinic of Dr. Taufik Nopransyah Ciracap. The application of TOGAF ADM is carried out in 5 phases of application system development, consisting of: Preliminary phase for system architecture planning, Architecture Vision phase for the Value chain of clinical business activities, Business Architecture phase for application system business processes, Information System Architecture phase for the application system design process, and the Technology Architecture phase for application system support technologies. The results of the usability test involving 10 patients and 2 clinical administrative staff showed that 98% of respondents gave a positive perception (agree) that the queuing application system developed could reduce queue waiting times. Respondents also agree that the application system is attractive and easy to operate.

Keywords: Information System, Patient Queue, Healthcare Clinic, Web-Based, TOGAF ADM.

References


Bustani, N. M., Rattu, A. J., & Saerang, J. S. Analisis Lama Waktu Tunggu Pelayanan Pasien Rawat Jalan Di Balai Kesehatan Mata Masyarakat Propinsi Sulawesi Utara. eBiomedik, 2015, 3(3): 872-883

Qiwii, “Sistem Antrian Di Sektor Kesehatan yang Masih Jauh dari Kata Ideal,” 2018. [Online]. Available: https://qiwii.id/sistem-antrian-di-sektor-kesehatan/. [Accessed: 21-Feb2021].

Puspitasari, Y., & Rusmawati, A. Pengaruh waktu tunggu dan waktu sentuh pasien terhadap tingkat kepuasan pasien Poli Umum di Puskesmas Sukorame Kota Kediri. STRADA Jurnal Ilmiah Kesehatan, 2013, 2(1): 51-58.

Gumilar, M. D., Sembiring, F., & Erfina, A. Implementasi Progressive Web App pada Sistem Informasi E-learning untuk Pembelajaran Bahasa Pemrograman Python. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 2021, 10(2): 309-318.

Pertiwi, I. G., & Sari, W. S. Perancangan Enterprise Arsitektur Sistem Indeks Kinerja Dosen Dengan Metode Togaf Adm. Jurnal VOI (Voice of Informatics), 2018, 7(1): 33-42

Susilowati, D. F. Rancang Bangun Aplikasi Antrian Pendaftaran Realtime Pelayanan Kesehatan RSUD Caruban Berbasis Web Laravel. Jurnal Manajemen Informatika, 2020, 11(1): 96-106

LIHAWA, A. G. F. S. Sistem Informasi Antrian Praktek Dokter Di Kota Gorontalo. Skripsi, Universitas Gorontalo, 2017.

Fitriani, F., & Aksad, H. Sistem Informasi Layanan Berobat Pada Dokter Praktek Umum Berbasis Web. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 2017, 5(2): 1022-1172

Obulor, R., & Eke, B. O. Outpatient queuing model development for hospital appointment system. International Journal of Scientific Engineering and Applied Science (IJSEAS), 2016, 2(4): 15-22.

Punggarawati, N., Sastradiparaja, C. K., & Sembiring, F. Penerapan Togaf Architecture Development Method Pada Sistem Informasi Tracer Study Berbasis Web. Infotronik: Jurnal Teknologi Informasi dan Elektronika, 2019, 4(2): 40-50.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.