Model Aplikasi Sistem Pelayanan dan Pendaftaran Perkara Pada Pengadilan Agama Banjarbaru Dalam Mendukung Smart City Di Kalimantan Selatan

Huzainsyahnoor Aksad(1),Tri Friyo Zulhady Akbar(2*)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v10i3.714

Abstract

Abstrak. Proses penyampaian informasi dan pendaftaran perkara pada Pengadilan Agama Banjarbaru masih dilaksanakan secara offline, sehingga memerlukan waktu dalam proses pendaftaran tersebut. Paper ini menyaikan sebuah model sistem aplikasi berbasis Web yang dapat digunakan dalam memberikan layanan informasi serta pelayanan pendaftaran perkara secara online, sehingga proses pelayanan menjadi lebih cepat. Metode pengembangan sistem mengikuti tahapan-tahapan umum dalam model pengembangan Waterfall, dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basisdata MySQL. Pengujian fungsional sistem aplikasi melibatkan 10 orang responden sebagai pengguna sistem dalam menilai apakah fitur-fitur fungsionalitas pada sistem yang dikembangkan telah memenuhi kebutuhan pengguna. Hasil uji fungsionalitas menunjukkan sistem aplikasi yang dikembangkan telah memenuhi persyaratan fungsionalitas berdasarkan analisis kebutuhan, yaitu dapat digunakan untuk menyajikan informasi dan mendaftarkan perkara secara cepat kapan saja dan dimana saja.

Kata kunci:  Model sistem informasi, Layanan pendaftaran perkara, Pengadilan Agama,  Berbasis Web.                                                                                         

Abstract. The process of submitting information and registering cases at the Banjarbaru Religious Court is still carried out offline, so it takes time in the registration process. This paper presents a model of a Web-based application system that can be used in providing information services and online case registration services, so that the service process becomes faster. The system development method follows the general stages in the Waterfall development model, using the PHP programming language and MySQL database. Functional testing of the application system involves 10 respondents as system users in assessing whether the functionality features of the developed system have met user needs. The results of the functionality test show that the application system developed has met the functionality requirements based on a needs analysis, which can be used to present information and register cases quickly anytime and anywhere.

Keywords: Information system model, Case registration service, Religious Courts, Web-based.

References


Ramadhan B., Kabupaten dan Kota se-Kalimantan Selatan Bakal Menjadi Smart City, BanjarmasinPost 17 Oktober 2017. GoodNewsFrom Indonesia

Hasibuan A, Sulaiman O.K., Smart City, Konsep Kota Cerdas Sebagai Alternatif Penyelesaian Permasalahan Perkotaan Kabupaten/Kota, Di Kota Besar Provinsi Sumatera Utara, Buletin Utama Teknik, 2019; 14(2): 127 – 135

Sutrisno B, Akbar I., E-Participation In Local Development (Study Of Smart City Implementation In Bandung), Jurnal Sosioteknologi, 2018; 17(2): 191 – 207

Lokantara I.G.W., Muwakhid I.A., Mustofa H, Strategi dan Perencanaan Smart City Kota Kendal, PLANO MADANI, 2019; 8(2): 126-137

Karlina S., Pentingnya Pelayanan Publik Dalam Good Governance, Kompasiana.com. 2 Nopember 2019.

http://peraturan .bpk.go.id, Undang-Undang No. 3 Tahun 2006 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989 tentang Peradilan Agama.

http://dpmptsp.banjarbarukota.go.id/versi1.1/web/detail/61/laporan_hasil_analisa_dan_tind- ak_lanjut__survey_kepuasan_masyarakat__tahun_2019

Parera J.A.K. Rancang Bangun Aplikasi Cityzen Report Untuk Makassar Smart City, Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, 2016; 5(1): 77 – 84

Bonde D.A., Purnomo E.P., Salsabila L, Analisis Kesiapan Kota Kotamobagu Dalam Mewujudkan Kotamobagu Sebagai Smart City, Jurnal MODERAT, 2020; 6(1): 79 – 92,

Adi Suhendra, Kesiapan Pemerintah Daerah Dalam Mewujudkan Kota Cerdas Di Bandung dan Surabaya, Matra Pembaruan: Jurnal Inovasi Kebijakan, 2017; 1 (1): 1-9

Hasibuan A., Sulaiman O.K., Smart City, Konsep Kota Cerdas Sebagai Alternatif Penyelesaian Masalah Perkotaan Kabupaten/Kota, Di Kota-Kota Besar Provinsi Sumatera Utara, Buletin Utama Teknik, 2019; 14(2): 127 – 135,

Imran M., Armawan I., Optimalisasi Smart City Sebagai Media Komunikasi Pembangunan Di Indonesia, Jurnal Komunikasi Pembangunan, 2019; 17(1): 81 – 85.

Pangestiningrum K.P., Nugraha J.T., Mahendradi R.M, Manajemen Aplikasi “Magelang Cerdas” Sebagai Salah Satu Inovasi Sektor Publik Menuju Smart City Di Kota Magelang, Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 2019; 3(1): 24 – 36.

Amalina R.A.N, Khasanah I. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Layanan dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian, Diponegoro Journal Of Management, 2015; 4(2): 1 – 9.

Trimarsiah Y., Arafat M., Analisis dan Perancangan Website Sebagai Sarana Informasi Pada Lembaga Bahasa Kewirausahaan Dan Komputer AKMI Baturaja, Jurnal Ilmiah Matrik, 2017; 19(1): 1 – 10,


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.