Analisa Dan Perancangan E-CRM Jasa Bengkel Menggunakan Metode Dynamic CRM

I Gusti Ngurah Agung Ary Yuliantika(1*),Ni Made Estiyanti(2),I Nyoman Yudi Anggara(3)
(1) STMIK Primakara
(2) STMIK Primakara
(3) STMIK Primakara
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v9i3.548

Abstract

Abstrak.  Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) ialah strategi bisnis yang menggunakan teknologi informasi yang memberikan perusahaan suatu pandangan pelanggannya secara luas, yang dapat membantu dalam mempertahankan dan memperluas hubungan dengan pelanggan. E-CRM adalah salah satu solusi yang dapat dipertimbangkan oleh bengkel mobil dalam usaha mempertahankan loyalitas pelanggan dan bahkan dapat dijadikan sebagai inovasi dalam mendapatkan pelanggan baru, maka dari itu dibuat suatu perancangan sistem informasi berbasis E-CRM menggunakan metode Dynamic CRM yang memiliki tahapan mengenai interaksi antara perusahaan dan konsumen yang menghasilkan informasi berupa informasi pelanggan, informasi oleh dan untuk pelanggan. Maka dibuat suatu perancangan sistem E-CRM dengan metode Dynamic CRM yang menghasilkan sebuah rancangan sistem berupa sistem E-CRM yang digambarkan dengan pemodelan use case diagram, sequence diagram, DFD dan ERD serta diperoleh hasil rancangan yang sesuai dengan framework Dynamic CRM yang menghasilkan output informasi mengenai pelanggan, informasi oleh dan untuk pelanggan.  Kata kunci: E-CRM, Dynamic CRM, Bengkel Mobil

Abstract.  Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) is a business strategy that uses information technology that gives the company a broad view of its customers, which can help maintain and expand customer relationships. E-CRM is one of the solutions that can be considered by car workshop in an effort to maintain customer loyalty and can even be used as an innovation in getting new customers, therefore an information-based system design is made E-CRM uses the Dynamic CRM method that has stages regarding interactions between companies and consumers that produce information in the form of customer information, information by and for customers. Then made an E-CRM system design with Dynamic CRM method that produces a system design in the form of an E-CRM system that is described by use case diagrams, sequence diagrams, DFD and ERD and obtained design results in accordance with Dynamic CRM framework that produces information output regarding customers, information by and for customers. Keywords: E-CRM, Dynamic CRM, Car Workshop 

References


Pramudiya H E, Handarkho Y D, Rahayu F S. Pengimplementasian CRM pada pembangunan e-commerce untuk usaha mikro kecil menengah: studi kasus dolanan puzzle. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya, 2015.

Yahya Y. Pengaruh customer relationship management (CRM) dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Jakarta: Universitas Budi Luhur, 2008.

Rosidi A, Syahdan A S. Analisis E-CRM (electronic-customer relationship management) pada PT. tropica nucifera industry. J Ilmiah SISFOTENIKA. 2015; (1): 5.

Yunitarini R, Santoso P B, Nurwarsito H. Implementasi perangkat lunak electronic customer relationship management (E-CRM) dengan metode framework of dynamic CRM. J EECCIS. 2012; 1(6): 83-90.

Mujiastuti R, Haryani R D. Aplikasi customer relationship management (CRM) dengan metode framework of dynamic CRM. J Teknologi. 2014; 1(6): 33-46.

Nugroho C C, Santoso N. Implementasi perangkat lunak electronic customer relationship management (E-CRM) dengan metode framework of dynamic CRM: studi kasus fotorentis studio. Prosiding Seminar IAP. Malang: 2015.

Priyanto D. Rancang bangun customer relationship management (CRM) menggunakan metode framework of dynamic CRM pada totebag corner semarang. Semarang: Universitas Dian Nuswantoro, 2015.

Ghaniyu Z, Hendra K W, Brata A H. Pengembangan electronic customer relationship management (E-CRM) pada toko sepatu aneka sport malang dengan metode kerangka kerja dynamic CRM. J Pengembangan TIIK. 2018; 4(2): 1419-1427.

Fuad E, Ferdina R, Selo. Perancangan fitur e-commerce berdasarkan konsep customer relationship management untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Prosiding SNATIF1. Kudus Jawa Tengah: 2014.

Park C H, Kim Y G. A framework of dynamic CRM: linking marketing with information strategy. Bussines Process Management J. 2003; (1): 9.

Alfianika N. Metode penelitian pengajaran bahasa indonesia. Malang: Deepublish, 2016.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.