Penerapan Multimedia Development Life Cycle dalam Pengembangan Media Visualisasi Pembelajaran Interaktif

Agung Maulana(1*),Asep Budiman Kusdinar(2),Asril Adi Sunarto(3)
(1) Universitas Muhammadiyah Sukabumi
(2) Universitas Muhammadiyah Sukabumi
(3) Universitas Muhammadiyah Sukabumi
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v9i3.539

Abstract

ABSTRAK. Pada umumnya sistem pembejaran di Perguruan Tinggi saat ini menggunakan media pembelajaran visual yang disalurkan melalui proyektor, sehingga masih kurang efektif untuk memvisualisasikan materi perkuliahan bagi mahasiswa. Di sisi lain, perkembangan Teknologi Informasi memungkinkan penggunaan Multimedia interaktif yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat mengendalikan sistem pembelajaran secara efektif. Paper ini menyajikan konsep penerapan multimedia development life cycle pada aplikasi media pembelajaran interaktif. Metode pengembangan media pembelajaran berbasis Multimedia development life cycle melalui Enam tahap meliputi: konsep, perancangan, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian dan distribusi. Hasil uji program melalui uji Blackbox menunjukkan fitur-fitur fungsionalitas telah sesuai dengan kebutuhan pengguna. Kata kunci: Media pembelajaran, Multimedia interaktif, Multimedia development life cycle

ABSTRACT.  In general, the current education system in tertiary institutions uses visual learning media that is channeled through a projector, so it is still ineffective in visualizing lecture material for students. On the other hand, the development of Information Technology allows the use of interactive multimedia which is equipped with a controller that can be operated by the user, so that the user can control the learning system effectively. This paper presents the concept of implementing the multimedia development life cycle in interactive learning media applications. Multimedia development life cycle based on learning media development methods through six stages including: concept, design, material gathering, manufacture, testing and distribution. The test results of the program through the Blackbox test show that the functionality features are in accordance with user needs. Keywords: Learning media, Interactive multimedia, Multimedia development life cycle

References


Sugiarto H. Penerapan Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Abjad Dan Angka. IJCIT (Indonesian J Comput Inf Technol. 2018; 3(1):26–31.

Atmojo WT, Nurwidya FF, Dazki E. Media Pembelajaran Pengenalan Keragaman Budaya Indonesia Dengan Metode Multimedia Development Life Cycle. Semin Nas APTIKOM. 2019;126–34.

Dewi AR, Isnanto RR, Martono KT. Aplikasi Multimedia sebagai Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Budaya di Indonesia menggunakan Unity Engine untuk Sekolah Dasar. J Teknol dan Sist Komput. 2015;3(4):471-480

Junaedi muhamad rusdi, Arifin rita wahyuni. Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Topologi Jaringan Komputer Pada Kelas X Smk Taman Harapan 1 Bekasi. Tek Inform. 2019;4(1):95-104

Bahtiar RS. Penggunaan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada. Pgsd. 2015;01:1–10.

Fanny, A. M., & Suardiman, S. P. Pengembangan multimedia interaktif untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) sekolah dasar kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 2013, 1(1): 1-9.

Annisa, N., & Simbolon, N. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Ipa Berbasis Model Pembelajaran Guided Inquiry Pada Materi Gaya di Kelas IV SD Negeri 101776 Sampali. SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 2018, 8(2): 217-229.

Rusdewanti, P. P., & Gafur, A. Pengembangan media pembelajaran interaktif seni musik untuk siswa smp. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2014, 1(2): 153-164.

Rasyid, M., Azis, A. A., & Saleh, A. R. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia dalam Konsep Sistem Indera pada Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 2017, 7(2): 69-80.

Mawarni, S., & Muhtadi, A. Pengembangan digital book interaktif mata kuliah pengembangan multimedia pembelajaran interaktif untuk mahasiswa teknologi pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2017, 4(1): 84-96.

Dewi, N., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Kuliah Teori dan Praktik Plambing di Program Studi S1 PVKB UNJ. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 2018, 7(2): 95-104.

Mustika. Rancang Bangun Aplikasi Sumsel Museum Berbasis Mobile Menggunakan Metode Pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). J Mikrotik [Internet]. 2018; 8(1):1–14.

Atmojo WT, Irvansyah M, Setiyadi D, Serpong G, No B, Sangereng C, et al. Metode Multimedia Development Life Cycle Pada Animasi Berhitung Interaktif Sebagai Alat Bantu Belajar Matematika. Tek Inform. 2019, 4(1):35–44


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.