Pengembangan Model Sistem Informasi Akademik Pada Sekolah Menengah Pertama Menggunakan Metode SDLC
Abstract
Abstrak. Proses pemantauan nilai akademik siswa pada sistem yang sedang berjalan pada yayasan Smp plus madinah tunnajah dilakukan dengan cara yang konvesional, dimana siswa hanya bisa melihat hasil dari kemampuan siswa tersebut pada akhir masa pembelajaran atau yang kita kenal dengan istilah pembagian raport siswa. Di tengah masa pandemi covid-19 kegiatan Pendidikan sebaiknya dilakukan secara daring baik kegiatan belajar maupun kegiatan administrasi termasuk PPDB. Demi kelancaran membangun sistem informasi akademik di ambilah metode pendekatan siklus hidup pengembangan sistem SDLC karena metode ini berfungsi untuk mengembangkan, memelihara dan menggunakan sistem yang mencakup sejumlah fase atau tahapan diantaranya planing, analisis, desain dan implementasi. Adapun hasil dari penerapan SDLC diharapkan dapat meningkatkan kualitas system akademi yang dibangun. Dari hasi pengujian menyatakan bahwa system informasi akademi yang dikembangkan telah sesuai dengan fungsi yang diharapkan
Kata kunci: Sistem Informasi Akademik, Sekolah Menengah Pertama, System Development Life Cycle
Abstract. The process of monitoring students' academic grades in the current system at the Junior High School plus Medina tunnajah foundation is carried out in a conventional manner, where students can only see the results of the student's ability at the end of the learning period or as we know it as the student report card distribution. In the midst of the covid-19 pandemic, Education activities should be carried out online, both learning activities and administrative activities, including PPDB. For the sake of fluency in building academic information systems, the life cycle approach to SDLC system development is adopted because this method serves to develop, maintain and use systems that cover a number of phases or stages including planing, analysis, design and implementation. The results of the application of SDLC are expected to improve the quality of the academy system that was built. From the test results stated that the academy information system has been as expected
Keywords: Academic Information Systems, Middle School, System Development Life Cycle
References
Pendidikan D. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006. Dinas Pendidikan Jawa Barat. 2018.
Helisa, H., & Bahar, B. Sistem Informasi Distribusi Obat Puskesmas Pada Gudang Farmasi Berbasis Web. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 2017; 5(2): 1047-1056
Prastyo, A., & Rosmawanti, N. Sistem Informasi Manajemen Tugas Akhir Berbasis Web. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 2017; 5(2): 1095-1106
Firmansyah Y, Udi U. Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Pembuatan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Habib Sholeh Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. J Teknol dan Manaj Inform. 2017; 4(1): 184–191.
Fachrizal MR. Prototype Sistem Informasi Pengelolaan Akademik Berbasis Sms Gateway Di Sma Negeri 22 Bandung. J Teknol dan Inf. 2015; 1(9): 1–9.
Andiri INM, Asak KES, Ogor KAB, Zaidiah A, Isnainiyah IN, Widiastiwi Y, et al. PENGEMBANGAN PROTOTYPE SISTEM INFORMASI AKADEMIK BAGI SMPIT TARUNA INSANI MANDIRI KELURAHAN SASAK PANJANG, KABUPATEN BOGOR. Ethos (Jurnal Penelit dan Pengabdi Masyarakat). 2016; 4(1): 267–273.
Susanto R, Adriana AnD. perbandingan model waterfall dan prototyping untuk pengembangan sistem informasi. Maj Ilm UNIKOM. 2016; 14(1): 41–46.
Nutriana Hidayati SH. Analisa dan perancangan sistem informasi akademik dan keuangan online pada perguruan tinggi. SINTAK. 2017;1:354–358.
Al Fatta H, Robert M. Analisis Pengembangan Dan Perancangan Sistem Informasi Akademik Smart Berbasis Cloud Computing Pada Sekolah Menengah Umum Negeri Di Daerah Istimewa Yogyakarta Oleh. Telematika. 2015; 8(2): 63–90.
Durachman Y. Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web ( Studi Kasus : SMA Muhammadiyah 7 Sawangan Depok ). J Sist Inf. 2009; 2(1): 51–56.
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.