Pengembangan Model Sistem Informasi Multimedia Museum Panca Yadya Melalui E-Museum Berbasis Android

Agus Rahmat Hidayat(1*),Ni Luh Putu Ning Septyarini Putri Astawa(2),I Gede Juliana Eka Putra(3),Anak Agung Ayu Putri Ardyanti(4)
(1) STMIK Primakara
(2) STMIK Primakara
(3) STMIK Primakara
(4) STMIK Primakara
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v9i2.495

Abstract

Abstrak. Museum merupakan sarana untuk mengembangkan budaya dan peradaban manusia, Dengan berbagai macam artefak dan sedikitnya informasi yang terdapat di dalam museum terkadang membuat pengunjung menjadi kurang berminat untuk datang ke Museum. Untuk mengatasi masalah yang terjadi maka di perlukan sistem yang dapat memudahkan wisatawan mendapatkan informasi tentang Museum. Sistem ini dibuat dengan memanfaatkan Multimedia Video dalam visualisasinya dan QR Code sebagai komponen utama dalam memudahkan pengguna untuk mengaskses. Dalam penelitian ini menggunakan metode Villamil-Molina untuk mencari solusi atas permasalahan yang ada. Hasil dari pengujian yang dilakukan dengan metode blackbox dan dilakukan oleh wisatawan terhadap sistem ini sudah sesuai dengan tujuan program dibuat, yaitu untuk memudahkan wisatawan dan pengguna sistem dalam memperoleh informasi tentang Museum.

Kata kunci: Sistem Informasi Multimedia, E-Museum, Berbasis Android

 

Abstract. The museum is a means to develop human culture and civilization, with a variety of artifacts and the lack of information contained in the museum sometimes makes visitors less interested in coming to the Museum. To overcome the problems that occur, then we need a system that can facilitate tourists to get information about the Museum. This system is made by utilizing Multimedia Video in its visualization and QR Code as the main component in making it easy for users to access. In this study using the Villamil-Molina method to find solutions to existing problems. The results of testing conducted by the blackbox method and conducted by tourists to this system are in accordance with the purpose of the program created, namely to facilitate tourists and system users in obtaining information about the Museum.

Keywords: Multimedia Information System, E-Museum, Based on Android

References


Suraya MS. E-Museum Sebagai Media Memperkenalkan Cagar Budaya Di Kalangan Masyarakat. Diambil dari: http://www. researchgate. net/publicatio, 2016: 1-10

Effendi Z, Murinto M. Aplikasi Multimedia sebagai Media Informasi pada Pengenalan Monumen Yogya Kembali YOGYAKARTA. Jurnal Sarjana Teknik Informatika. 2014; 2(1): 253-342.

Pera N. Pemanfaatan Video Sebagai Media Penyebaran Informasi Pertanian. J Pengabdi pada Masy. 2011;(52):30–36.

Putri RJ, Zubaidah MS, & Dini FSD. Perancangan Aplikasi Android Museum Adityawarman. DEKAVE: Jurnal Desain Komunikasi Visual. 2017; 5(2): 399-404

Sugiantoro B, Hasan F. Pengembangan Qr Code Scanner Berbasis Android Untuk Sistem Informasi Museum Sonobudoyo. J Telemat. 2015;12(02):134–45.

Bagus I, Manuaba A, Wirawan IMA, Darmawiguna IGM. Pengembangan Aplikasi E-Museum Berbasis Android Menggunakan Jaringan Semantik. SENAPATI, Agustus 2016: 310-317

Sista DNA, Darmawiguna IGM, & Sunarya IMG. Pengembangan Sistem Informasi Koleksi Museum Bali Berdasarkan Metadata Standar International Committee for Documentation (CIDOC). KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika). 2015; 4(5): 539-550.

Sholeh M. E-Museum Sebagai Media Memperkenalkan Cagar Budaya Di Kalanganmasyarakat. researchgate .2011; 11(11): 24–32.

Prakasa AD, Wibisono W. Rancang Bangun Aplikasi Museum Tour Guide berbasis QR Code dan Ontology pada Mobile Phone. AIMS. 2013; 2(1): 1–4.

Nugraha MP, Munir R. Pengembangan Aplikasi QR Code Generator dan QR Code Reader dari Data Berbentuk Image. In Informatics National Conference. 2011: 148-149).

Mustakim S, Walanda DK, & Gonggo ST. Penggunaan qr code dalam pembelajaran pokok bahasan sistem periodik unsur pada kelas x sma labschool untad. Jurnal Akademika Kimia. 2013; 2(4): 215-221.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.