Media Interaktif Anatomi Tubuh Manusia Berbasis Android

Gst. Ngr. Rama Dewantara Putra(1*),I Putu Satwika(2),I Gede Juliana Eka Putra(3)
(1) STMIK Primakara
(2) STMIK Primakara
(3) STMIK Primakara
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v9i1.445

Abstract

Abstrak. Dalam keseharian, pelajar selalu dekat dengan teknologi bahkan dalam hal belajar sekalipun, media konvensional untuk belajar seperti buku akan jarang dipandang daripada melihat smartphone begitulah yang terjadi di era teknologi ini. Penulis akan membahas mengenai rancang bangun media interaktif anatomi tubuh manusia melirik dari permasalahan diatas. Penelitianini dilakukan dengan pendekatan kualitatif, serta menggunakan metode Novelty Luther-Sutopo. Pembuatan media interaktif ini dibuat dengan Unity Engine dengan menggunakan Bahasa C#. Dari hasil kuisioner yang dilakukan dengan siswa SMP, media interaktif mendapatkan respon positif dimana responden meyatakan dapat membantu memahami dan memiliki ketertarikan untuk belajar anatomi tubuh. Kata kunci: Media Interaktif, Anatomi Tubuh Manusia, Berbasis Android

Abstract. Nowdays, students are always close to technology today even in terms of learning though, conventional media for learning such as books will rarely be seen rather than seeing a smartphone that is happening in this technological era. The author will discuss the design of interactive media anatomy of the human body glancing from the problems above. This research was conducted with a qualitative approach, and using the Novelty Luther-Sutopo method. Making this interactive media created with Unity Engine using C # Language. From the results of the questionnaire conducted by junior high school students, interactive media get a positive response where respondents claim to be able to help understand and have an interest in learning body anatomy. Key words: Interactive Media, Anatomy of the Human Body, Based on Android

References


Kurniawan, M. H., & Witjaksono, G. Human anatomy learning systems using augmented reality on mobile application. Procedia Computer Science. 2018; 135: 80-88.

Ali, M. (2009). Pengembangan media pembelajaran interaktif mata kuliah medan elektromagnetik. Jurnal Edukasi Elektro. 2009;5(1): 11-18

Yazdi, M. E-learning sebagai media pembelajaran interaktif berbasis teknologi informasi. Jurnal Ilmiah Foristek. 2012; 2(1): 143-152

Andrizal, A., & Arif, A. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Sistem ELearning Universitas Negeri Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi. 2017; 17(2): 1-10.

Rodiawati, H., & Komarudin, K. Pengembangan e-learning melalui modul interaktif berbasis learning content development system. Jurnal Tatsqif. 2018; 16(2): 172-185.

Basuki, N., & Sitompul, H. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Pada Menggambar Teknik. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 1(2): 167-178

Sukoco, S., Sutiman, S., & Wakid, M. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer untuk Peserta Didik Mata Pelajaran Teknik Kendaraan Ringan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 2014; 22(2): 215-226.

Arda, A. Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis komputer untuk siswa SMP Kelas VIII. Mitra Sains. 2015; 3(1): 69-77

Amirullah, G., & Susilo, S. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Konsep Monera Berbasis Smartphone Android. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan. 2018; 2(1): 38-47.

Saraswati, E., & Novallyan, D. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Pemahaman Konsep Trigonometri. IJER (Indonesian Journal of Educational Research). 2018; 2(2): 72-76.

Setiadi, R., & Agus, A. Dasar-Dasar Pemrograman Software Pembelajaran. Bandung: FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia, 2000

Saputro, R. E., & Saputra, D. I. S. Pengembangan Media Pembelajaran Mengenal Organ Pencernaan Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Jurnal Buana Informatika. 2015; 6(2): 153-162

Purnama, R. B. Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android sebagai Suplemen Pembelajaran Fisika SMA pada Materi Usaha dan Energi. Skripsi. 2017; Lampung: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Nuroifah, N. Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android materi sistem ekskresi siswa kelas xi sma negeri 1 dawarblandong mojokerto. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan. 2015; 6(1): 1-10

Iwan, B. Multimedia Digital - Dasar Teori dan Pengembangan. Yogyakart: Penerbit Andi, 2010

Satwika, I. P., Untoro, W., Ardyanti, A. A. A. P., & Sujarwo, W. (2019, December). Novelty Luther-Sutopo method for game development. In Journal of Physics: Conference Series. 2019: 1402(6): IOP Publishing.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.