Pembuatan Media Interaktif Sebagai Penunjang Kegiatan Pembelajaran Untuk Anak Usia 4-5 Tahun

Lingga Wiguna(1*),I Gede Juliana Eka Putra(2),Eka Grana Aristyana Dewi(3)
(1) STMIK Primakara
(2) STMIK Primakara
(3) STMIK Primakara
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v9i1.444

Abstract

Abstrak. Usia 4-5 tahun yang dikenal dengan istilah Anak Usia Dini adalah masa-masa terbaik anak-anak untuk mendapatkan pembelajaran yang sesuai dengan usianya, karena pada fase tersebut atau yang disebut (Golden Age) Anak-anak mampu menyerap pembelajaran dengan baik. Dalam kegiatan belajar, sekolah memiliki Rencana Program Pembelajaran Mingguan yang telah disusun dan disepakati oleh seluruh pengajar. Rencana Program Pembelajaran Mingguan memuat rencana materi yang akan dipelajari selama satu minggu, serta memuat metode pembelajaran yang akan digunakan. Secara umum metode yang digunakan dalam pembelajaran untuk anak usia dini adalah bercerita, namun dalam penerapannya masih ada kekurangan dalam metode tersebut, yaitu anak-anak cenderung kurang memperhatikan, dan lebih memilih bermain bersama teman-temannya. Artikel ini membahas mengenai pembuatan media interaktif sebagai inovasi metode belajar yang memungkinkan mendapatkan perhatian anak-anak dalam kegiatan belajar, dalam media interaktif tersebut berisikan gambar, video, serta lagu anak-anak. Metode LutherSutopo digunakan dalam pembuatan media interaktif ini, karena metode Luther-Sutopo adalah metode yang memiliki tahapan yang mudah dipahami serta mudah dalam penerapannya. Hasil pembuatan media interaktif ini termasuk dalam kategori sangat efektif untuk membantu anakanak dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Media Interaktif, Kegiatan Pembelajaran, Anak Usia Dini, Metode Luther-Sutopo

Abstract. Ages 4-5 years, known as Early Childhood, are the best times for children to get learning according to their age, because in that phase or what is called (Golden Age) Children are able to absorb learning well. In learning activities, the school has a Weekly Learning Program Plan that has been prepared and agreed upon by all teachers. Weekly Learning Program Plans contain material plans to be studied for one week, as well as contain learning methods that will be used. In general, the method used in learning for early childhood is storytelling, but in its application, there are still deficiencies in the method, namely children tend to pay less attention, and prefer to play with their friends. This article discusses the making of interactive media as an innovative learning method that allows getting the attention of children in learning activities, in that interactive media containing images, videos, and children's songs. Luther-Sutopo method is used in making this interactive media, because the Luther-Sutopo method is a method that has stages that are easy to understand and easy to apply. The results of making interactive media are included in the category of very effective to help children in the learning process. Keywords: Interactive Media, Learning Activities, Early Childhood, Luther-Sutopo Method

References


Soedijarto. Landasan Dan Arah Pendidikan Nasional Kita. Jakarta: Kompas, 2008

Yus, A. Model Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana 2011

Al-Tabany, Badar, T.I. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik: Bagi Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group, 2013

Wibawanto, Wandah. Desain Dan Pemograman Multimedia Pembelajaran Interaktif, Jember: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif, 2017.

Vitianingsih, V.A. Game edukasi sebagai media pembelajaran pendidikan anak usia dini. Inform. 2016; 1(1): 25-32.

Rahman, R. A., & Tresnawati, D. Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Dan Habitatnya Dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Jurnal Algoritma. 2016; 13(1):184-190.

Fithri, D. L., & Setiawan, D. A. Analisa Dan Perancangan Game Edukasi Sebagai Motivasi Belajar Untuk Anak Usia Dini. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer. 2017; 8(1): 225-230.

Saurina, N. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality. Jurnal IPTEK. 2016; 20(1): 95-108.

Indriani, R., Sugiarto, B., & Purwanto, A. Pembuatan Augmented Reality Tentang Pengenalan Hewan untuk Anak Usia Dini Berbasis Android Menggunakan Metode Image Tracking Vuforia. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE. 2016; 4(1): 4-7.

Liyana, A., & Kurniawan, M. Speaking Pyramid sebagai Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 2019; 3(1): 225-232.

Simbolon, A.F., Syahputra, G., Panggabean, E., & Sihotang, H. T. Pembuatan Aplikasi Pengenalan Suara Dan Objek Hewan Sebagai Media Pengenalan Bagi Anak Usia Dini Dengan Metode Computer Based Instruction (CBI). Journal of Informatic Pelita Nusantara. 2018; 3(1): 23-31

Tinambunan, A., Ginting, G. L., & Panjaitan, M. Perancangan Aplikasi Rambu-Rambu Lalu Lintas Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android Menggunakan CAI (Computer Assisted Intruction). JURIKOM (Jurnal Riset Komputer). 2018; 5(3): 290-295.

Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta, 2010

Sudijono, A. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.