Model Aplikasi Penjualan Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Berbasis Web

Huzainsyahnoor Aksad(1*),M Rizwan Rifani(2)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v9i1.439

Abstract

Abstrak. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam perekonomian nasional memiliki peran penting dan strategis dalam pertumbuhan ekonomi baik bangsa Indonesia maupun di negara-negara lain. Selain itu UMKM juga dapat mengatasi masalah pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun demikian usaha kecil ini masih lemah kinerjanya. UMKM. Pada tahun 2019 ini hanya sedikit yang bisa terlibat dalam Go Online. Untuk itu dilakukan penelitian dengan membuat model Web bagi UMKM dan sebagai sampel usaha yang dipilih adalah sebuah toko yang bergerak pada usaha penjulan gorden dan walpaper sebagai salah satu UMKM. Model yang dibuat dalam penelitian ini dapat membantu UMKM dalam melakukan pengelolaan usaha dengan lebih baik dan bisa membantu memperluas daerah pemasaran dan promosi usaha dengan dukungan internet. Kata kunci: Aplikasi Penjualan, Usaha Mikro Kecil Menengah, Berbasis Web

Abstract. Micro, Small and Medium Enterprises (read: UMKM) in the national economy have an important and strategic role in the economic growth of both the Indonesian people and in other countries. Besides that, UMKM can also overcome the problem of unemployment and improve people's welfare. However, this small business is still weak performance. UMKM In 2019 only a few can get involved in Go Online. For this reason, a study was conducted by creating a Web model for UMKM and as a sample the business chosen was a shop engaged in selling curtains and wallpaper as one of the UMKM. The model created in this study can help UMKM in managing their businesses better and can help expand the area of marketing and business promotion with internet support. Keywords: Sales Application; Micro, Small and Medium Enterprises; Web Based

References


Bambang, A. Buzzer Media Sosial dan Branding Produk UMKM Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal UMKM Dewantara. 2019; 2(1): 27 – 46.

Ahdiana I,. Brahmayanti I & Subaedi. Kompetensi SDM UMKM dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UKM di Surabaya. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 2010;12(1): 42-55.

Sunariani, N., Suryandinatha, A. & Mahaputra I. Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Melalui Program Binaan di Provinsi Bali. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis. 2017; 2(1): 1-20.

Dina, L. Meninjau Perkembangan UMKM di Indonesia, Bagaimana Kondisinya, http://www.online-pajak.com. 13 Nopember 2019, Jum”at 24 Arpril 2020, 11:52 AM.

Ayu, Y. KemenkopUKM: 3,79 Juta UMKM Sudah Go Online, http://kominfo.go.id. 17 – 11 – 2017, 24 April 2020, 12.00 PM

Turban, E., Rainer, Potter, R. Introduction To Information Technology. Penerbit Salemba Infotek. 2006: 5-6

Huda S, Komariah N, Kusnandar. Peranan Website Pariwisata garutkab.go.id Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Pengguna. E-Jurnal Mahasiswa Univ. Pajajaran. 2012; 1(1): 1-11.

Rudika, H. Analisis Layanan Website Sebagai Media Promosi, Media Transaksi dan Media Informasidan Pengaruhnya Pada Brand Image Perusahaan Pada Hotel Ciputra Di Kota Semarang. Jurnal STIE Semarang. 2014; 6(3): 37-57.

Juhaeri. Pengaruh Brand Image Terhadap Kepercayaan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada WWW. Model Gorden.Com). Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Univ. Pemulang. 2016; 4(1): 27-37.

Helmalia H., Afrinawati A. Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Padang. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam). 2018; 3(2):237-246.

Susilo M, Rezki K, & Kasmawi, Rancang Bangun Wabsite Toko Online Menggunakan Metode Waterfall. Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan. 2018; 2(2): 98-105

Sugeng, H. Pengaruh Penggunaan Website Terhadap Penjualan Produk Pengusaha UMKM Pada Asosiasi Industri Kreatif Depok. Jurnal Sosio e-kons. 2018; 10(1): 39-46

Khairus, S., Danur, Fajri, P.P. Aplikasi Web Promosi Kuliner dan Rumah Makan Online. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Digital Zone. 2017; 8(1): 25-34.

Penda, S.H. Perancangan Website Sebagai Media Promosi dan Informasi. Journal Of Informatic Pelita Nusantara. 2018; 3(1): 82-86

Prayitno A, & Safitri Y, Pemanfaatan Sistem Informasi Perpustakaan Digital Berbasis Website Untuk Para Penulis. Indonesia Journal on Software Engineering 2015; 1(1): 1 - 10.

Febriayana, Y. Uji Validitas dan Reliabiltas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Ilmu Kependidikan. 2018; 7(1): 17-23.

Suzuki, S., Timor, S. & Nur, S. Otomatisasi Metode Penelitian Skala Likert Berbasis Web. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi, Fak. Teknik Univ. Muhammadiyah Jakarta. 17 Nopember 2015; 1-8

Hamid, H. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Semen Baturaja Di Palembang Pada PT. Semen Baturaja (Persero) Tbk. Jurnal Ecoment Global. 2018; 3(2): 167-182


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.