Model Aplikasi Sistem Penjualan Suku Cadang Pada PT. Kobexindo Tractors Cabang Banjarmasin

Artoni Artoni(1*),Akhmad Irfani(2),Nidia Rosmawanti(3)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(3) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v4i1.4

Abstract

Sistem informasi penjualan dan persediaan barang sangat berperanan penting untuk mengoptimalkan kinerja perusahaan khususnya dalam mengurus penjualan dan persediaan barang. PT. Kobexindo Tractors cabang Banjarmasin sebagian proses penjualannya sudah menggunakan sistem komputerisasi, namun dikarenakan pencatatan aliran barang oleh bagian gudang masih dilakukan secara konvensional dan tidak terhubung langsung dengan bagian
penjualan, sehingga bagian penjualan (sales) kesulitan dalam mendapatkan informasi stok suku cadang secara akurat. Kegunaan dalam penelitian ini adalah untuk memperkecil terjadinya masalah seperti yang telah disebutkan di atas, maka dirancang sistem informasi penjualan dan persediaan
barang yang berbasis komputerisasi. Untuk mempermudah dalam melakukan perancangan sistem maka digunakan langkahlangkah dari metode pengembangan sistem Berorientasi Objek dengan menggunakan tools
Diagram Konteks, Use Case Diagram, Sequence Diagram dan Activity Diagram. Dengan sistem informasi penjualan dan persediaan barang tersebut, dapat menjadi solusi dari permasalahan penjualan dan persediaan barang di PT. Kobexindo Tractors cabang Banjarmasin dan bisa membantu meningkatkan pengontrolan persediaan barang sehingga produktivitas penjualan bisa dilakukan dengan optimal.

Kata kunci: Model, Sistem Informasi Penjualan, Suku Cadang

References


Setiana, E. (201 1 ). Sistem Informasi Pembelian Dan Persediaan Barang Pada CV Jaya Abadi. Bandung: UNIKOM Bandung.

Ongko, E. (2011 ). Perancangan Sistem Informasi Pembelian Dan Penjualan Pada UD.Wira Jaya. Medan: STMIK IBBI.

Guritno, S. (2011 ). Theory and Application of IT Research: Metodologi Penelitian Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.

Andi. (2003). Pemrograman Delphi 7 Jilid 1, Yogyakarta: Madcoms.

O’Brien, J. (2005). Pengantar Sistem Informasi. Jakarta: Salemba Empat.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.