Aplikasi Asisten Perkuliahan Mahasiswa STMIK Banjarbaru Berbasis Android

Muhammad Hidayat, Soegiarto Soegiarto

Abstract


Abstrak. Kesulitan mengakses informasi jadwal yang dialami oleh mahasiswa tingkat akhir terjadi saat mereka ingin mengakses informasi jadwal ujian proposal dan jadwal ujian skripsi. Kondisi tersebut biasanya terjadi karena frekuensi kehadiran mahasiswa tingkat akhir di kampus sudah berkurang. Situs web resmi kampus dalam penyampaian informasi jadwal juga belum efektif dan efisien, karena kurang lengkap. Keharusan mengunduh dalam bentuk PDF juga membuat proses mengakses informasi jadwal tidak dapat dilakukan secara instan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi asisten perkuliahan mahasiswa STMIK Banjarbaru berbasis android yang bisa membantu mahasiswa STMIK Banjarbaru agar lebih mudah dalam mengelola jadwal dan daftar mata kuliahnya serta melakukan pencatatan kegiatan, materi, atau tugas perkuliahan dan pengingat jadwal dan tugas perkuliahan mahasiswa, serta menghitung nilai IPS (Indeks Prestasi Semester). Hasil iji user menunjukkan perolehan nilai rata-rata sebesar 3,68 dengan kategori setuju. Kata Kunci: Model Aplikasi, Asisten Perkuliahan Mahasiswa, Berbasis Android

Abstract. Difficulties accessing schedule information experienced by final year students occurs when they want to access the information on the proposal exam schedule and thesis examination schedule. This condition usually occurs because the frequency of the presence of final year students on campus has decreased. The official campus website in delivering schedule information is also not yet effective and efficient, because it is incomplete. The need to download in PDF format also makes the process of accessing schedule information not instantaneous. The purpose of this study is to create an application based on Android STMIK Banjarbaru student assistant that can help STMIK Banjarbaru students to more easily manage the schedule and list of courses as well as to record activities, materials, or assignment lectures and reminders of student schedules and assignments, as well as calculate the value of IPS (Semester Achievement Index). The user iji results indicate the acquisition of an average value of 3.68 with the agreed category. Keywords: Application Model, Student Lecture Assistant, Android Based


Full Text:

PDF

References


Safaat N. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: informatika. 2012.

Hartaji D.A. Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa yang Berkuliah Dengan Jurusan Pilihan Orangtua. Skripsi pada Fakultas Psikologi, Universitas Gunadarma. 2012.

Kafi, A. Definisi perkuliahan. Bali: Panji Sakti, 2013.

Putra, R. Rancang Bangun Aplikasi Pengingat Jadwal dan Tugas Kuliah Berbasis Android. Skripsi.Yogyakarta, AMIKOM: Yogyakarta, 2012.

Kosidin R.N. Pemodelan Aplikasi Mobile Reminder Berbasis Android. Prosiding pada Seminar Nasional Teknologi informasi dan Komunikasi. 2016: 271-280.

Ramadhan T., Utomo V.G. Rancang Bangun Aplikasi Mobile untuk notifikasi Jadwal Kuliah Berbasis Android (Studi Kasus STMIK Provisi Semarang). Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi. 2014; 5(2): 2087-0868.

Hartadi R., Hidayat A., & Victor G. U. Perancangan Aplikasi Penjadwalan Mata Kuliah (Studi Kasus: STMIK Provisi Semarang). Bianglala Informatika. 2016; 4(1): 31-40.

Laksono AT, Utami MC, Sugiarti Y. Sistem Penjadwalan Kuliah Menggunakan Metode Algoritma Genetika (Studi Kasus: Fakultas Kedokteran Dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta). STUDIA INFORMATIKA: JURNAL SISTEM INFORMASI. 2016; 9(2): 177-188

Mujilawati S. Aplikasi Notifikasi Jadwal Kuliah Bagi Mahasiswa Universitas Islam Lamongan Berbasis Android. Joutica. 2017; 2(1): 7-12.

Kartikasari P. Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Cyber Campus Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa STIKOM Surabaya. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi (JATISI). 2017; 3(2): 169-182.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

p-ISSN 2089-3787

e-ISSN 2685-0893    

-------------------------------------------------------------------------