Rancang Bangun Media Interaktif Pengenalan Objek Wisata Tanah Lot Menggunakan Virtual Reality Berbasis Android

I Gst Bgs Harris Young Perdamaian Wibawa, Komang Tri Werthi, Bagus Putu Wahyu Nirmala

Abstract


ABSTRAK.   Promosi obyek wisata Tanah Lot telah dikelola secara professional oleh Pemerintah Daerah setempat, namun perlu sentuhan teknologi yang lebih modern dalam upaya mempertahankan tingkat kunjungan wisatawan. Virtual Reality merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan untuk berinteraksi dengan lingkungan yang disimulasikan oleh komputer. Paper ini menyajikan rancangan media interaktif untuk memperkenalkan objek wisata Tanah Lot menggunakan Virtual Reality berbasis Android, sebagai  alternatif dalam promosi obyek wisaya Tanah Lot melalui media digital, dengan tujuan agar para wisatawan dapat mengetahui lebih banyak mengenai keberadaan objek wisata  Tanah lot. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Luther-Sutopo, metode ini digunakan karena metode ini merupakan metode dengan tahapan paling simple untuk pembuatan sebuah media interaktif. Hasil uji sistem menunjukkan bahwa informasi yang didapatkan dari aplikasi yang dikembangkan dapat memenuhi kebutuhan informasi wisatawan terkait dengan objek wisata Tanah Lot. Kata kunci: Rancang Bangun, Media Interaktif, Virtual Reality, Luther-Sutopo, Wisata Tanah Lot   

 

ABSTRACT.   The promotion of Tanah Lot attractions has been managed professionally by the Regional Government, but it needs a touch of more modern technology in an effort to maintain the level of tourist visits. Virtual Reality is a technology that allows for use with an environment authorized by a computer. This paper presents an interactive media design to introduce Tanah Lot attractions using Android-based Virtual Reality, as an alternative to promoting Tanah Lot wizard objects through digital media, with the aim that tourists can find out more about the attractions visited by Tanah Lot. The method used in this study is the Luther-Sutopo method, the method used because this method is the simplest method for making interactive media. The results of system testing that shows information obtained from the developed application can meet the information needs associated with Tanah Lot attractions. Keywords: Design and Development, Interactive Media, Virtual Reality, Luther-Sutopo, Tanah Lot Tourism


Full Text:

PDF

References


Suyanto M. MULTIMEDIA Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2008.

Abidin R. Pengertian Virtual Reality dan Perbedaannya dengan Augmented Reality, 25 April 2016. [Online]. Available: https://teknojurnal.com/pengertian-virtual-reality-danperbedaanya-dengan-augmented-reality/.

Ardhiansyah M., Nopendra H. Penggunaan Teknologi Virtual Reality Untuk Promosi Penjualan Apartemen Berbasis Android. SNTIBD. 2017; 2(1): 296-298.

Putra P., Jauhari J., Susilo P. P. L., & Meiriza, A. Pengembangan Sistem E-Commerce Penjualan Rumah Dengan Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality Di Kota Palembang. Jurnal Sistem Informasi, 10(1). 2018; 15: 15-1522

Khairul K., IlhamiArsyah U., Wijaya R. F., & Utomo R. B. (2018, September). IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI PENJUALAN RUMAH. In Seminar Nasional Royal . September 2018; 1(1); 429-434.

Rokhim A., Lestari S. A. (2019). IMPLEMENTASI MEDIA VISUALISASI 360 PADA PLATFORM ANDROID UNTUK PROMOSI PENJUALAN KENDARAAN BEKAS. Jurnal Teknika. 2019; 11(2): 1127-1130.

Achmad G. Pengembangan Website Berbasis Virtual Reality Sebagai Media Promosi Mobil Honda (Studi Kasus Dealer Honda Ahmad Yani), Doctoral dissertation, Bandung: Universitas Komputer Indonesia, 2015.

Maulana M. R., Rusli C. Y., & Kurniawan I. Pemanfaatan Virtual Reality Untuk Pengembangan Kios Informasi Objek Wisata Di Kota Pekalongan Berbasis Mobile. Jurnal LITBANG Kota Pekalongan. 2016; 11: 23-41

Sihite B., Samopa F., & Sani N. A. Pembuatan Aplikasi 3D Viewer Mobile dengan Menggunakan Teknologi Virtual Reality (Studi Kasus: Perobekan Bendera Belanda di Hotel Majapahit). Jurnal Teknik ITS. 2013; 2(2): A397-A400.

Efendi Y., & Junaidi J. (2018). Aplikasi 3D Mapping Menggunakan Virtual Reality (Studi Kasus Museum Sang Nila Utama). J-SAKTI; 2(2): 107-114.

Asfari U., Setiawan B. & Sani N. A. (2012). Pembuatan Aplikasi Tata Ruang Tiga Dimensi Gedung Serba Guna Menggunakan Teknologi Virtual Reality [Studi Kasus: Graha ITS Surabaya]. Jurnal Teknik ITS; 1(1): A540-A544.

Tiusanen P. Virtual reality in destination marketing. Master’s Thesis Degree Programme in Tourism, University of Applied Sciences, 2017

Triani A. R., Adriyanto A. R., & Faedhurrahman D. (2018). Media Promosi Bisnis Potensi Wisata Daerah Bandung Dengan Aplikasi Virtual Reality. Jurnal Bahasa Rupa. 2018; 1(2): 136-146.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

p-ISSN 2089-3787

e-ISSN 2685-0893    

-------------------------------------------------------------------------