Analisis Pengalaman Pengguna Pada Website Distro Management System (Dimans)
Abstract
ABSTRAK Distro merupakan usaha bidang fashion yang diminati oleh para kaum muda yang mengandalkan kemampuan berwirausaha serta mampu meningkatkan nilai kreatifitas. Usaha distro atau clothing tak luput dari penggunaan sistem manajemen berupa tampilan dashboard. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa sistem manajemen distro atau clothing yang memiliki karakteristik dan proses bisnis dalam memudahkan pengguna dari sisi kegunaan juga pengalaman pengguna dengan menggunakan media situs Dimans. Terdapat metode analisis yang digunakan dalam analisis pengalaman pengguna situs ini, yaitu analisis secara subjektif dengan menyebarkan kuesioner User Experience Questionnaire (UEQ) yang memiliki 6 aspek yaitu: daya tarik, efisiensi, kejelasan, ketepatan, stimulasi dan kebaruan kepada 22 responden. Responden merupakan pemilik distro, yang belum pernah mengoperasikan situs ini. Hasil menunjukkan pada penelitian subjektif responden memberikan impresi yang cenderung positif dengan nilai rata-rata yang mencapai impresi sangat baik (excellent). Katakunci: Distro, Dashboard, User Experience, UEQ.
ABSTRACT Distro is a business that is in fashion demand by young people who rely on entrepreneurial skills and are able to increase creative values. Distro or clothing business does not escape the use of a management system in the form of a dashboard display. This study aims to uncover distro or clothing management systems that have characteristics and processes in facilitating users in terms of usability and user experience by using Dimans media sites. Contains the method of analysis used by website users, namely an objective analysis by user experience questionnaire. (UEQ) which has 6 aspects: attractiveness, efficiency, perspicuity, dependability, stimulation and novelty towards 38 respondents. Respondents are distro owners, clothing owners, and staff distro who have never been on this website. The results of the research respondents provide an impression that is looking for information with an average that reaches the impression very good (excellent). Keywords: Distro, Dashboard, User Experience, UEQ
References
Anonim, (2016). Usability.gov. https://www.usability.gov/what-and-why/user-experience. html. Diakses pada 20 Juni 2018
ISO FDIS 9241-210, (2009). Ergonomics of human system interaction, in Human-centered design for interactive systems (formerly known as 13407, Switzerland.
B. H. Laugwitz, Schrepp and Martin, (2008). Construction and Evaluation of a User Experience Questionnaire, USAB, 63-76.
M. Rauschenberger, M. Schrepp, M. P. Cota, . J. Thomaschewski and S. Olschner, (2013). Efficient Measurement of The User Experience of Interactive Products, How To use the user experience Questionnaire, UEQ, 2(1), 39-45.
W. Kusnawati, R. I. Rokhmawati and A. Rachmadi, (2018). Analisis Pengalaman Pengguna pada Website E-Commerce (Studi pada klikindomaret.com dan alfacart.com), Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(9), 3287-3292.
S. V. Izaba, I. Aknuranda and H. M. Az-Zahra, (2018). Evaluasi dan Perbaikan User Experience Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) dan Focus Group Discussion (FGD) pada Situs Web FILKOM Apps Mahasiswa, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(9), 3224-3232.
G. Virginia, N. A. Santoso and B. Susanto, (2017). Evaluation Interface Design to Build User Experience on SInTA Service Christian Duta Wacana University Yogyakarta, TRANSFORMATIKA, 15(1), 26 - 35.
A. Sularsa and A. S. Prihatmanto, (2015). Evaluasi User Experiences Produk iDigital Museum dengan Menggunakan UEQ, Jurnal Teknologi Informasi, 2(2), 56-62.
A. Sularsa and S. A. Prihatmanto, (2015). Evaluasi User Experiences Produk iDigital Museum dengan Menggunakan UEQ, Jurnal Teknologi Informasi, 2(2) 56-62.
M. Schrepp, A. Hinderks and J. Thomaschewski, (2017). Design and Evaluation of a Short Version of the User Experience Questionnaire, International Journal of Interactive Multimedia and Artificial Intelligence, 4(6), 03-108.
H. B. Santoso, M. Schrepp, R. Y. Isal, A. Y. Utomo and B. Priyogi, (2016). User Experience Questionnaire: Development of an Indonesian, The Journal of Educators, 13(1), 58-79.
B. Laugwitz, M. Schrepp and H. Theo, (2006). The influence of hedonic quality on the attractiveness of user interfaces of business management software, Interacting with Computers, 18, 1055-1069.
N. A. Santoso and dkk, (2017). Evaluation Interface Design to Build User Experience on SInTA Service Christian Duta Wacana University Yogyakarta, TRANSFORMATIKA, 15(1), 26 - 37.
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.