Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Materi Mikrokontroler Mata Pelajaran Informatika di SMA Negeri 9 Malang
Abstract
Informatics, previously known as ICT subjects in high schools, includes material about microcontrollers, especially on the topic of single board computers (SBC) or electronic kits, which are part of the learning outcomes of the Computer System element (SK) in phase F. The limitation of microcontroller components is often an obstacle in learning, especially in terms of introducing and identifying basic microcontroller components. This research aims to develop an Android-based Microcontroller Augmented Reality (AR) learning media application using the ADDIE method (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The results of the media expert validation test showed a score of 48/60 (80%, Worthy category), material experts 51/60 (85%, Very Worthy category), and user response tests with 29 respondents obtained an average score of 67/80 (84%, Very Worthy category). Based on these results, the AR Microcontroller application is feasible to use as a learning media for microcontroller material in Informatics subjects.
Keyword: Augmented Reality; Learning Media; AADIE; Microcontroller
Abstrak
Informatika, yang sebelumnya dikenal sebagai mata pelajaran TIK di sekolah menengah atas, mencakup materi tentang mikrokontroler, khususnya pada topik single board computer (SBC) atau kit elektronika, yang merupakan bagian dari capaian pembelajaran elemen Sistem Komputer (SK) pada fase F. Keterbatasan komponen mikrokontroler sering menjadi hambatan dalam pembelajaran, terutama dalam hal pengenalan dan identifikasi komponen dasar mikrokontroler. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi media pembelajaran Augmented Reality (AR) Mikrokontroler berbasis Android menggunakan metode ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Hasil uji validasi ahli media menunjukkan skor 48/60 (80%, kategori Layak), ahli materi 51/60 (85%, kategori Sangat Layak), dan uji respon pengguna dengan 29 responden memperoleh skor rata-rata 67/80 (84%, kategori Sangat Layak). Berdasarkan hasil tersebut, aplikasi AR Mikrokontroler layak digunakan sebagai media pembelajaran materi mikrokontroler dalam mata pelajaran Informatika.
Keywords
References
R. Rejeki, M. F. Adnan, and P. S. Siregar, “Pemanfaatan Media Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 4, no. 2, pp. 337–343, 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i2.351.
H. Yusup, A, A. Azizah, S. Reejeki, Endang, and S. Meliza, “Literature Review: Peran Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Dalam Media Sosial,” JPI J. Pendidik. Indones., vol. 2, no. 5, pp. 1–13, 2023, doi: 10.59818/jpi.v3i5.575.
G. Sanhaji, I. Pratama Putra, and I. Abdul Rojak, “Rancang Bangun Sistem Monitoring Kebocoran Gas, Suhu, dan Kelembapan pada Dapur Berbasis Internet of Things Menggunakan Mikrokontroler Wemos D1 Mini,” Ranah Res. J. Multidiscip. Res. Dev., vol. 5, no. 4, pp. 335–343, 2023, doi: 10.38035/rrj.v5i4.785.
G. Septian, R. Mardiati, and M. R. Effendi, “Perancangan Sistem Deteksi Gas Karbon Monoksida Berbasis Mikrokontroler Arduino pada Kendaraan Roda Empat,” Semin. Nas. Tek. Elektro 2019, no. November 2019, pp. 569–575, 2019.
R. Samad, S. Syarif, R. Syam, A. -, A. Setiawan, and S. AlQadri, “Robot Penggerak Dua Roda Sebagai Media Pembelajaran Robotik bagi Siswa SMA 05 Barru,” J. TEPAT Appl. Technol. J. Community Engagem. Serv., vol. 2, no. 2, pp. 120–128, 2019, doi: 10.25042/jurnal_tepat.v2i2.85.
A. Tohir, F. Handayani, R. Sulistiana, V. Wiliyanti, T. Arifianto, and L. Husnita, “Augmented Reality dalam Proses Pemahaman Pembelajaran,” J. Rev. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 7, no. 3, p. 8, 2024.
M. Dicky Juliansyach, “Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Hewan Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android,” SIBATIK J. J. Ilm. Bid. Sos. Ekon. Budaya, Teknol. dan Pendidik., vol. 2, no. 4, pp. 1155–1166, 2023, doi: 10.54443/sibatik.v2i4.753.
C. Atikah, I. Rusdiyani, and R. Ridela, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Tema Binatang Purba Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Kelompok B (5-6) Tahun di TK Tunas Insan Kamil Kota Serang,” JEA (Jurnal Edukasi AUD), vol. 9, no. 2, pp. 89–101, 2023, doi: 10.18592/jea.v9i2.9326.
M. A. Febriza, Q. J. Adrian, and A. Sucipto, “Penerapan Ar Dalam Media Pembelajaran Klasifikasi Bakteri,” J. BIOEDUIN Progr. Stud. Pendidik. Biol., vol. 11, no. 1, pp. 10–18, 2021, doi: 10.15575/bioeduin.v11i1.12076.
R. Mauludin, A. S. Sukamto, and H. Muhardi, “Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Pencernaan pada Manusia dalam Mata Pelajaran Biologi,” J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 3, no. 2, p. 117, 2017, doi: 10.26418/jp.v3i2.22676.
T. Kurniawati, I. Ratna Ermawaty, and M. N. Hidayat, “Media Pembelajaran Pada Materi Fluida Dengan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android Untuk Siswa SMA,” Pros. Semin. Nas. Fis. Festiv., no. November 2019, pp. 168–173, 2019
.
G. Galindra, F. Adnan, and J. A. Putra, “Pengembangan Game Visual Novel Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode ADDIE,” INFORMAL Informatics J., vol. 8, no. 1, p. 76, 2023, doi: 10.19184/isj.v8i1.31540.
H. Satriawati and Haryanto, “Pengembangan E-Modul Interaktif Sebagai Sumber Belajar Elektronika Dasar,” Progr. Stud. Pendidik. Tek. Mekatronika, vol. 6, no. 3, pp. 188–196, 2016.
D. A. Putri, D. M. Irianto, Y. F. Furnamasari, P. Indonesia, J. P. No, and C. Wetan, “Pengembangan Media Pembelajaran Google Sites Berbasis Aplikasi pada Mata Pelajaran PPKn Materi Hak dan Kewajiban Kelas V Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 8, pp. 11381–11391, 2024, [Online]. Available: https://jptam.org/index.php/jptam/ article/view/14091
Sugiarso, “Penerapan Teknologi AugmentedReality Dalam Menyajikan MateriPembelajaran Untuk MeningkatkanMinat Belajar Siswa,” J. Rev. Pendidik. dan Pengajaran7, vol. 7, no. 2, pp. 4999–5004, 2024.
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.