Penerapan Metode RAD Dalam Pengembangan Sistem pemesanan Berbasis Mobile di Toko Hurip

Denta Kurnia Ramadhani(1*),Suyud Widiono(2)
(1) Universitas Teknologi Yogyakarta
(2) Universitas Teknologi Yogyakarta
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v13i3.2329

Abstract

Service ineffectiveness and long queues at Toko Hurip cause customers inconvenience in shopping for daily necessities. This research aims to develop a mobile-based ordering system to improve operational efficiency and customer satisfaction. System development uses the Rapid Application Development (RAD) method which is an adaptation of the waterfall model with a short and fast system design cycle. The system is implemented using a mobile commerce approach that allows customers to place orders online by presenting service information, price descriptions, and catalogs of goods. Blackbox testing was conducted to validate the suitability of system functions with user requirements. The implementation results show that the system successfully automates the ordering process, eliminates physical queues, and increases market reach through a digital platform that can be accessed anytime and anywhere.

Keywords: Application; Goods Ordering; E-commerce; Rapid Application Development; Mobile;

 

Abstrak

Ketidakefektifan pelayanan dan antrian panjang di Toko Hurip menimbulkan ketidaknyamanan pelanggan dalam berbelanja kebutuhan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem pemesanan barang berbasis mobile untuk meningkatkan efisiensi operasional dan kepuasan pelanggan. Pengembangan sistem menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) yang merupakan adaptasi dari model waterfall dengan siklus perancangan sistem yang singkat dan cepat. Sistem diimplementasikan menggunakan pendekatan mobile commerce yang memungkinkan pelanggan melakukan pemesanan secara online dengan menyajikan informasi layanan, keterangan harga, dan katalog barang. Pengujian Blackbox dilakukan untuk memvalidasi kesesuaian fungsi sistem dengan kebutuhan pengguna. Hasil implementasi menunjukkan sistem berhasil mengotomatisasi proses pemesanan, mengeliminasi antrian fisik, dan meningkatkan jangkauan pasar melalui platform digital yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun.

Kata kunci: Aplikasi; Pemesanan Barang; E-commerce; Rapid Application Development; Mobile;

Keywords


Aplikasi; Pemesanan Barang; E-commerce; Rapid Application Development; Mobile;

References


A. Irawan, R. Sutomo, and M. J. Kummendong, “Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Online Menggunakan Metode RAD Pada UMKM Utama Sport,” Informatika, vol. 7, no. 2, pp. 2013–2015, 2021.

N. Kholifatun, “Analisis Perilaku Konsumen Dalam Memilih Tempat Belanja (Studi Kasus Minimarket Dan Toko Kelontong Di Kelurahan Kali Rungkut Kecamatan Rungkut Kota Surabaya),” J. Inov. Penelit., vol. 1, no. 3, pp. 1281–1288, 2020.

C. I. Agustyaningrum, M. Haris, R. Aryanti, and T. Misriati, “Online Shopper Intention Analysis Using Conventional Machine Learning and Deep Neural Network Classification Algorithm,” Jppi, vol. 11, no. 1, pp. 89–100, 2021, doi: 10.17933/jppi.2021.110106.

Rivaldo Pradana Putra, “Rancang Bangun Sistem Informasi Reservasi Berbasis Web (Studi Kasus: Cafe Sentani Garden Madiun),” Jural Ris. Rumpun Ilmu Tek., vol. 2, no. 1, pp. 145–155, 2023, doi: 10.55606/jurritek.v2i1.939.

D. Susanti and E. Elmiyati, “Perancangan Website Media Informasi dan Pemesanan pada PT. Trita Musi Prasada dengan Metode RAD,” MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa Komput., vol. 20, no. 1, pp. 35–46, 2020, doi: 10.30812/matrik.v20i1.723.

A. R. Fitrianto, E. R. Amaliyah, S. Safitri, D. Setyawan, and M. K. Arinda, “Pendampingan dan Sosialisasi pada Usaha Toko Kelontong dengan Metode ABCD (Asset Based Community Development) Sebagai Upaya Pemberdayaan Ekonomi dan Peningkatan Literasi Usaha Toko Kelontong,” J. Abdidas, vol. 1, no. 6, pp. 579–591, 2020, doi: 10.31004/abdidas.v1i6.120.

J. D. Rahardjo, R. Tullah, and H. Setiana, “Sistem Informasi Pemesanan Dan Pembelian Tiket Bus Online Berbasis Web Pada P.O. Budiman,” J. Sisfotek Glob., vol. 9, no. 2, pp. 120–125, 2019, doi: 10.38101/sisfotek.v9i2.259.

M. Mansur and S. A. Azzahra, “Penerapan Merode Rapid Application Development (RAD) Dalam Perancangan Sistem Penjualan Online di Toko Elektronik 85,” Informatics Digit. Expert, vol. 2, pp. 81–87, 2022.

Z. R. K. Rizal, Y. Alkhalifi, F. W. Fibriany, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pemesanan Jasa Event Organizer Berbasis Website Menggunakan Metode RAD,” J. Tek. Komput. AMIK BSI, vol. 8, no. 1, 2022, doi: 10.31294/jktv4i2.

R. Kaban, S. R. Danur, and R. Zuliaty, “Penerapan Metode Rapid Application Development (RAD) dalam Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web,” J. Inform. dan Peranc. Sist., vol. 4, no. 2, pp. 1–7, 2022.

M. A. R. Sikumbang, R. Habibi, and S. F. Pane, “Sistem Informasi Absensi Pegawai Menggunakan Metode RAD dan Metode LBS Pada Koordinat Absensi,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 4, no. 1, p. 59, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i1.1445.

A. R. Ramdhani and H. Satriyawan, “Perancangan Website Layanan Pemesanan Venue Sport Center Menggunakan Metode Rad (Rapid Application Development),” J. Inf. Syst. Manag. Digit. Bus., vol. 1, no. 2, pp. 133–145, 2024.

F. Octavian Pradana and E. Sutisna, “OKTAL : Jurnal Ilmu Komputer dan Science Perancangan Sistem Informasi Penjualan pada One Mebel Menggunakan A Rapid Application Development (RAD) Berbasis Web,” J. Ilmu Komput. dan Sci., vol. 1, no. 10, pp. 1638–1648, 2022.

R. T. Aldisa, “Penerapan Metode RAD (Rapid Application Development) Pada Sistem Informasi Promosi dan Pemesanan Makanan Berbasis Website Studi Kasus Restoran Waroenk Anak Kuliahan,” Build. Informatics, Technol. Sci., vol. 3, no. 3, pp. 446–452, 2021, doi: 10.47065/bits.v3i3.1137.

R. Haerani and Haviza, “Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Menu Kuliner Berbasis Android,” JSiI (Jurnal Sist. Informasi), vol. 9, no. 1, pp. 70–76, 2022, doi: 10.30656/jsii.v9i1.4453.

Y. Alkhalifi, W. Gata, A. Prasetya, and I. Budiawan, “Analisis Sentimen Penghapusan Ujian Nasional pada Twitter Menggunakan Support Vector Machine dan Naïve Bayes berbasis Particle Swarm Optimization,” J. CoreIT J. Has. Penelit. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 6, no. 2, pp. 71-81, 2020, doi: 10.24014/coreit.v6i2.9723.

S. Fathimah, F. Fitriyadi, & M.H. Ali, "Model Aplikasi Pengaduan Gangguan Kerusakan Pelanggan Pada Kantor Pelayanan PT. PLN (Persero)". Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 12, no. 2, pp. 683-695, 2023.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: File PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.