Pemilihan Minat Topik Tugas Akhir Menggunakan Metode Fuzzy C-Means

Yulia Yudihartanti, Sudiyanur Hidayatullah

Abstract


Penentuan topik Tugas Akhir yang tepat mendukung kelancaran bagi mahasiswa untuk menyelesaikan studi perkuliahan sarjananya. Belum mengetahui topik Tugas Akhir apa yang harus dipilih merupakan masalah yang sering dialami mahasiswa. Mahasiswa kesulitan menentukan topik Tugas Akhir apa yang harus dipilih. Dalam merekomendasikan topik Tugas Akhir perlu adanya metode yang bisa membantu dalam
menghasilkan rekomendasi tersebut. Salah satunya dengan metode Fuzzy C-Means (FCM) yang dimana setiap anggota mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi bagian cluster cluster yang nantinya akan ditentukan dengan melihat derajat keanggotaan per cluster, sehingga akan terlihat anggota tersebut akan condong masuk ke cluster tertentu. Cluster
cluster tersebut adalah topik Tugas Akhirnya. Kemudian dari hasil teori tersebut, akan diimplementasikan ke sebuah aplikasi web. Pada tahap pengujian program, yaitu whitebox, blackbox, serta didukung dengan kuisioner dan uji implementasi, berhasil menemukan kesimpulan bahwa pemilihan peminatan topik Tugas Akhir menggunakan Fuzzy C-Means dapat membantu mahasiswa dalam menentukan topik Tugas Akhir yang bisa dipilih.


Kata kunci: Rekomendasi, Pemilihan peminatan topik Tugas Akhir, Fuzzy C-Means, FCM


Full Text:

PDF

References


Samuel, L., Meiliayana, & William, S., Penerapan Logika Fuzzy DalamPengambilan Keputusan untuk Jalur Peminatan Mahasiswa. 2009.

Sumanto, Penerapan Fuzzy C-Means (FCM) Dalam Pemilihan Peminatan Tugas Akhir Mahasiswa. STMIK Nusa Mandiri. Jakarta: STMIK Nusa Mandiri. 2010.

Kusumadewi, S., & Purnomo, H., Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

p-ISSN 2089-3787

e-ISSN 2685-0893    

-------------------------------------------------------------------------