Optimalisasi Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Peprustakan Umum Kabupaten Deli Serdang

Agustina Saragih(1*),Irwansyah Irwansyah(2)
(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v13i2.2254

Abstract

Instagram, as a social media platform is a digital tool that facilitates users to share, interact, and connect with others online. Instagram is known as a mobile application where users can publish photos and videos with additional text, and allows other users to like, comment, and engage in interaction on each post. Utilizing Instagram social media as a medium for library promotion is a step that libraries can take in the midst of increasingly rapid technological developments. By optimizing promotion through Instagram social media, the library is expected to provide information that is fast and easy to know. This research uses a qualitative method with a descriptive approach. The data collection technique was carried out by observation, interview and documentation. The purpose of this research is to provide an optimization strategy for Instagram social media as a means of promoting the public library of deli serdang district.

Keywords: Instagram; Social Media; Library Promotion

 

Abstrak

Instagram, sebagai platform media sosial adalah sebuah alat digital yang memfasilitasi pengguna untuk berbagi, berintraksi, dan terhubung dengan orang lain secara daring. instagram di kenal sebagai aplikasi mobile di mana pengguna dapat mempublikasikan foto dan video dengan tambahan teks, serta memungkinkan pengguna lain untuk memberikan like memberikan komentar, dan terlibat dalam intraksi pada setiap postingan. Memanfaatkan media sosial instagram sebagai media promosi perpustakaan merupakan langkah yang dapat di lakukan perpustakaan di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat. Dengan mengoptimalkan promosi melalui media sosial Instagram perpustakaan diharapkan dapat memberikan informasi yang cepat dan mudah untuk diketahui. Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskripti.f. Teknik pengumpulan data nya dilakukan dengan observasi, wawancara serta dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberi strategi optimalisasi media sosial Instagram sebagai sarana promosi perpustakaan umum kabupaten deli serdang.

 

Keywords


Media Sosial; Instagram; Promosi Perpustakaan

References


Nadhifa Fitri Utami & Nova Yulianti. (2022). “Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Media Informasi”. Bandung Conference Series : Public Relations.

Nuning Kurniasih. (2016). “Optimalisasi Penggunaan Media Sosial untuk Perpustakaan”.UNPAD.

Akhy Abdul Latif. (2022). “Rancangan penerapan strategi promosi melalui instagram di perpustakaan (Action Research Tentang Strategi Promosi Perpustakaan melalui Instagram di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Tasikmalaya”. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin.

Putri Wijayanti & Joko Wasisto. (2024). “Evaluasi Pemanfaatan Instagram @perpustakaanprovjateng sebagai Media Promosi Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah”. ANUVA.

Serly Maretno & Marlini. (2021). “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Perpustakaan”. Baitul ‘Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi.

Yovita Melamanda & Yona Primadesi. (2022). “ Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial Instagram Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Lima Puluh Kota”. Info Bibliotheca : Jurnal Perpustakaan Dan Ilmu Informasi.

Sandy, wahyu kurnia & edy mulyantomo. (2021). “analisis minat kunjung pemustaka di dinas arsip dan perpustakaan daerah kota semarang”. Information science and libray.

Cantika Tasti Oktarisa (2023). “Penggunaan Instagram Sebagai Media Promosi Perpustakaan Universitas Gadjah Mada”. Jimr: Journal Of International Multidiciplinary Research, Volume 2 Nomor 02. Desember 2023.

Diva Thea Theodora Ismail (2021). “Analisis Elemen AIDA Pada Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Perpustakaan di Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bandung”. Palimpsest: Journal of Information and Library Science Vol 12, Issue 1, 2021, page 37-47.

Sarah Wulan Dari1 & Sri Rohyanti Zulaikha (2023). “Pengaruh promosi perpustakaan melalui media sosial instagram terhadap minat kunjung pemustaka di Perpustakaan Universitas Mercu Buana Yogyakarta”. Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, Vol. 5 No.1 Juni.

Alfina Maharan. (2022). “Faktor Pendorong Minat Kunjungan Mahasiswa Terhadap Perpustakaan Nasional”. Bibliotika: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi Volume 6 Nomor 2, Tahun 2022, Hal 179-190.

Nasrullah R. (2017) Media sosial: Perspektif, budaya dan sosio teknologi Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Amara Derlika & Saepudin E (2019). Kegiatan promosi perpustakaan melalui Instagram kaitannya dengan perubahan sikap followers Jurnal Pustaka Budaya, 6(2): 12-21. [Accessed 14 Januari 2021]. DOI: 10.31849/pb.v6i2.3183.

Sandy, Wahyu Kurnia, and Edy Mulyantomo. (2021). “Analisis Minat Kunjung Pemustaka Di Dinas Arsip Dan Perpustakaan Daerah Kota Semarang.” Information Science and Library 2 (1): 29–36. https://journals.usm.ac.id/index.php/jisl/article/view/3203.

Tousignant, M., & Hamel, A. (2021). A content analysis of academic libraries' Instagram posts: Communicating values and identity. Journal of Librarianship and Information Science, 53(1), 92-103.

Zhang, C., & Zhang, L. (2020). Social media marketing in university libraries: A case study of Sina Weibo and WeChat in China. Library Management, 41(8/9), 575-587.

Al-Samarraie, H., Ghazal, S., & Alzahrani, A. I. (2020). Instagram as a social media platform for libraries: A bibliometric analysis. The Electronic Library, 38(1), 104-120.

Kaliisa, R., & Ikoja-Odongo, R. (2019). Social media use for information sharing in public libraries: A study of selected libraries in Uganda. Library Management, 40(8/9), 611- 624.

Nadhifa Fitri Utami & Nova Yulianti. (2022). “Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Media Informasi”. Bandung Conference Series : Public Relations.

Nuning Kurniasih. (2016). “Optimalisasi Penggunaan Media Sosial untuk Perpustakaan”.UNPAD.

Akhy Abdul Latif. (2022). “Rancangan penerapan strategi promosi melalui instagram di perpustakaan (Action Research Tentang Strategi Promosi Perpustakaan melalui Instagram diDinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Tasikmalaya”. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin.

Putri Wijayanti & Joko Wasisto. (2024). “Evaluasi Pemanfaatan Instagram@perpustakaanprovjateng sebagai Media Promosi Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah”. ANUVA.

Serly Maretno & Marlini. (2021). “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Perpustakaan”. Baitul ‘Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi.

Yovita Melamanda & Yona Primadesi. (2022). “ Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial Instagram Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Lima Puluh Kota”. Info Bibliotheca : Jurnal Perpustakaan Dan Ilmu Informasi.

Sandy, wahyu kurnia & edy mulyantomo. (2021). “analisis minat kunjung pemustaka di dinas arsip dan perpustakaan daerah kota semarang”. Information science and libray.

Cantika Tasti Oktarisa (2023). “Penggunaan Instagram Sebagai Media Promosi Perpustakaan Universitas Gadjah Mada”. Jimr: Journal Of International Multidiciplinary Research, Volume 2 Nomor 02. Desember 2023.

Diva Thea Theodora Ismail (2021). “Analisis Elemen AIDA Pada Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Perpustakaan di Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bandung”. Palimpsest: Journal of Information and Library Science Vol 12, Issue 1, 2021, page 37-47.

Sarah Wulan Dari1 & Sri Rohyanti Zulaikha (2023). “Pengaruh promosi perpustakaan melalui media sosial instagram terhadap minat kunjung pemustaka di Perpustakaan Universitas Mercu Buana Yogyakarta”. Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, Vol. 5 No.1 Juni.

Alfina Maharan. (2022). “Faktor Pendorong Minat Kunjungan Mahasiswa Terhadap Perpustakaan Nasional”. Bibliotika: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi Volume 6 Nomor 2, Tahun 2022, Hal 179-190.

Nasrullah R. (2017) Media sosial: Perspektif, budaya dan sosio teknologi Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Amara Derlika & Saepudin E (2019). Kegiatan promosi perpustakaan melalui Instagram kaitannya dengan perubahan sikap followers Jurnal Pustaka Budaya, 6(2): 12-21. [Accessed 14 Januari 2021]. DOI: 10.31849/pb.v6i2.3183.

Sandy, Wahyu Kurnia, and Edy Mulyantomo. (2021). “Analisis Minat Kunjung Pemustaka Di Dinas Arsip Dan Perpustakaan Daerah Kota Semarang.” Information Science and Library 2 (1): 29–36. https://journals.usm.ac.id/index.php/jisl/article/view/3203.

Tousignant, M., & Hamel, A. (2021). A content analysis of academic libraries' Instagram posts: Communicating values and identity. Journal of Librarianship and Information Science, 53(1), 92-103.

Zhang, C., & Zhang, L. (2020). Social media marketing in university libraries: A case study of Sina Weibo and WeChat in China. Library Management, 41(8/9), 575-587.

Al-Samarraie, H., Ghazal, S., & Alzahrani, A. I. (2020). Instagram as a social media platform for libraries: A bibliometric analysis. The Electronic Library, 38(1), 104-120.

Kaliisa, R., & Ikoja-Odongo, R. (2019). Social media use for information sharing in public libraries: A study of selected libraries in Uganda. Library Management, 40(8/9), 611- 624.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: File PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.