Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Reservasi Restoran dan Penyewaan Ruangan Berbasis Mobile

Sherly Rezeki(1),Muhamad Alda(2*)
(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v13i2.2185

Abstract

Lesehan Panembahan Restaurant in Tanjung Pura City faces challenges with ordering food and beverage packages, which are still done via telephone. This leads to order mistakes, simultaneous timing issues, and ineffective and inefficient reporting processes. These problems are primarily due to the use of manual record-keeping with a ledger. This study aimed to develop an Android-based application to simplify the reservation process. The results indicate that the developed restaurant and room reservation management information system can be utilized by both the marketing team and consumers. The application provides features for accessing menu information, rooms, packages, and for making reservations and payments digitally. The marketing team can confirm payments, monitor package information, and manage reservation data summaries based on specific periods. The Rapid Application Development (RAD) method was used in the system development.

Keyword: Management Information System; Restaurant Reservations; Rentals; Rooms; Mobile

 

Abstrak

Restoran Lesehan Panembahan di Kota Tanjung Pura menghadapi masalah dalam Pesanan paket makanan dan minuman yang masih dilakukan melalui telepon sering menyebabkan kesalahan, terjadinya waktu yang tumpang tindih, serta laporan yang tidak dibuat secara efektif dan efisien. Permasalahan ini terutama disebabkan oleh penggunaan media pencatatan manual dengan buku besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi berbasis Android yang mempermudah proses reservasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi manajemen reservasi restoran dan penyewaan ruangan yang dikembangkan dapat digunakan oleh tim marketing dan konsumen. Aplikasi ini menyediakan fitur untuk mengakses informasi menu, ruangan, paket, serta melakukan reservasi dan pembayaran secara digital. Tim marketing dapat mengonfirmasi pembayaran dan memantau informasi paket, serta mengelola rekap data reservasi berdasarkan periode tertentu. Metode Rapid Application Development (RAD) diterapkan dalam pengembangan sistem.

 

Keywords


Sistem Informasi Manajemen; Reservasi Restoran; Penyewaan; Ruangan; Mobile

References


F. K. Sasongko, D. Kristina, and A. Asib, “Non-millennial teachers’ strategies in coping with the online teaching during the COVID-19 pandemic,” Stud. English Lang. Educ., vol. 9, no. 1, pp. 174–186, 2022, doi: 10.24815/siele.v9i1.22139.

M. Alda, “Sistem Informasi Pengolahan Data Kependudukan Pada Kantor Desa Sampean Berbasis Android,” J. MEDIA Inform. BUDIDARMA, vol. 4, no. 1, p. 1, Jan. 2020, doi: 10.30865/mib.v4i1.1716.

T. Webb, J. Ma, and A. Cheng, “Variable Pricing in Restaurant Revenue Management: A Priority Mixed Bundle Strategy,” Cornell Hosp. Q., vol. 64, no. 1, pp. 22–33, Feb. 2023, doi: 10.1177/19389655221102387.

D. Roy, E. Spiliotopoulou, and J. de Vries, “Restaurant analytics: Emerging practice and research opportunities,” Prod. Oper. Manag., vol. 31, no. 10, pp. 3687–3709, Oct. 2022, doi: 10.1111/poms.13809.

N. K. R. Kumala, A. S. Puspaningrum, and S. Setiawansyah, “E-Delivery Makanan Berbasis Mobile (Studi Kasus: Okonomix Kedaton Bandar Lampung),” J. Teknol. Dan Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 105–110, 2020.

P. H. Sutanto, N. Lidwan, W. Ridwan, M. A. Lahat, and M. M. Al Atas, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pemesanan Paket Wisata Berbasis Web (Studi Kasus pada Jams Tour),” Jutisi J. Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 10, no. 1, p. 75, Apr. 2021, doi: 10.35889/jutisi.v10i1.582.

N. L. Mufidah and M. S. Mauluddin, “Sistem Penyewaan Mobil Berbasis Web (Studi Kasus Sastro Rent Car),” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 3, no. 2, p. 131, Oct. 2021, doi: 10.36499/jinrpl.v3i2.4606.

D. A. Nasution and N. Aslami, “Pembentukan Sistem Informasi Kafe/Restoran Dengan Menggunakan Metode Supply Chain Management,” J. Ilm. Bid. Sos. Ekon. Budaya, Teknol. dan Pendidik., vol. 1, no. 8, pp. 1437–1444, 2022, [Online]. Available: https://publish.ojs-indonesia.com/index.php/SIBATIK/article/view/187

Y. Yusuf, S. Fadli, and H. Muarifin, “Pendampingan Pembuatan Laporan Keuangan UMKM (Restoran Ayam Goreng Kampung Banjar),” J. Abdi Masy. Multidisiplin, vol. 1, no. 1, pp. 49–55, 2022, [Online]. Available: http://journal.admi.or.id/index.php/JAMMU/article/view/254

W. R. B. Wijaya, C. C. Widayati, and D. H. Perkasa, “Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Restoran ABC Di Pantai Indah Kapuk),” J. Kewirausahaan dan Multi Telenta, vol. 1, no. 3, pp. 81–91, 2023, doi: doi.org/10.38035/jkmt.v1i3.

W. P. Laksono and M. Fachrie, “Aplikasi Pemesanan Lapangan Futsal Dan Basket Berbasis Android,” Jutisi J. Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 12, no. 3, pp. 1785–1796, 2023, doi: 10.35889/jutisi.v12i3.1661.

P. H. Sutanto, N. Lidwan, W. Ridwan, M. A. Lahat, and M. M. Al Atas, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pemesanan Paket Wisata Berbasis Web (Studi Kasus pada Jams Tour),” Jutisi J. Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 10, no. 1, p. 75, Apr. 2021, doi: 10.35889/jutisi.v10i1.582.

H. H. Muflihin, H. Dhika, and S. Handayani, “Perancangan Sistem Informasi Inventory Pada Toko Rosadah,” Bianglala Inform., vol. 8, no. 2, pp. 91–99, 2020.

R. Y. Simatupang and W. J. Kurniawan, “A Pengukuran Kualitas Pelayanan Menggunakan Metode SERVQUAL Pada Restoran Serbaraso,” J. Sci. Res. Dev., vol. 4, no. 1, pp. 70–87, 2022, doi: 10.56670/jsrd.v4i1.41.

B. N. Saktiadji, N. Faizah, and L. Koryanto, “Aplikasi Pemesanan Lapangan Olahraga Usman Harun Sport Center Berbasis Android dengan Metode First Come First Serve Menggunakan Android Studio dan Firebase,” Comput. J., vol. 1, no. 1, pp. 53–63, Feb. 2023, doi: 10.58477/cj.v1i1.64.

A. F. Bahri, A. Budiman, and N. B. Pamungkas, “Sistem Informasi Manajemen Reservasi Restoran Dan Penyewaan Ruangan Berbasis Mobile (Studi Kasus: Begadang Resto),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 4, pp. 28–33, 2022, doi: doi.org/10.33365/jtsi.v3i4.

I. M. K. Prayoga and I. N. R. Hendrawan, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Reservasi Wanda Homestay Bali Berbasis Web,” J. Pros. Semin. Has. Penelit. Inform. dan Komput., vol. 1, no. 1, pp. 417–422, 2023, [Online]. Available: https://spinter.stikom-bali.ac.id/index.php/spinter/article/view/96

D. A. Sakinah, W. Yusnaeni, and H. Basri, “Sistem Informasi Manajemen dan reservasi Online (SI-RO) Pada Unit Bisnis PT. Gama Multi Yogyakarta,” IMTechno J. Ind. Manag. Technol., vol. 4, no. 1, pp. 31–36, 2023, [Online]. Available: http://eprints.bsi.ac.id/index.php/imtechno/article/view/1697

A. Wirapraja, R. Widiantoro, and J. Jason, “Perancangan dan Simulasi Sistem Informasi Manajemen Reservasi Hotel Berbasis Web Dengan Metode Prototyping,” J. Eksek., vol. 19, no. 1, pp. 50–66, 2022, [Online]. Available: https://www.academia.edu/download/112043474/272.pdf

A. Jantu, E. L. Tatuhey, and J. Lahallo, “Sistem Informasi Manajemen Reservasi Hotel Berbasis Website Pada Hotel Danny,” J. Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 12, no. 3, pp. 1307–1218, 2023, [Online]. Available: http://ojs.stmik-banjarbaru.ac.id/index.php/jutisi/article/view/1463

Y. D. Wijaya, “Penerapan Metode Rapid Application Development (Rad) Dalam Pengembangan Sistem Informasi Data Toko,” J. SITECH Sist. Inf. dan Teknol., vol. 3, no. 2, pp. 95–102, Feb. 2021, doi: 10.24176/sitech.v3i2.5141.

M. Alda, “Sistem Informasi Penjualan Ban Berbasis Android Pada Express Ban,” INTI Nusa Mandiri, vol. 14, no. 2, pp. 153–162, 2020.

F. Musvina, S. Rahmawati, and H. Andrianof, “Implementasi Metode Rapid Application Development (RAD) dalam Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan pada SMPN 22 Padang,” J. Ilm. Sist. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 2, pp. 74–90, Dec. 2022, doi: 10.1016/j.cola.2022.101172.

U. Rusmawan and I. Mulya, “Sistem Informasi Koperasi Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD),” J. Inf. Syst. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 1–10, Jun. 2022, doi: 10.56916/jistec.v1i1.80.

B. N. Saktiadji, N. Faizah, and L. Koryanto, “Aplikasi Pemesanan Lapangan Olahraga Usman Harun Sport Center Berbasis Android dengan Metode First Come First Serve Menggunakan Android Studio dan Firebase,” Comput. J., vol. 1, no. 1, pp. 53–63, Feb. 2023, doi: 10.58477/cj.v1i1.64.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: File PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.