Usability Testing Pada Aplikasi Tije Menggunakan Metode System Usability Scale
Abstract
The TIJE application is a digital platform specifically designed as a means of online access to Transjakarta information through smartphones. Users need to be connected to the internet and download the TIJE app before using it. Identifying errors or issues related to the use of the TIJE app is crucial for evaluating user satisfaction. One technique that can be utilized in usability evaluation is the use of the System Usability Scale (SUS). This research employed a data collection method through questionnaires involving 35 respondents. The test results showed a score of 79.5, which was then interpreted based on three criteria. First, in the Acceptability Range, the score fell within the Acceptable range. Second, on the Grade Scale, the score corresponded to category B. Third, based on the Adjective Rating, the score was classified as Good. A score of 79.5 indicates that refinements to the developed system are still necessary for better acceptance by users.
Keywords: Usability; SUS Method; TIJE Application
Abstrak
Aplikasi TIJE adalah platform digital yang dirancang khusus sebagai sarana akses online informasi Transjakarta melalui perangkat smartphone. Pengguna harus terhubung ke internet dan mengunduh aplikasi TIJE sebelum dapat menggunakannya. Identifikasi kesalahan atau masalah terkait penggunaan aplikasi TIJE sangat penting untuk mengevaluasi kepuasan pengguna. Sebuah teknik yang dapat dimanfaatkan dalam proses evaluasi kegunaan (usability) adalah penerapan System Usability Scale (SUS). Studi ini menggunakan pendekatan pengumpulan data berupa kuesioner yang melibatkan 35 responden dalam penelitiannya. Berdasarkan hasil pengujian, skor 79,5 menunjukkan bahwa dalam Acceptability Range, skor tersebut berada di dalam kategori acceptable. Dalam Skala Grade, skor tersebut tergolong sebagai kategori B. Sedangkan dalam Adjective Ratings, skor tersebut diklasifikasikan sebagai Good. Skor 79,5 menggambarkan bahwa perbaikan pada sistem yang telah dikembangkan masih diperlukan agar dapat diterima dengan baik oleh pengguna.
Keywords
References
A. A. Fauzi dkk., Pemanfaatan Teknologi Informasi Di Berbagai Sektor Pada Masa Society 5.0. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.
I. Akbar dan M. Faisal, “Perbandingan Analisis Sentimen PLN Mobile: Machine Learning vs. Deep Learning,” (JOINTECS) Journal of Information Technology and Computer Science, vol. 8, no. 1, hlm. 01–10, 2024.
N. Ismawati dan P. Irawan, “Era Baru Transportasi Massal,” Jakarta, 2022, [Online]. Tersedia pada: https://jakita.jakarta.go.id/media/download/ind/edisi_12_2022. [Diakses: 16 Juli 2024]
R. Rachmadyaningrum, D. Hariani, dan A. R. Herawati, “Analisis Kualitas Pelayanan Jasa Transjakarta Pada Masa Pandemi,” Journal Of Public Policy And Management Review, vol. 11, no. 2, hlm. 1–22, 2022.
I. A. Kurniawan, “Implementasi Kebijakana Transportasi Publik Bus Transjakarta (Busway) Dalam Rangka Mengurangi Kemacetan,” Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, vol. 9, no. 2, 2019.
“Pertama di Indonesia, Aplikasi Tije Dapat Digunakan Untuk Membeli dan Mentraktir Tiket Menggunakan QR Code Transfer Ke Siapa Saja. Mendukung Pelaksanaan Kebijakan 1 (satu) Kartu 1 (satu) Pelanggan dan Teknologi Tanpa Sentuh,” TJ News, Jakarta, 2 Oktober 2020.
M. R. R. Firdaus dkk., “Analisis Apilkasi (Tije) Transjakarta Dalam Memilih Rute dan Pembayaran,” Jakarta, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jun 2024.
W. Sugiana, M. Widiartha, dan S. Kuta, “Evaluasi Usability Aplikasi Workin dengan Metode SUS (System Usability Scale),” Jurnal Nasional Teknologi Informasi dan Aplikasinya, vol. 1, no. 1, hlm. 509–516, 2022.
J. Brooke, “SUS: A quick and dirty usability scale System Usability Scale View project Fault diagnosis training View project,” [Online]. Tersedia pada: https://www.researchgate.net/publication/228593520. [Diakses: 16 Juli 2024]
M. S. Abadi dan K. Ramanda, “Evaluasi Tingkat Keberhasilan Aplikasi Tije Menggunakan Metode Pieces Framework,” (JTSI) Jurnal Teknologi Sistem Informasi, vol. 5, no. 1, hlm. 24–35, 2024.
T. R. Arahman, “Analisis Usability pada Aplikasi Mobile KAI Access Berdasarkan Pengguna Goal-Directed User dan Experiential User Menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” Jakarta, UIN Syarif Hidayatullah, Des 2022.
L. Maharani, “Evaluasi User Experience pada Aplikasi Pemesanan Tiket Pesawat Traveloka da Tiket.com Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ),” Jakarta, UIN Syarif Hidayatullah, Jan 2022.
F. Galuh Sembodo, G. Fadila Fitriana, dan N. A. Prasetyo, “Evaluasi Usability Website Shopee Menggunakan System Usability Scale (SUS),” Journal of Applied Informatics and Computing (JAIC), vol. 5, no. 2, hlm. 2548–6861, 2021.
A. Fatoni, “Evaluasi Tingkat Kepuasan dan Kepentingan dengan Metode PIECES Framework dan Importance Performance Analysis (IPA) (Studi Kasus: Sistem Informasi Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan (RKAT) Universitas Diponegoro),” Semarang, Universitas Diponegoro, April 2020.
A. D. Ramaditya, “Evaluasi Usability Website Tutormu dengan Metode Heuristik,” Tangerang, Universitas Multimedia Nusantara, Oktober 2021.
M. Al Falafi, R. Aryani, dan U. Khaira, “Penerapan Metode HEART Metrics Pada Aplikasi Bantuan Cepat Daring (ABCD) Universitas Jambi,” Jurnal Ilmiah Media Sisfo, vol. 17, no. 2, hlm. 161–171, 2023.
D. Kevin Chandra, S. Rahman, dan H. Surasa, “Analisis Usability Pada Website Waralabakita Menggunakan Metode System Usability Scale,” Jurnal KHARISMA Tech, vol. 18, no. 02, hlm. 1–11, 2023.
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.