Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Anatomi Tubuh Manusia
Abstract
This study aims to document the implementation method of Augmented Reality in the context of recognizing the anatomy of the human body, analyzing the findings and testing of the system, and conducting media effectiveness in biology learning. This application uses a markerless method which can be used without markers. Augmented Reality systems are capable of presenting interactive and detailed 3D models and facilitating independent learning. So that it can increase students' interest in learning motivation, and increase understanding of human body anatomy material. This study concludes that the implementation of Augmented Reality as a medium of introduction to the anatomy of the human body becomes an effective and interesting alternative in education, helping students gain a better understanding and motivating them to learn actively.
Keyword: Learning; Human Body Anatomy; Augmented Reality
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendokumentasikan metode implementasi Augmented Reality dalam konteks pengenalan anatomi tubuh manusia, menganalisis hasil temuan dan pengujian sistem, serta melakukan ke-efektifan media dalam pembelajaran biologi. Aplikasi ini menggunakan metode markerless yang dimana dapat digunakan tanpa marker. Sistem Augmented Reality mampu menyajikan model 3D yang interaktif dan detail serta memfasilitasi pembelajaran mandiri. Sehingga dapat meningkatkan minat motivasi belajar siswa, dan meningkatkan pemahaman materi anatomi tubuh manusia. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa implementasi Augmented Reality sebagai media pengenalan anatomi tubuh manusia menjadi alternatif yang efektif dan menarik dalam pendidikan, membantu siswa memperoleh pemahaman yang lebih baik dan memotivasi mereka untuk belajar secara aktif.
Keywords
References
I. M. O. Widyantara, D. M. Wiharta, and P. Widiadnyana, “Implementasi Aplikasi Mobile Augmented Reality Untuk Pengenalan Materi Bangun Ruang,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 9, no. 2, pp. 313-322, 2022, doi: 10.25126/jtiik.2022925032.
I. N. A. T. Ginarsa, I. K. G. D. Putra, and I. M. S. Putra, “Aplikasi Mobile Augmented Reality Cerita Bali:Lubdaka AR,” JITTER J. Ilm. Teknol. dan Komput., vol. 3, no. 1, pp. 951-961, 2022, [Online]. Available: https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/article/view/ 84716.
S. Rahayu, D. Tresnawati, and F. Haiqal, “Aplikasi Indoor Navigation Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Mobile,” J. Algoritm., vol. 19, no. 1, pp. 110–120, 2022, doi: 10.33364/algoritma/v.19-1.1010.
A.Ismiati and W.Lestari, “Analisis Kebutuhan Penerapan Media Pembelajaran Aplikasi Magic Card Augmented Reality Pada Gerak Dasar Tari Sunda,” Gesture J. Seni Tari, vol. 11, no. 2, pp. 102-111, 2022, doi: 10.24114/gest.v11i2.35327.
H. N. Suratman, “Aplikasi Mobile Pengenalan Hewan Bagi Siswa SD dengan Augmented Reality,” JSTIE (Jurnal Sarj. Tek. Inform., vol. 9, no. 3, pp. 131–141, 2021, doi: 10.12928/jstie.v9i3.21872.
E. Satryawati, A. A. Rohim, and A. Sopian, “Aplikasi Pembelajaran Sistem Gerak Manusia Dengan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android,” Jeis J. Elektro Dan Inform. Swadharma, vol. 2, no. 2, pp. 70–80, 2022, doi: 10.56486/jeis.vol2no2.233.
A. G. Jondya, D. P. Saputro, and L. C. Sungkharisma, “Pengembangan Aplikasi Augmented Reality ‘e-Museum’ dengan Metode Agile untuk Meningkatkan Pengalaman Pengunjung Museum,” J. Inf. Syst. Res., vol. 3, no. 4, pp. 483–489, 2022, doi: 10.47065/josh.v3i4.1746.
P. Suparman and R. Rojacky, “Aplikasi Media Pembelajaran Organ Vital Tubuh Manusia Berbasis Augmented Reality Di Madrasah Iftidaiyah Miftahuddiniyah Cabangbungin Bekasi,” J. Inform. SIMANTIK, vol. 5, no. 1, pp. 8–15, 2020, [Online]. Available: https://www.simantik.panca-sakti.ac.id/index.php/Simantik/article/view/92.
Z. Surya, D. Putra, and C. Taurusta, “Penerapan Augmented Reality Pada Alat Musik Kesenian Reog Ponorogo Berbasis Android,” Semin. Nas. Inov. Teknol. UN PGRI Kediri, pp. 52–57, 2022.
A. R. Saputra, H. Tolle, and M. A. Akbar, “Pengembangan media pembelajaran untuk pengenalan sistem pencernaan manusia menggunakan teknologi augmented reality,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 7, pp. 7006–7013, 2019.
A. Latif and S. H. D. Loppies, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Aplikasi Pembelajaran Anatomi Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama Berbasis Android (Studi Kasus: Smp Muhammadiyah Merauke,” Mustek Anim Ha, vol. 8, no. 2, pp. 141–147, 2019, doi: 10.35724/mustek.v8i2.2676.
F. R. Pradhana, T. Harmini, and ..., “Media Pembelajaran Anatomi Fisiologi Paru Paru-Paru Berbasis Virtual Reality (Vr),” … Nas. Lppm Ump, vol. 4, pp. 211–218, 2023, [Online]. Available: https://semnaslppm.ump.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/376%0Ahttps://semnaslppm.ump.ac.id/index.php/semnaslppm/article/viewFile/376/365.
E. Satria, S. Rahayu, and J. Jubaedi, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Anatomi Tubuh pada Manusia Berbasis Android,” J. Algoritm., vol. 18, no. 1, pp. 69–76, 2021, doi: 10.33364/algoritma/v.18-1.839.
F. Gianadevi, Elviana, and R. Napitupulu, “Media Pembelajaran Anatomi Tubuh Manusia Berbasis Augmented Reality,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 6, pp. 8497–8507, 2022.
S. Aji, E. T. Tosida, and A. Maesya, “Integrasi Simulasi Dalam Augmented Reality Pada Sistem Pernapasan Manusia,” Komputasi J. Ilm. Ilmu Komput. dan Mat., vol. 16, no. 1, pp. 213–226, 2019, doi: 10.33751/komputasi.v16i1.1592.
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.