Rancang Ulang UI/UX Aplikasi Giwang Sumsel Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking
Abstract
The Giwang Sumsel application was launched in 2021 by the South Sumatra Provincial Department of Culture and Tourism to provide information and services to the community and assist visitors to South Sumatra. By 2023, the app had been downloaded 757 times in Indonesia. A user satisfaction survey involving 100 respondents revealed several issues, such as the absence of features for food, hotel, or tourism ticket bookings, as well as a lack of account registration features. To address these issues, UI/UX redesign research was conducted using the design thinking method, comprising 5 stages: empathize, define, imagine, prototype, and test. The research resulted in a prototype and usability testing using maze design, with a click error rate below 50%, which is 28%, and over 50% of respondents completing scenarios correctly, which is 92.3%. Additionally, testing using the System Usability Scale yielded a score of 80.225, categorizing it as acceptable for user utilization.
Kata kunci: Design thinking; Redesign; User interface; User experience; Giwang Sumsel
Abstrak
Aplikasi Giwang Sumsel dirilis pada tahun 2021 oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan untuk memberikan informasi dan pelayanan kepada masyarakat serta membantu pengunjung yang datang ke Sumatera Selatan. Hingga tahun 2023, aplikasi ini telah diunduh 757 kali di Indonesia. Dalam penelitian ini, dilakukan survei kepuasan pengguna melibatkan 100 responden. Hasil survei mengungkapkan beberapa permasalahan seperti tidak ada fitur pemesanan makanan, hotel, atau tiket wisata, tidak ada fitur daftar akun. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dilakukan penelitian rancang ulang UI/UX menggunakan metode design thinking yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Hasil penelitian berupa prototype dan hasil usability testing menggunakan maze design dengan tingkat kesalahan klik di bawah 50% yaitu 28% dan jumlah responden yang menyelesaikan skenario sesuai jalur lebih dari 50% yaitu 92,3%, serta pengujian menggunakan System Usability Scale mendapat nilai 80.225. Berdasarkan skala penilaian SUS, sistem termasuk dalam masuk kategori acceptable atau layak digunakan oleh pengguna.
Keywords
References
S. T. Putri and Fatmasari, “Analisis Penerimaan Teknologi Aplikasi Giwang Sumsel Menggunakan Metode TAM,” Bina Darma Conference on Computer Science, vol. 4, no. 3, pp. 568–592, Nov. 2022.
P. Kurniawan and S. Rani, “Perancangan Desain UI/UX Aplikasi PeduliPanti Menggunakan Metode Human-Centered Design,” Automata, vol. 3, no. 2, pp. 1–8, Aug. 2022.
D. Aryani, P. M. Akhirianto, F. Husnah, and P. Setiawati, “Implementasi Metode Design Thinking Pada Desain User Interface (UI) Dan User Experience (UX) Website Education Marketplace,” Jurnal Ilmu Komputer, vol. 6, no. 2, pp. 75–82, 2021, [Online]. Available: https://www.ekon.go.id/
F. C. Wardana and I. G. L. P. E. Prismana, “Perancangan Ulang UI & UX Menggunakan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Siakadu Mahasiswa Berbasis Mobile,” JEISBI, vol. 03, no. 04, pp. 1–12, 2022.
A. M. Azisz and W. A. Kusuma, “Perancangan User Interface & User Experience Aplikasi TipsnTrip Menggunakan Metode Design Thinking,” Jurnal Infortech, vol. 5, no. 2, pp. 225–232, Dec. 2023, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/infortech
I. G. N. D. Paramartha, M. F. E. Adzariatulah, and G. H. Prathama, “Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile Desa Wisata Lombok Tengah Menggunakan Metode Design Thinking,” Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer, vol. 9, no. 3, pp. 299–310, Jan. 2023.
A. Rachman and J. Sutopo, “Perancangan UI/UX Aplikasi Sistem Informasi Pariwisata Kabupaten Jepara Menggunakan Metode Design Thinking,” Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika dan Komunikasi, vol. 5, no. 1, pp. 757–763, Jan. 2024, doi: 10.35870/jimik.v5i1.543.
F. N. Sirait and G. Hanifati, “Analisis User Experience terhadap User Interface Website dengan Design Thinking,” Magenta, vol. 2, no. 2, pp. 971–991, Jul. 2022.
I. P. Sari, A. H. Kartina, A. M. Pratiwi, F. Oktariana, M. F. Nasrulloh, and S. A. Zain, “Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy Class Di Kampus UPI Cibiru,” Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, vol. 2, no. 1, pp. 45–55, Jun. 2020, doi: 10.17509/edsence.v2i1.25131.
F. Renaldo et al., “Perancangan UI/UX Pada Aplikasi Hello Life Dengan Metode Design Thinking,” MDP Student Conference 2022, pp. 273–278, 2022.
D. Sanjaya and T. Ibadi, “Perancangan Desain UI/UX Aplikasi Jual Beli Hasil Pertanian Pasar Tani Ogan Ilir Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking,” KESATRIA : Jurnal Penerapan Sistem Informasi (Komputer & Manajemen), vol. 4, no. 3, pp. 556–565, Jul. 2023.
I. W. Sugiana and I. M. Widiartha, “Evaluasi Usability Aplikasi Workin dengan Metode SUS (System Usability Scale),” Jurnal Nasional Teknologi Informasi dan Aplikasinya, vol. 1, no. 1, pp. 509–516, Nov. 2022.
R. B. Sakti, N. Santoso, and M. T. Ananta, “Pembangunan Sistem lnformasi Manajemen Travel Berbasis Web (Studi Kasus: Travel Lia Jaya Sentosa),” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 5, pp. 4768–4776, May 2019, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
S. Budi, A. Fatkharrofiqi, M. Abdullah, and E. S. Laela, “Pengujian Kegunaan Website E-learning Pada SMK Nurul Islam Cianjur Dengan Menggunakan Skala Sistem Usabilitas,” SITEKIN : Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, vol. 19, no. 1, pp. 35–39, Dec. 2021.
D. P. Kesuma, “Penggunaan Metode System Usability Scale Untuk Mengukur Aspek Usability Pada Media Pembelajaran Daring Di Universitas XYZ,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 8, no. 3, pp. 1615–1626, Sep. 2021, [Online]. Available: http://jurnal.mdp.ac.id
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.