Analisa Manajemen Risiko E-Learning Universitas Dr. Soetomo Surabaya Menggunakan Framework ISO 31000

Muhammad Syaifudin Yusuf(1*),Cempaka Ananggadipa Swastyastu(2),Litafira Syahadianti(3),Ratna Nur Tiara Shanty(4)
(1) Universitas Dr. Soetomo Surabaya
(2) Universitas Dr. Soetomo Surabaya
(3) Universitas Dr. Soetomo Surabaya
(4) Universitas Dr. Soetomo Surabaya
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v13i1.1800

Abstract

There are various challenges and risks that can disrupt the distance learning process using E-learning applications, such as servers easily going down. The research objective is to analyze risks that may occur and threaten online learning systems, and use the ISO 31000 framework to manage these risks. Then this research will use a qualitative approach by collecting data through literature studies and interviews with related parties at Dr. University. Soetomo Surabaya. The collected data will be analyzed using a risk management approach based on ISO 31000. The results of this research analysis get a Risk Priority Number (RPN) value based on the result of multiplying the probability (K) and impact (D) and get the highest value, namely lightning, human error in level High with values of 16 and 15 respectively, then fire, data loss, upload failure, lost network connection, and hardware damage in the Medium level with values of 12,12,12,9 and 8 respectively, and server down in the Low level with values 6.

Keyword: Risk Management; E-Learning; Framework ISO 31000

 

Abstrak

Terdapat berbagai tantangan dan risiko yang dapat mengganggu proses pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi E-learning, seperti server mudah down. Tujuan penelitian untuk menganalisis risiko yang mungkin terjadi dan mengancam sistem pembelajaran online, serta menggunakan kerangka kerja ISO 31000 untuk mengelola risiko tersebut. Kemudian penelitian ini akan menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui studi literatur dan wawancara dengan pihak terkait di Universitas Dr. Soetomo Surabaya. Data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan pendekatan manajemen risiko berdasarkan ISO 31000. Hasil analisis penelitian ini mendapatkan nilai Risk Priority Number (RPN) didasarkan pada hasil perkalian antara kemungkinan (K) dan dampak (D) dan mendapatkan nilai tertinggi yaitu petir, human error dalam level High dengan nilai 16 dan 15 secara berurutan kemudian kebakaran, kehilangan data, gagal upload, koneksi jaringan terputus, dan kerusakan hardware  dalam level Medium dengan nilai 12,12,12,9, dan 8 secara berurutan, serta server down dalam level Low dengan nila 6.

 

Keywords


Majemen Risiko; E-Learning; Framework ISO 31000

References


A. A. Putri and D. I. I. Syafi’i, “Analisis Risiko Teknologi Informasi Menggunakan ISO 31000 (Studi Kasus: Aplikasi J&T Express Indonesia),” Aisyah J. Informatics Electr. Eng., vol. 4, no. 1, pp. 1–9, 2022.

E. Pujiasih, "Membangun generasi emas dengan variasi pembelajaran online di masa pandemi covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, vol. 5, no. 1, pp. 42-48, 2020.

L.D. Herliandry, N. Nurhasanah, M.E. Suban, & H. Kuswanto, "Pembelajaran pada masa pandemi covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 22, no. 1, pp. 65-70, 2020.

M. Fauzi, "Strategi Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 STIT Al-Ibrohimy Bangkalan. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam, vol. 5, no. 2, pp. 120-145, 2020.

D. N. Fitriani, “Pembelajaran E-Learning pada Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan Nasional RI,” 2021. https://pusdiklat.perpusnas.go.id/berita/read/83/ pembelajaran-e-learning-pada-pusat-pendidikan-dan-pelatihan-perpustakaan-nasional-ri

R. Ramadhana, & A. Hadi, "Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis E-Learning Berbantuan LKPD Elektronik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik". Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 4, no. 1, pp. 380-389, 2022.

G. Pamungkas and M. B. T. Atmojo, “ Analisis Manajemen Risiko Teknologi Informasi pada Website UKMK XVZ Berdasarkan Framework ISO 31000 J. Teknol. dan Terap. Bisnis, vol. 4, no. 1, pp. 12-17, 2021

D. L. Ramadhan, R. Febriansyah, and R. S. Dewi, “Analisis Manajemen Risiko Menggunakan ISO 31000 pada Smart Canteen SMA XYZ,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 7, no. 1, pp. 91–96, 2020.

M. Asis, “PENERAPAN APLIKASI E-Learning Dalam Peningkatan Pembelajaran Pada Stmik Lamappapoleonro Soppeng,” J. Ilm. Sist. Inf. dan Tek. Inform., vol. 3, no. 2, pp. 80–88, 2020.

I. B. Indonesia, Manajemen Risiko 1. Gramedia Pustaka Utama, 2015. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=wRdIDwAAQBAJ

N. E. Z. Firdaus, “Pemahaman Manajemen Resiko Arti manajemen risiko menurut ahli,” 2021. https://lmsspada.kemdikbud.go.id/mod/forum/discuss.php?d=3429

H. T. I. Driantami, S. Suprapto, and A. R. Perdanakusuma, “Analisis Risiko Teknologi Informasi Menggunakan ISO 31000 (Studi kasus: Sistem Penjualan PT Matahari Department Store Cabang Malang Town Square),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 11, pp. 4991–4998, 2018.

Suharso, “Pilihan Standar Manajemen Risiko di Indonesia.” https://www.klikharso.com/ 2016/06/pilihan-standar-manajemen-risiko.html

L. E. Hutagalung, “Analisa Manajemen Risiko Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Pada Rumah Sakit XYZ Menggunakan ISO 31000,” TeIKa, vol. 12, no. 01, pp. 23–33, 2022.

D. R. Rachmina, “Ruang Lingkup, Konteks, Kriteria Manajemen Risiko – Konteks Risiko.” https://irmapa.org/ruang-lingkup-konteks-kriteria-manajemen-risiko-konteks-risiko


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: File PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.