Penerapan Metode Design Thinking dalam Perancangan Aplikasi Layanan Pengaduan Hukum Berbasis Mobile
Abstract
Indonesia is a country based on law, presumably all aspects in the territory of the Republic of Indonesia have been applied fairly and evenly. The number of legal cases is increasing, especially in the city of Surabaya, and the lack of public knowledge about legal complaints so that a legal aid institution is needed that can serve digitalized complaints in order to cover people from all walks of life. Therefore, a mobile-based application design was made to facilitate the process of complaints by the community to legal institutions. The method used in this research is using design thinking and for usability testing using the system usability scale method by distributing questionnaires. The results obtained show that application users feel comfortable from the features that have been developed. This score is included in the "acceptable" classification according to the Bangor standard, which means that the application design can be accepted by the community.
Keyword: Design; Design Thinking; System Usability Scale; Legal Services
Abstrak
Indonesia merupakan negara yang berlandaskan hukum, kiranya segala aspek dalam wilayah NKRI ini telah berlaku secara adil dan merata. Angka kasus hukum yang kian lama kian meningkat khususnya di Kota Surabaya, serta minimnya pengetahuan masyarakat mengenai pengaduan hukum sehingga dibutuhkan sebuah lembaga bantuan hukum yang dapat melayani pengaduan yang terdigitalisasi agar dapat mencakup masyarakat dari semua kalangan. Oleh karena itu dibuatlah sebuah rancangan aplikasi berbasis mobile untuk dapat memudahkan proses pengaduan oleh masyrakat ke lembaga hukum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan design thinking dan untuk uji usability menggunakan metode System Usability Scale dengan menyebar kuesioner. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa pengguna aplikasi merasakan kenyamanan dari fitur-fitur yang telah dikembangkan. Dibuktikan dengan uji usability menggunakan System Usability Scale menunjukkan skor 80. Skor ini termasuk dalam klasifikasi “acceptable” menurut standar Bangor, yang berarti rancangan aplikasi dapat diterima oleh masyarakat.
Keywords
References
A.E.A.N. Lubis and F.D. Fahmi, “Pengenalan Dan Definisi Hukum Secara Umum (Literature Review Etika),” J. Ilmu Manaj. Terap., vol. 2, no. 6, pp. 768–789, 2021, doi: 10.31933/jimt.v2i6.622.
Mahkamah Agung Republik Indonesia, “Sistem Informasi Penelusuran Perkara,” 2023. http://sipp.pn-surabayakota.go.id/statistik_perkara.
Burhanuddin, A. Fathonih, A. Rosadi, and E. Nuraeni, “Layanan Perkara Secara Elektronik (E-Court) Saat Pandemi Covid-19 Hubungannya Dengan Asas Kepastian Hukum,” vol. 53, no. 9, pp. 1–12, 2019, [Online]. Available: http://digilib.uinsgd.ac.id/ 30922/.
J. McGill, S. Bouclin, and A. Salyzyn, “Mobile and Web-based Legal Apps: Opportunities, Risks and Information Gaps,” Can. J. Law Technol., vol. 15, no. August 2015, pp. 229–263, 2017, [Online]. Available: https://papers.ssrn.com/sol3/papers. cfm?abstract_id=2960207.
A. Z. Dhiaulhaq, R. Fauzi, and D. Pramesti, “Perancangan Desain Aplikasi Layanan Hukum pada Startup Halo Law Menggunakan Metode Design Thinking dan Scrum,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, no. 5, pp. 3343–3361, 2022, doi: 10.31004/jpdk.v4i5.7122.
D. Muriyatmoko, S. N. Utama, and B. Sholeh, “Rancang Bangun Sistem Informasi Layanan Konsultasi Bantuan Hukum Lpkbh Al-Baihaqy Surabaya,” Jurnal Informatika Polinema, vol. 7, no. 1, pp. 7–16, 2020, doi: 10.33795/jip.v7i1.386.
A. J. Dwitama, W. Hayuhardhika, N. Putra, and D. Pramono, “Pengembangan Aplikasi Pusat Pelayanan Pengaduan Masyarakat ( P3M ) Berbasis Web Studi Kasus : Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sidoarjo,” vol. 3, no. 9, pp. 8463–8471, 2019.
S. Martinus, P. Pasaribu, S. Ramos, and H. M. Valentine, “Perancangan Aplikasi Pelayanan dan Konsultasi Hukum Berbasis Web pada Kantor Law Firm Duma & Co,” vol. 1, no. 2, pp. 87–94, 2023, doi: 10.59039/ekstensi.v1i2.11.
A. W. Sudrajat and I. Inayatullah, “Rancang Bangun Sistem Informasi Konsultasi Hukum Berbasis Android,” J. Teknol. Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 1–11, Apr. 2021, doi: 10.35957/jtsi.v2i1.844.
A. R. iRabbani, “Penerapan Design Thinking Terhadap Usaha Baju Di Toko Setal Pangkalpinang Dengan Menggunakan Website Sebagai Salah Satu Solusi,” Rainstek J. Terap. Sains dan Teknol., vol. 3, no. 3, pp. 167–175, 2021, doi: 10.21067/jtst.v3i3.6046.
R. S. W. Hartanto and H. Dani, “Studi Literatur: pengembangan media pembelajaran dengan software autocad,” J. Kaji. Pendidik. Tek. Bangunan, vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2020.
E. Trivaika and M. A. Senubekti, “Perancangan Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi Berbasis Android,” Nuansa Inform., vol. 16, no. 1, pp. 33–40, 2022, doi: 10.25134/nuansa.v16i1.4670.
A.Y. Rahmawati, “Design Thinking Konsep Budget Phone Sebagai Solusi dalam Berteknologi Inspirasi Nabi Muhammad SAW.,” vol. 1, no. July, pp. 1–23, 2020, doi: 10.15575/jpiu.v1.i.11057.
I. G. A. Mahardika, I. G. J. E. P. Putra, and T. Tiawan, “Solusi Inovatif Dengan Pendekatan Design Thinking Untuk Menggali Potensi Ekonomi Desa (Studi Kasus Bumdes Artha Kara Mas),” J. Tek. Inf. dan Komput., vol. 5, no. 2, pp. 197–199, 2022, doi: 10.37600/tekinkom.v5i2.532.
C. S. Surachman, M. R. Andriyanto, C. Rahmawati, and P. Sukmasetya, “Implementasi Metode Design Thinking Pada Perancangan UI/UX Design Aplikasi Dagang.in,” TeIKa, vol. 12, no. 02, pp. 157–169, 2022, doi: 10.36342/teika.v12i02.2922.
C. Z. Alrazi and A. Rachman, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan Animasi Periklanan Digital Pencegahan Covid-19,” Ultim. J. Komun. Vis., vol. 14, no. 2, pp. 190–202, Dec. 2021, doi: 10.31937/ultimart.v14i2.2247.
A. A. Razi, I. R. Mutiaz, and P. Setiawan, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan Ui/Ux Aplikasi Penanganan Laporan Kehilangan Dan Temuan Barang Tercecer,” Desain Komun. Vis. Manaj. Desain dan Periklanan, vol. 3, no. 02, pp. 200–219, 2018, doi: 10.25124/demandia.v3i02.1549.
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.