Analisis Strategi Bisnis Menggunakan SWOT dan KPI Trend Penjualan Pada Apotek Metro
Abstract
In recent years, the national pharmaceutical industry has been a good opportunity for the pharmacy business in Indonesia. It is necessary to understand the internal business and external factors to gain a competitive advantage. This research was conducted at Apotek Metro using a descriptive quantitative approach and conducting observations, interviews, and literature studies regarding the SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, and Threat) analysis method and KPI (Key Performance Indicator) sales trends. The SWOT analysis results concluded that the strategy used for the development business focuses on an aggressive strategy in quadrant I. These results are reinforced by KPI analysis of sales trends using the Least Square method, which states that sales at Metro in the next four years are predicted to increase by 2.71%. Thus, to increase sales growth, a comprehensive strategy is needed such as increasing cooperation with doctors and health insurance, and increasing promotional through social media or flyers.
Keywords: Business strategy; SWOT; Key Performance Indicator; Least Square
Abstrak
Saat ini perkembangan industri farmasi nasional menjadi peluang besar bagi bisnis apotek di Indonesia. Untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dalam bisnis apotek diperlukan analisis bisnis baik dari faktor internal dan eksternal perusahaan. Penelitian dilakukan di apotek Metro dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dan melakukan observasi, wawancara, dan studi literatur metode analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat) dan KPI (Key Performance Indicator) trend penjualan. Dari analisis SWOT disimpulkan bahwa strategi yang digunakan untuk pengembangan bisnis apotek Metro berfokus pada strategis agresif sesuai kuadran I. Hasil ini diperkuat analisis KPI trend penjualan menggunakan metode Least Square, yang menyatakan bahwa penjualan di apotek Metro empat tahun ke depan diprediksi dengan kenaikan 2,71%. Dengan demikian untuk menaikkan pertumbuhan penjualan diperlukan strategi komprehensif yaitu meningkatkan pelayanan terbaik, meningkatkan kerja sama dengan dokter dan asuransi kesehatan, dan meningkatkan strategi promosi melalui media sosial atau flyer.
Keywords
References
A. Mourboy, L. Putriana, “Strategi Pengembangan Bisnis pada Apotek (Studi Kasus Apotek Citra 1 dan Apotek Holong)”, Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], vol. 7, no. 7, pp. 9471-9491, July 2022. ISSN 2548-1398. doi: http://dx.doi.org/ 10.36418/syntax-literate.v7i7.8645.
A. Mayang, & S. Ratnawati, “Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100)”, Jurnal Ilmu Manajemen, vol. 17, no. 2, pp.58-70, Oktober 2020. ISSN 2549-0206. DOI: https://doi.org/10.21831/jim.v17i2.34175.
A. Rachmawati, E.D. Susanti, “Analisis SWOT Strategi Meningkatkan Daya Saing Pada Apotek 325 Surabaya”, Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP), vol. 6, no. 1, pp. 1895-1905, Januari 2022. e-ISSN : 2656-6753, p-ISSN: 2598-9944. DOI: 10.36312/ jisip.v6i1.2707.
W. Tambunan, Y. Sukmono, L.O. Anggreani, “Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan dan Daya Saing”, Jurnal Optimalisasi www.jurnal.utu.ac.id/joptimalisasi, vol. 7, no. 1, pp. 48-59, April 2021. DOI:10.35308/ jopt.v7i1.3419.
F. Rangkuti, ”Analisis SWOT: Membedah Kasus Bisnis”. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2015.
"What is a Key Performance Indicator (KPI)". KPI.org. [Online]. [Diakses : 1 January 2022].
I. Ach & S. Farida, “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Pada Kafe Tukuh Kopi Surabaya”, Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, vol.12, pp.196-204, May 2021. DOI: 10.47927/jikb.v12i1.105.
D. Megananda, “Analisa SWOT pada Klinik Almira Medika”, 2020, [Online]. Tersedia: (18) Analisa Swot Pada Klinik Almira Medika | Danthi Megananda - Academia.edu.
S. Yuwana, & I. Fadah, “SWOT Analysis: Marketing Strategy Of Apotek Sawojajar Mas To Increase Sales And Competitiveness”, Journal of Management and Business Innovations, vol. 4, no. 02, pp.73-80, December 2022. ISSN:2686-5602, DOI: 10.30829/ jombi.v4i02.12924.
D. Yusuf, and D.S. Ajeng, "Analisis Swot sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing di Apotek Ben Do Sehat Pahonjean.", Jurnal Teknologi Informasi Respati, vol. 16, no. 1, pp. 24-31, Maret 2021. ISSN: 1907-2430. DOI: 10.35842/jtir.v16i1.385.
F. Sulaiman, S. E. Wulandari, M. Lutviani, D. M. . Samosir, and D. S. Wulandari, “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Apotek Delima Kota Medan”, Jurnal Ilmiah BISMA Cendekia, vol. 2, no. 1, pp. 19–24, September 2021, DOI: https://doi.org/ 10.56473/bisma.v2i1.57
I.K. Permatasari, “Analisis Trend Penjualan dengan Metode Least Square pada Apotek Swasta Surabaya”, Jurnal Mitra Manajemen, vol. 3, no. 3, pp. 254-325, Maret 2019. DOI: https://doi.org/10.52160/ejmm.v3i3.210
I.D. Jaya, “Penerapan Metode Trend Least Square untuk Forecasting (Prediksi) Penjualan Obat Pada Apotek”, Jurnal CorelT, vol. 5, no. 1, pp 1-7, Juni 2019. ISSN: 2599-3321.
M.I.E. Lubis, “Ramalan Penjualan (Analisis Trend)”, Makalah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis , Universitas Jambi, 2022.
A.A. Almeman, “Strategic analysis of clinical pharmacy education in Saudi Arabia”, Tropical Journal of Pharmaceutical Research, vol. 19, no.6, pp. 1303-1311, June 2020. DOI:10.4314/ tjpr.v19i6.27
I. Asih, & H. Purba, & T. Sitorus, “Key Performance Indicators: A Systematic Literature Review”, Journal of Strategy & Performance Management, vol. 8, no.4, pp. 142-155, Oktober 2020.
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.