Pengembangan Aplikasi Pengenalan Wisata Berbasis Android Menggunakan Flutter

Hilmi Fajar Syaifudin(1*),Ade Eviyanti(2),Mochamad Alfan Rosid(3)
(1) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
(2) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
(3) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v12i3.1737

Abstract

This research was conducted to address the issue of a lack of tourist interest in the Majapahit heritage sites in the Trowulan District. With the aim of facilitating the public in finding information about the locations of Majapahit heritage tourism, this study employed the waterfall development method for the Flutter-based Tourism Recognition Application. The black box testing results indicated that the application successfully provided a comprehensive evaluation of feature suitability and system performance, particularly in enhancing the appeal of historical Majapahit tourism sites. The application is expected to be an effective tool for expanding promotion, increasing visibility, and attracting tourist interest, contributing positively to the advancement of the local tourism sector in this digital era.

Key word: Promotion media; Tour; Majapahit kingdom; Flutter; Black Box Testing

 

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi masalah kurangnya minat wisatawan terhadap wisata peninggalan Majapahit di Kecamatan Trowulan. Dengan tujuan mempermudah masyarakat dalam mencari informasi tentang lokasi-lokasi wisata peninggalan Majapahit, penelitian ini menggunakan metode pengembangan waterfall pada Aplikasi Pengenalan Wisata berbasis Flutter. Hasil pengujian black box menunjukkan bahwa aplikasi ini berhasil memberikan evaluasi kesesuaian fitur dan kinerja sistem, khususnya dalam meningkatkan daya tarik pariwisata dengan fokus pada objek wisata sejarah Majapahit. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi alat efektif untuk memperluas promosi, meningkatkan visibilitas, dan mengajak minat wisatawan, memberikan kontribusi positif dalam memajukan sektor pariwisata lokal di era digital ini.

 

Keywords


Media Promosi; Wisata; Kerajaan Majapahit; Flutter; Pengujian Black Box

References


D. Made Alit et al., “Negarakertagama : Kisah Keagungan Kerajaan Majapahit,” J. Nirwasita, vol. 3, no. 1, pp. 31–42, 2022.

Rifqi Mufidianto, Jefry Sunupurwa Asri, Nizirwan Anwar, and Tri Ismardiko Widyawan, “Perancangan Aplikasi Antrean Makanan Berbasis Cross-Platform Dengan Framework Flutter (Studi Kasus Rm. Padang Buaran),” IKRA-ITH Teknol. J. Sains dan Teknol., vol. 7, no. 3, pp. 67–75, 2023, doi: 10.37817/ikraith-teknologi.v7i3.3235.

D. K. Armananda, U. Indahyanti, and ..., “Web-Based Majapahit Eduwisata Application in Mojokerto Regency,” Procedia Eng. …, vol. 2, no. 2, pp. 2–7, 2022.

N. A. Fiaji, K. C. Brata, and P. Zulvarina, “Aplikasi AR-CA (Augmented Reality Relief Candi Jago) sebagai Upaya Pendokumentasian Digital Relief Candi Jago dan Pengenalan Wisata Sejarah di Malang,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 4, p. 815-822, 2021, doi: 10.25126/jtiik.2021844447.

A. Nugroho, A. Yudhana, and R. Umar, “Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Candi Berbasis Android,” Seri Pros. Semin. Nas. Din. Inform., vol. 4, no. 1, pp. 218–221, 2020.

E. A. Putri and M. D. Arry Mustikawan, BDes, SE., “Perancangan Board Game ‘Sejarahone’ Sebagai Media Edukasi Sejarah Masa Klasik Kerjaan Hindu dan Budha Di Indonesia,” Tek. Eng. Sains J., vol. 7,no. 1, pp. 1100–1109, 2020.

B. Fachri and R. W. Surbakti, “Perancangan Sistem Dan Desain Undangan Digital Menggunakan Metode Waterfall Berbasis Website (Studi Kasus: Asco Jaya),” J. Sci. Soc. Res., vol. 4, no. 3, pp. 263-267, 2021, doi: 10.54314/jssr.v4i3.692.

I. Yamalia and S. Siagian, “Analisa Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai,” V-Tech, vol. 2, no. 1, pp. 75–80, 2019.

D. Agarina, Melda, “Evaluasi User Interface Desain Majayaenggunakan Metode Heuristics Pada Website Sistem Informasi Manajemen Seminar Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Darmajaya,” Pros. Semin. Nas. Darmajaya, vol. 1, no. 1, pp. 192–200, 2019.

R. Putri, R. Widya, and Y. Yusman, “Prototype Sistem Informasi Bimbingan Dan Konseling Menggunakan Figma,” J. Indones. Manaj. Inform. dan Komun., vol. 4, no. 2, pp. 540–551, 2023, doi: 10.35870/jimik.v4i2.246.

G. P. Suri and N. Y. Arifin, “Pengembangan Dan Implementasi Aplikasi Perpustakaan Berbasis Web,” Eng. Technol., vol. 2, no. 1, pp. 21–28, 2020.

I. Husain, P. Purwantoro, and C. Carudin, “Analisis Performa State Management Provider Dan Getx Pada Aplikasi Flutter,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 7, no. 2, pp. 1417–1422, 2023, doi: 10.36040/jati.v7i2.6867.

A. Ijudin and A. Saifudin, “Pengujian Black Box pada Aplikasi Berita Online dengan Menggunakan Metode Boundary Value Analysis,” J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 5, no. 1, p. 8-15, 2020, doi: 10.32493/informatika.v5i1.3717.

Y. D. Wijaya and M. W. Astuti, “Pengujian Blackbox Sistem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan Pt Inka (Persero) Berbasis Equivalence Partitions,” J. Digit. Teknol. Inf., vol. 4, no. 1, p. 22-26, 2021, doi: 10.32502/digital.v4i1.3163.

A. Rahardi and muhammad F. Azima, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pelayanan Pembiayaan Murabahah Berbasis Web,” Ijccs, vol. 13, no. 1, pp. 61–68, 2019.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: File PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.