Analisis Kepuasan Mahasiswa terhadap Aplikasi TikTok Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction

Rafis Novemnur(1*),M Afdal(2),Inggih Permana(3),Mona Fronita(4)
(1) 
(2) UIN SuItan Syarif Kasim Riau
(3) UIN SuItan Syarif Kasim Riau
(4) UIN SuItan Syarif Kasim Riau
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v13i1.1720

Abstract

The social media application TikTok has 112.97 million users in Indonesia consisting of various groups, including students. The large number of TikTok application users cannot be separated from a sense of satisfaction and acceptance of technology. The research aims to be a process of identifying components that impact client fulfillment with TikTok use End User Computing Satisfaction (EUCS) technique, where in this technique there are 5 variable aspects, that is: content, accuracy, form, easy of use and timeliness. This research used a sample of 100 respondents. Using a random sampling method. The information handling strategy uses validity testing, reliability testing, and hypothesis testing with processing in SPSS. Based on hypothesis testing, only content shows a relevant influence on client satisfaction on the TikTok application. Meanwhile, accuracy, form, ease of use and timeliness do not show any relevant influence on client satisfaction with the TikTok application in Pekanbaru City. Based on the correlation analysis, the R2 is obtained at 0.486. These results show that client satisfaction can be realized through content, accuracy, form, ease of use, and timeliness by 48.6%.

Keywords: Satisfaction; User; TikTok Apps; End User Computing Satisfaction; SPSS

 

Abstrak

Aplikasi sosial media TikTok memiliki 112,97 juta pengguna di Indonesia yang terdiri dari berbagai kalangan termasuk kalangan Mahasiswa. Banyaknya pengguna aplikasi TikTok tidak terlepas dari rasa kepuasan dan penerimaan teknologi. Penelitian ditujukan sebagai proses pengidentifikasi komponen yang mempengaruhi kepuasan pengguna terhadap TikTok dengan teknik End User Computing Satisfaction (EUCS), dimana diteknik ini terdapat lima aspek variabel yaitu: content, accuracy, format, ease of use dan timeliness. Penelitian menggunakan sampel dari 100 responden. Sampel diambil menggunakan metode sampel random. Strategi penanganan informasi menggunakan uji validitas, uji realibilitas, dan uji hipotesis dengan pengolahan pada SPSS. Berdasarkan uji hipotesis, hanya konten yang menunjukkan pengaruh yang relevan terhadap kepuasan klien pada aplikasi TikTok. Sedangkan akurasi, bentuk, kemudahan pengguna, dan ketepatan waktu tidak menunjukkan adanya pengaruh yang relevan terhadap kepuasan klien pada aplikasi TikTok yang ada di Kota Pekanbaru. Dari analisis korelasi didapatkan R2 sebesar 0,486. Hasil ini menunjukan bahwa kepuasan klien bisa dipahami melalui content, accuracy, format, ease if use, dan time liness sebesar 48,6%.

 

Keywords


Kepuasan; Pengguna; TikTok Apps; End User Computing Satisfaction; SPSS

References


A. Z. Yonatan, “Menilik Pengguna Media Sosial Indonesia 2017-2026.” https://data.goodstats.id/statistic/agneszefanyayonatan/menilik-pengguna-media-sosial-indonesia-2017-2026-xUAlp.

C. M. Annur, “10 Negara dengan Jumlah Pengguna TikTok Terbanyak di Dunia (April 2023).” https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/24/pengguna-tiktok-di-indonesia-terbanyak-kedua-di-dunia-per-april-2023-nyaris-salip-as.

Ginee, “Pengguna TikTok Indonesia Gempar,” 2021. https://ginee.com/id/insights/ pengguna-tiktok/.

P. A. Agustin and I. K. D. Nuryana, “Analisa Perbandingan Pengguna Aplikasi Tiktok dengan Snack Video menggunakan Metode UTAUT dan EUCS,” Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), vol. 03, no. 04, pp. 80–90, 2022.

N. A. Nopitasari and D. F. Suyatno, “Analisis Kepuasan Pengguna Fitur TikTok Shop pada Aplikasi TikTok Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction ( EUCS ) dan DeLone and McLean,” Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), vol. 04, no. 03, pp. 9–20, 2023.

R. Nabilla and Z. Baridwan, “Analisis Kesesuaian Siklus Pendapatan E-Commerce,” vol. 1, pp. 1–13, 2019.

F. Wana and L. A. Abdillah, “Pengukuran Kepuasan Mahasiswa Pengguna E-Learning Universitas Bina Darma Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” Bina Darma Conf. Comput. Sci., p. 2222, 2019, [Online]. Available: http://conference.binadarma.ac.id/index.php/BDCCS/article/view/474/413.

R. Agustina and L. A. Abdillah, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Bintang Cash & Credit Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction ( Eucs ),” Bina Darma Conf. Comput. Sci., vol. 3, no. 4, pp. 692–701, 2021.

L. Setiyani, M. Wahidin, and F. P. P. Kriswanto, “Analisis Kepuasan Mahasiswa Stmik Rosma Dalam Pemanfaatan Akun Instagram @Stmikrosmaofficial Menggunakan Teori Uses And Gratifications,” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 17, no. 4, pp. 167–174, 2023, doi: 10.35969/interkom.v17i4.276.

A. Aziz, Y. T. Mursityo, and A. Rachmadi, “Analisis Penggunaan Media Sosial Instagram dan Pengaruhnya Terhadap Business Performance Satisfaction (Studi Pada Pengusaha Kuliner Di Kota Malang),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 11, pp. 5708–5717, 2018.

A. T. Sambodo and H. B. Dirgantara, “Analisis Kepuasan Konsumen dengan Servqual Studi Kasus: Media Sosial Bhinneka.Com,” Semin. Nas. Sist. Inf. Indones., no. September, pp. 37–42, 2014.

A. Ilias, M. R. Yasoa’, M. Z. A. Razak, and R. A. Rahman, “The Study of End-User Computing Satisfaction (EUCS) on Computerised Accounting System (CAS) Among Labuan F.T Private Companies,” Sustain. Compet. a Lib. Econ. Role Account., vol. 2, no. 1, pp. 12–35, 2015, doi: 10.5848/csp.1487.00001.

A. Yudistira, D. Novita, P. Studi, S. Informasi, U. Multi, and D. Palembang, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Arsip Digital Menggunakan Model End User Computing Satisfaction ( EUCS ),” Jurnal Teknologi Sistem Informasi, vol. 3, no. 2, pp. 176–188, 2022.

D. Novita, “Analisis Pengaruh Implementasi E-Learning Vilep di Poltekkes Kemenkes Palembang dengan Pendekatan EUCS,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 7, no. 1, pp. 29–41, 2020, doi: 10.35957/jatisi.v7i1.290.

I. Kurniasih, D. Pibriana, P. Studi, and S. Informasi, “Pengaruh Kepuasan Pengguna Aplikasi Belanja Online Berbasis Mobile Menggunakan Metode EUCS,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 8, no. 1, pp. 181-198, 2021.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: File PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.