Model Aplikasi Pengelolaan Pengaduan Pelanggan Berbasis Mobile (Studi Kasus pada Perusahaan Pengrajin Batu)
Abstract
CV. Online Stone, located in Wonosari Gunungkidul, has obstacles when customers have problems in the process of complaining about the installation and delivery of temple stones, and customers want to make complaints must go to the CV Online Stone office directly, this is very ineffective because it hinders time for customers. The purpose of this research is to build a complaint management application to overcome problems such as errors caused by employee negligence at work and make it easier for customers to make complaints and speed up the handling of a reported problem. The method used in developing this application is the waterfall method, this waterfall method has several stages carried out, namely communication, planning, modeling, construction, and deployment. The result of this research is the development of a mobile-based customer complaint management application can be used to display and make complaints directly without having to meet employees at the company and can increase customer convenience in making complaints.
Keyword: Application; Service; Waterfall; Complaint; Customer
Abstrak
CV. Online Stone yang berlokasi di Wonosari Gunungkidul ini memiliki hambatan ketika pelanggan mempunyai masalah dalam proses pengaduan pemasangan serta pengiriman batu candi, dan pelanggan ingin melakukan pengaduan harus mendatangi kantor CV. Online Stone secara langsung hal ini sangat kurang efektif karena menghambat waktu bagi pelanggan. Adapun tujuan penelitian ini membangun aplikasi pengelolaan pengaduan guna mengatasi permasalahan seperti kesalahan yang disebabkan kelalaian karyawan dalam bekerja dan memudahkan pelanggan dalam melakukan pengaduan serta mempercepat penanganan suatu masalah yang dilaporkan. Metode yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini merupakan metode waterfall, metode waterfall ini mempunyai beberapa tahapan yang dilakukan yaitu communication, planning, modeling, construction, dan deployment. Hasil penelitian ini adalah pengembangan aplikasi pengelolaan pengaduan pelanggan berbasis mobile dapat digunakan untuk menampilkan dan melakukan pengaduan secara langsung tanpa harus menemui karyawan di perusahaan dan dapat meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam melakukan komplain.
Keywords
References
A. Irada and I. Budhiarta, “ANALISIS PELAYANAN BAGIAN PENGADUAN DI KANTOR PT PLN (Persero) UNIT INDUK WILAYAH ACEH, Journal of Economics Science, Vol. 5, No. 2, pp. 98-115, Oct. 2019.
H. Ismail and H.T. Sigit, “APLIKASI LAPORAN PENGADUAN FASILITAS UMUM KOTA SERANG BERBASIS ANDROID”, Jurnal ProTekInfo, Vol. 8, No. 2, pp. 25-29, Mar 2021, https://doi.org/10.30656/protekinfo.v8i2.5044.
Zunidar and N. Wiyono, “Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Pengaduan Masyarakat Di Kecamatan Rajeg Berbasis Web”, Jurnal Manajemen Informatika Jayakarta, Vol. 3, No. 1, pp. 87-97, Feb. 2023, https://doi.org/10.52362/jmijayakarta.v3i1.1018.
M.R. Maulani, W. Resdiana, and T. N. Ramadhon, “ANALISIS DAN RANCANG BANGUN APLIKASI LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT DENGAN CAKUPAN KOTA BANDUNG BERBASIS WEB”, Jurnal Teknik Informatika, Vol. 11, No. 2, pp. 29-34, Apr. 2019.
S. Nurjanah and Tuswoyo, “ANALISIS IMPLEMENTASI PELAYANAN PENGGUNAAN APLIKASI PENGADUAN PELANGGAN BERBASIS APLIKASI PELAYANAN KELUHAN TERPADU (APKT) UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT PADA PT. PLN (PERSERO), Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Vol. 2, No. 5, pp. 526-532, Sep. 2022.
F. Firdaus and F. Masya, “Aplikasi Informasi Pengaduan Electronic Data Capture Merchant (Edc) Berbasis Web”, Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika, Vol. 11, No. 1, pp.17-22, Jun. 2020.
T. A. E. Prayogo and M. I. Rosadi, “APLIKASI LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT BERBASIS ANDROID PADA KECAMATAN SUKOREJO MENGGUNAKAN METODE WATERFALL”, Kohesi: Jurnal Multidisiplin Saintek, Vol. 1, No. 4, pp. 40-52, Sep. 2023, https://doi.org/10.3785/kjst.v1i4.153.
A. Hidayat, N. Rahaningsih, and F. M. Basysyar, “PERANCANGAN ABSENSI ONLINE BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN SCAN QR DAN REAL-TIME LOCATION”, JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), Vol. 7, No. 1, pp. 378-386, Feb. 2023, https://doi.org/10.36040/jati.v7i1.6292
H. Saputra, A. S. Saputra, S. Juddin, V. S. Husaini, A. Saifudin, and T. Desyani, “Analisa Sistem Kepegawaian di PT. Primo St Moritz dengan Metode Waterfall”, Jurnal Informatika Universitas Pamulang, Vol. 6, No. 3, pp. 615-626, Sep. 2021, https://dx.doi.org/10.32493/informatika.v6i3.12096.
P. A. M. A. Paramahimsa, I. M. A. Givari, and I. P. E. D. Wijaya, “ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PADA APLIKASI LAZADA”, SMART TECHNO (Smart Techonology, Informatic, and Technopreneurship), Vol. 4, No. 1, pp. 1-6, Feb. 2022, https://doi.org/10.59356/smart-techno.v4i1.52.
M. Oktavianus, S. A. Dinayati, E. Marlina, and M. O. Kadang, “Desain Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Penertiban Izin Operasional Rumah Makan Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Toraja Utara”, PROSIDING SEMINAR ILMIAH SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI, Vol.12, No. 2, pp. 120-135, Aug. 2023.
Setiawansyah, D. T. Lestari, and D. A. Megawaty, “SISTEM INFORMASI PKK BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER (STUDI KASUS: KAMPUNG PURWOREJO), Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), Vol. 3, No. 2, pp. 244-253, Jun. 2022
A. R. Pabara and J. R. Batmetan, “Data Flow Design of System Sales Beverage Products for Small Medium Enterprises”, International Journal of Information Technology and Education (IJITE), Vol. 1, No. 3, pp. 90-97, Jun. 2022.
I. R. Dhaifullah, M. Muttanifudin. H, A. A. Salsabila, and M. A. Yaqin, “Survei Teknik Pengujian Software, JACIS: Journal Automation Computer Information System, Vol. 2, No. 1, pp. 31-38, May 2022, https://doi.org/10.47134/jacis.v2i1.42.
A. Akhriana, “Aplikasi Pengaduan Gnagguan Listrik Berbasis Android Pada PT. PLN (Persero) Induk Wilayah Sulserabar”, Prosiding Seminar Nasional Komunikasi dan Informatika, Vol. 3, No. 2, pp. 97-104, Mar 2021.
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.