Model Aplikasi Percepatan Waktu untuk Mengatasi Antrean dengan Memanfaatkan Quick Response Code

Rahmita Yida Prihasty(1*),Joko Aryanto(2)
(1) 
(2) Universitas Teknologi Yogyakarta
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v12i3.1630

Abstract

The problem faced by Resto Lesehan Gendut Taman is that the ordering service takes a long time, causing customers to have to wait hours to get service. Waiters sometimes make mistakes in recording food, which can irritate customers. Bad service will make the quality of restaurant service decrease. With the food ordering system using the Quick Response Code, it is hoped that it can help overcome errors, satisfy customers and speed up orders so that orders can be minimized. The method used is the Rapid Application Development method which carries out three stages, namely requirements planning, design development and implementation. Therefore, to simplify the restaurant ordering system, the proposed solution is a food ordering system using the Quick Response Code. This system uses Visual Studio Code and MySQL as the database. The results of trials using a black box, the ordering system created has been successfully implemented so that it can make it easier to order food at Resto Lesehan Gendut Taman. The features created have been successfully implemented so that the website can be used.

Keywords: System; Booking; Quick Response Code; Service

 

Abstrak

Permasalahan yang dihadapi Resto Lesehan Gendut Taman adalah pelayanan pemesanan yang lama sehingga menyebabkan pelanggan harus menunggu berjam- jam untuk mendapatkan pelayanan. Pelayan terkadang melakukan kesalahan dalam mencatat makanan sehingga membuat kesal terhadap pelanggan. Pelayanan yang buruk akan membuat kualitas pelayanan resto semakin menurun. Dengan adanya sistem pemesanan makanan menggunakan Quick Response Code ini diharapkan dapat membantu mengatasi kesalahan, kepuasan terhadap pelanggan dan mempercepat pemesanan sehingga dapat meminimalisir pemesanan . Metode yang digunakan yaitu metode Rapid Application Development dengan melakukan tiga tahapan yaitu perencanaan kebutuhan, pengembangan desain, dan implementasi. Oleh karena itu, untuk menyederhanakan sistem pemesanan restoran maka solusi yang diusulkan adalah sistem pemesanan makanan dengan menggunakan Quick Response Code. Sistem ini menggunakan Visual Studio Code dan MySQL sebagai basis data. Hasil uji coba dengan menggunakan black box, sistem pemesanan yang dibuat sudah berhasil diterapkan sehingga dapat mempermudah pemesanan makanan di Resto Lesehan Gendut Taman. Fitur – fitur yang dibuat sudah berhasil di jalankan sehingga website dapat digunakan.

Kata kunci : Sistem; Pemesanan; Quick Response Code; Pelayanan

Keywords


Sistem; Pemesanan; Quick Response Code; Pelayanan

References


S. Fajar, T. Mulyana, W. Apriyanti, and Saprudin, “Perancangan Sistem Pemesanan Makanan dan Minuman Menggunakan QR Code Berbasis Website Studi Kasus Bale Ayam Nusantara Food Court,” JRIIN (Jurnal Riset Informatika dan Inovasi), vol. 01, no. 01, pp. 36–46, Jun. 2023, Accessed: Nov. 01, 2023. [Online]. Available: http://jurnalmahasiswa.com/index.php/jriin/article/view/44

I. Fahira, J. Suwita, and B. Suseno, “Rancang Bangun Sistem Pemesanan Menu Makanan Pada Cafe Xyz Dengan Qr-Code Berbasis Web,” Jurnal Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM), vol. 11, no. 1, pp. 1–8, Jun. 2023, doi: http://dx.doi.org/10.58217/ipsikom.v11i1.237.

A. Arista and B. Firmansyah, “Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Menu Makanan Dan Minuman Berbasis Web (Studi Kasus: Cafetaria Ibi-K57),” Junif (Jurnal Nasional Informatika), vol. 3, no. 1, pp. 36–41, Sep. 2022, doi: https://doi.org/10.55122/junif.v3i1.929.

S. P. P. Prabowo, A. S. Addany, I. N. Muddin, Febrianta, S. Nugraha, and Miftahurokhmat, “Pemesanan Makanan Secara Mandiri Pada Restoran Berbasis Web Dengan Implementasi Geolocation,” JURNAL INFINITE (Jurnal Informatika dan Teknologi Informasi), vol. 1, no. 1, pp. 11–19, 2023, [Online]. Available: http://journal. diptainstitute.com/index.php/infinite

K. Ramanda and Y. Yunita, “Penerapan Metode Waiting Line Pada Pelayanan Antrian Pelanggan Jasa Ekspedisi,” Jurnal SISFOKOM, vol. 08, 2019.

E. Rosdiana, H. Bahtiar, and M. Saiful, “Sistem Informasi Pemesanan Menu Pada Café Peraja Coffee Untuk Meningkatkan Hasil Penjualan”.

Suharianto, L. Bahar Agung Pambudi, A. Rahagiyanto, and G. Eko Julianto Suyoso, “Implementasi QR Code untuk Efisiensi Waktu Pemesanan Menu Makanan dan Minuman di Restoran maupun Kafe,” BIOS: Jurnal Teknologi Informasi dan Rekayasa Komputer, vol. 1, no. 1, pp. 35–39, Mar. 2020, doi: https://doi.org/10.37148/bios.v1i1.7.

M. Maulidiansyah and M. Samsuddin, “Smart Order Berbasis Qr-Code Di Kafe Pantai Bohai Dengan Framework Laravel,” LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan, vol. 1, no. 2, pp. 84–90, Jul. 2023, [Online]. Available: https://journal.mediapublikasi.id/ index.php/logic

I. Dzikria and A. Rizal, “Rancang Bangun Sistem Pemesanan Mandiri Restoran Berbasis Progressibe Web Apps,” Jurnal Sistim Informasi dan Teknologi, vol. 5, no. 1, pp. 135–144, Jul. 2023, doi: 10.37034/jsisfotek.v5i1.252.

Y. Sahaja, A. P. Kharisma, and T. Afirianto, “Pengembangan Aplikasi Manajemen Antrean Pesanan Menu Restoran dengan Memanfaatkan Teknologi Kode QR,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 4, no. 3, pp. 949–958, May 2020, Accessed: Nov. 01, 2023. [Online]. Available: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7097

M. Tecuari and K. Yuliawan, “Perancangan Aplikasi Pendataan Sembako Berbasis Web Menggunakan Metode RAD,” Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, vol. 7, no. 2, pp. 1237–1241, Sep. 2023, doi: https://doi.org/10.36040/jati.v7i2.6818.

A. M. Ardiansyah, S. Andryana, and R. T. Aldisa, “Penjadwalan Service Kendaraan Motor Dengan Metode Rapid Application Development dan Algoritma First in First out (FIFO) Berbasis Mobile,” KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 4, no. 2, pp. 658–665, 2023, doi: 10.30865/klik.v4i2.1169.

N. Aini, S. A. Wicaksono, and I. Arwani, “Pembangunan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD) (Studi pada: SMK Negeri 11 Malang) Malang),” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, pp. 8647–8655, Sep. 2019, Accessed: Nov. 01, 2023. [Online]. Available: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6236

R. Mersita, D. Darwis, and A. Surahman, “Sistem Informasi Pembayaran SPP pada Sekolah di Kecamatan Gedung Tataan dengan Metode Extreme Programming,” Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Akuntansi (JIMASIA), vol. 2, no. 2, pp. 45–53, Dec. 2022, doi: https://doi.org/10.33365/jimasia.v2i2.1872.

P. A. M. A. Paramahimsa, I. M. A. Grivari, I. P. E. D. Wijaya, and I. P. E. Indrayana, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pada Aplikasi Lazada,” Smart Techno (Smart Technology, Informatic, and Technopreneurship), vol. 4, no. 1, pp. 1–6, Feb. 2022, doi: https://doi.org/10.59356/smart-techno.v4i1.52.

M. Oktavianus, S. A. Dinayati, E. Marlina, and M. O. Kadang, “Desain Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Penertiban Izin Operasional Rumah Makan Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Toraja Utara,” SISITI (SEMINAR ILMIAH SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI), vol. 12, no. 2, pp. 120–135, Sep. 2023.

S. Setiawansyah, D. T. Lestari, and D. A. Megawaty, “Sistem Informasi Pkk Berbasis Website Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus: Kampung Purwoejo),” Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), vol. 3, no. 2, pp. 244–253, Jun. 2022, doi: https://doi.org/10.33365/jatika.v3i2.2031.

M. Masniah, D. Mulyani, and S. R. Pahlevi, “Aplikasi Mari Belajar Untuk Anak Usia Pra Sekolah,” Jutisi (Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi), vol. 12, no. 2, pp. 605–617, Nov. 2023, doi: 10.35889/jutisi.v12i2.1151.

A. Muhammad Azmi Fauzan, “Pemanfaatan Kode Qr Pada Peningkatan Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Pada Restoran,” JURNAL INSTEK (Informatika Sains Dan Teknologi), vol. 7, no. 2, pp. 1–66, Aug. 2020, doi: https://doi.org/10.24252/instek.v5i1.14504.

I. R. Dhaifullah, M. M. H, A. A. Salsabila, and M. A. Yakin, “Survei Teknik Pengujian Software,” JACIS: Journal Automation Computer Information System, vol. 2, no. 1, pp. 31–38, Jun. 2022, doi: 10.47134/jacis.v2i1.42.

H. Muhammad Dany Noor, L. Tri, and S. Endang, “Purwarupa Sistem Pemesanan Menu Makanan Dan Minuman Menggunakan Qr-Code Berbasis Web,” Jurnal Manajemen Informatika dan Bisnis Digital, vol. 1, no. 1, pp. 47–59, May 2022, doi: https://doi.org/10.55123/jumintal.v1i1.321.

Imam Fauzy Muldani Rachmat, “Aplikasi Pemesanan Makanan Dan Minuman Berbasis Web Menggunakan Model Prototype (Studi Kasus Roti Bakar 88),” JURNAL IPSIKOM (Insan Pembangunan Sistem dan Komputer), vol. 10, no. 1, pp. 39–48, Jun. 2022, doi: http://dx.doi.org/10.58217/ipsikom.v10i1.215.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: File PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.