Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Tanaman Karet Dengan Metode Dempster-Shafer

Jeffri Rizky Maulana(1*),Fitriyadi Fitriyadi(2),Ratna Fitriani(3)
(1) Program Studi Teknik Informatika
(2) Program Studi Teknik Informatika
(3) Program Studi Teknik Informatika
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v5i1.161

Abstract

Abstrak

Penyakit karet yang sering disebut dengan OPT (Organisme Pengganggu Tumbuhan) yang terdapat pada tanaman karet yang menyebabkan kerugian bagi petani yang mengganggu pertumbuhan maupun hasil produksi. Kurangnya pengetahuan para petani karet terhadap OPT ( Organisme Pengganggu Tumbuhan) pada tanaman  karet membuat kerugian yang tidak sedikit maka dibuatlah sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit tanaman karet dengan menggunakan metode Dempster Shafer untuk mendapatkan nilai kepastian dari suatu gejala yang dialmi pada tanaman karet terhadap suatu penyakit. Penentuan penyakit tanaman karet dalam sistem pakar ini dilakukan melalui proses konsultasi antara sistem dengan pengguna.

Sistem akan menampilkan gejala-gejala tanaman karet dengan menconteng/cek list. Gejala yang dipilih pengguna akan disesuaikan dengan rule yang ada sehingga pemakai akan memperoleh hasil diagnose penyakit dan pengendalian. Hasil analisis dan evaluasi menunjukkan bahwa sistem pakar menggunakan Depster Shafer ini mudah digunakan dan memiliki nilai akurasi 100%.

Kata kunci:  Sistem Pakar, Penyakit Tanaman Karet, Depster Shafer.

References


Wahyuni E.G., Prijodiprojo W., Prototype Sistem Pakar untuk Mendeteksi Tingkat Resiko Penyakit Jantung Koroner dengan Metode Dempster-Shafer, IJCCS, Vol.7, No.2, Hal.: 133-144, 2013.

Elyza Gustri W, W. P., Prototype Sistem Pakar untuk Mendeteksi Tingkat Resiko Penyakit Jantung Koroner dengan Metode Dempster-Shafer. Yogyakarta: FMIPA UGM Yogyakarta, 2013.

Rusmini, Sistem pakar Diagnosa Penyakit Karet Dengan Metode Certainty Factor. Banjarbaru: STMIK Banjarbaru, 2012.

Istoqomah Y.N., Fadlil A., SIstem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Saluran Pencernaan Menggunakan Metode Dempster-Shafer, Jurnal Sarjana Teknik Informatika, Vol. 1, No. 1, Hal.: 32-41, 2013.

Ferson K. S.,Combination of Evidence in Dempster–Shafer Theory. Sandia National Laboratories, 2002.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.