Analisis Perilaku Pemesanan Kembali Kamar Hotel di Aplikasi Travel Menggunakan Model Theory of Reasoned Action
Abstract
The hotel industry is a global industry that has shown its development in the business world. One of these developments comes from technology that replaces conventional business models with Online Travel Agencies (OTAs). It is imperative for OTA companies to prioritize delivering high-quality services to their user base. The aim the research is to determine impact of TRA in booking hotel rooms by OTA users by comparing the Traveloka and Tiket.com applications. This research uses a quantitative and qualitative approach by distributing questionnaires then tested using the SPSS v25 and AMOS applications. The research population comprises individuals from generation Y in Batam, aged between 27 and 42 years who have used Traveloka or Tiket.com applications. The research findings reveal that E-Satisfaction, Ease of Use, E-Trust influence Online Repurchase Intention, E-Service Quality does not influence Online Repurchase Intention, and E-Trust influences E-Satisfaction in both applications. Ease of Use affects E-Satisfaction in Traveloka, but has no effect for Tiket.com. E-Service Quality affects E-Satisfaction for Tiket.com, but has no effect for Traveloka.
Keywords: Application; Online Travel Agent; Hospitality; Theory of Reasoned Action
Abstrak
Industri perhotelan merupakan salah satu industri global yang telah menunjukkan perkembangannya dalam dunia bisnis. Salah satu perkembangan tersebut berasal dari teknologi yang menggantikan model bisnis konvensional dengan Online Travel Agencies (OTAs). Perusahaan OTA perlu memperhatikan kualitas pelayanan kepada pengguna. Penelitian ini ditujukan untuk mengidentifikasi pengaruh TRA dalam reservasi hotel oleh pengguna OTA dengan perbandingan aplikasi Traveloka dan Tiket.com. Pendekatan penelitian ini mencakup kualitatif dan kuantitatif, yaitu menyebarkan survei dan diuji menggunakan aplikasi SPSS v25 dan AMOS. Populasi penelitian ini adalah generasi Y di Kota Batam dengan rentang usia 27-42 tahun yang pernah mengakses aplikasi Traveloka atau Tiket.com. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa E-Satisfaction, Ease of Use, E-Trust mempengaruhi Online Repurchase Intention, E-Service Quality tidak mempengaruhi Online Repurchase Intention, serta E-Trust mempengaruhi E-Satisfaction untuk kedua aplikasi tersebut. Ease of Use mempengaruhi E-Satisfaction untuk Traveloka, tetapi tidak berpengaruh untuk Tiket.com. E-Service Quality mempengaruhi E-Satisfaction untuk Tiket.com, tetapi tidak berpengaruh untuk Traveloka.
Keywords
References
S. Saodin, “Pengaruh E-Servqual Terhadap E-Satisfaction, E-Wom dan Online Repurchase Intention,” J. Ilm. Ekon. Manaj. J. Ilm. Multi Sci., vol. 12, no. 1, pp. 15–30, 2021.
I. N. Santi, M. Muzakir, and W. Wahyuningsih, “Pengaruh E-Servqual Terhadap E-Loyalty Pada Pelanggan Traveloka,” e-Journal Ekon. Bisnis dan Akunt., vol. 7, no. 2, pp. 120–124, 2020.
K. S. Rahayu, “E-ServQual on E-Trust, E-Satisfaction and Online Repurchase Intention,” Rev. Int. Geogr. Educ. Online, vol. 11, no. 4, pp. 1426–1439, 2021.
J. J. T. Atmojo and T. Widodo, “Pengaruh E-Service Quality terhadap E-Customer Loyalty melalui E-Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening Pada Aplikasi Tiket. com,” J. Manaj. (Edisi Elektron., vol. 13, no. 1, pp. 133–149, 2022.
N. Istighfarnissa, A. Pradhanawati, and B. Prabawani, “Pengaruh E-Service Quality dan E-Trust terhadap E-Loyality dengan E-Satisfaction sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pembelian Tiket di Situs Traveloka),” J. Ilmu Adm. Bisnis, vol. 11, no. 3, pp. 399–410, 2022.
R. A. C. Mayumi, N. M. Ariani, and A. S. Sulistyawati, “Motivasi Wisatawan Nusantara dan Mancanegara dalam Melakukan Online Reservasi Melalui Online Travel Agent di Padma Resort Legian Bali,” J. Kepariwisataan dan Hosp., vol. 5, no. 2, pp. 61–81, 2021.
Y. T. Negash, M. Moslehpour, P.-K. Lin, S.-C. Chiu, and Y.-Y. Liu, “Mapping Generation Y Tourists’ E-Loyalty: A Sustainable Framework through Hierarchical Structure and Fuzzy Set Theory,” Sustainability, vol. 13, no. 9, p. 4767, 2021.
A. S. Kurniawan, R. Widowati, and S. D. Handayani, “Integrasi Theory of Reasoned Action (TRA) pada Minat Pemesanan Kembali Kamar Hotel Menggunakan Aplikasi Pemesanan Kamar Hotel Online,” J. Manaj. Teor. dan Terap., vol. 15, no. 1, pp. 77–90, 2022.
N. N. T. Pakpahan, “Minat Individu Mengikuti Sertifikasi CPA (Certified Public Accountant) dalam Rangka Meniti Karir Sebagai Akuntan Publik: Pendekatan Theory Reasoned Action (TRA), Model Kebutuhan Abraham Maslow dan Model Kebutuhan Mc Clelland,” J. Ilm. Mhs. FEB, vol. 9, no. 2, pp. 1–22, 2021.
H. Agung, M. Christian, and J. Loisa, “Perilaku Pengguna Shopee Terhadap Pembelian Multiproduk dengan Pendekatan Theory of Reasoned Action,” Go-Integratif J. Tek. Sist. Dan Ind., vol. 1, no. 01, pp. 11–23, 2020.
M. F. Azzumar, “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Aplikasi Mobile Tiket. Com Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) yang Dikembangkan,” Tugas Akhir, Program Studi Sistem Informasi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta, 2023.
D. A. Susanto and L. B. Sugiyanto, “Pengaruh Trust, Service Quality, Utilitarian Value dengan Mediasi Attitude Toward Online Shopping, dan Subjective Norm Terhadap Purchase Intention (Studi Empiris: Konsumen Tokopedia Domisili DKI Jakarta),” J. Bus. Appl. Manag., vol. 14, no. 2, pp. 115–126, 2021.
Y. Bili, “Analisis Faktor Trust dan Price Discount Bagi Pengguna Traveloka Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen,” J. Syntax Transform., vol. 1, no. 10, pp. 777–781, 2020.
M. Anggita and A. F. M. Trenggana, “Pengaruh Customer Engagement dan E-Service Quality Terhadap Niat Beli Ulang dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediator Tiket. Com,” ProBank, vol. 5, no. 1, pp. 83–99, 2020.
L. S. Wijayanti, S. M. Setyawati, and R. Rahab, “Pengaruh E-Security, E-Service Quality dan E-Trust Terhadap Repurchas Intention dengan E-Satisfaction sebagai Variabel Intervening pada Konsumen Marketplace di Indonesia,” J. Ekon. Bisnis, dan Akunt., vol. 23, no. 4, pp. 109–121, 2021.
U. Y. U. Yulia and S. Zuhroh, “Pengaruh Ease of Use Terhadap Repurchase Intention yang di Mediasi E-Satisfaction (Studi pada Online Travel Agent),” JMBI UNSRAT (Jurnal Ilm. Manaj. Bisnis dan Inov. Univ. Sam Ratulangi)., vol. 9, no. 3, pp. 1156–1166, 2022.
N. M. A. Febriani and I. K. S. Ardani, “The Influence of Customer Experience, Ease of Use, and Trust on Repurchase Intention (Case Study of Tokopedia Consumers in Denpasar),” Am. J. Humanit. Soc. Sci. Res., vol. 5, no. 2, pp. 378–383, 2021.
R. Suryani and F. N. Ramdhani, “Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Brand Image Toko Terhadap Niat Beli Ulang di Online Marketplace dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening,” Medikonis, vol. 13, no. 1, pp. 62–69, 2022.
W. K. Pratiwi and S. Wahyuni, “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Kepercayaan Konsumen Berrybenka di Shopee,” SEIKO J. Manag. Bus., vol. 6, no. 2, pp. 444–464, 2023.
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.