Prediksi Pergerakan Harga Saham Pada Bank Terbesar Di Indonesia Dengan Metode Backpropagation Neural Network

Agnes Novita(1*)
(1) Fakultas Teknologi Informasi
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v5i1.155

Abstract

Abstrak

Prediksi harga saham perusahaan sangatlah penting bagi perusahaan dan para investor untuk menentukan strategi atau pengambilan keputusan bisnis dalam membeli saham suatu perusahaan, dan hal ini disebabkan oleh perubahan harga saham yang dapat terjadi setiap saat. Prediksi harga saham dilakukan dengan melakukan analisa terhadap data-data harga saham pada periode sebelumnya, seperti harga saham pembukaan, harga tertinggi, harga terendah dan harga penutupan sehingga harga saham pada waktu yang akan datang dapat diprediksi. Penelitian ini dilakukan untuk memprediksi harga saham pada bank BRI sebagai bank pemerintah dan BCA sebagai bank swasta yang merupakan bank terbaik berdasarkan modal intinya yang berada di atas 30 triliun Rupiah pada tahun 2013 berdasarkan data dari majalah infobank. Teknik yang digunakan untuk memprediksi harga saham pada penelitian ini menggunakan metode Back Propagation Neural Network Metode ini sangat sesuai untuk data time series yang bersifat non-linier.  Data-data yang digunakan adalah data harga saham pada 4 bank terbesar berdasarkan modal intinya yang berjumlah di atas 30 triliun Rupiah, yaitu bank BRI, Mandiri, BNI dan BCA. Data yang digunakan adalah data harga saham harian selama tahun 2013. Hasil penelitian mengenai prediksi harga saham pada bank BRI dan BCA dengan menggunakan metode BPNN ini memiliki nilai akurasi yang baik, di mana hasil yang diperoleh mendekati data yang sebenarnya.

Kata Kunci: Prediksi, Metode, Back Propagation Neural Network

References


Rio, Handayani, Isye A., Prediksi Pergerakan Harga Saham Menggunakan Metode Back Propagation Neural Network. Jurnal SimanteC. Vol 3, No.3, Hal: 132-141, 2013.

Chauhan, B., Bidave, U., Gangathade, A., Kale, S., Stock Market Prediction Using Artificial Neural Network. International Journal of Computer Science and Information Technologies vol 5 (1), pp. 904-907, 2014.

Sadeq, Achmad, Analisis Prediksi Indeks Harga Saham Gabungan dengan Metode Arima. Thesis, Undip. Semarang, 2008.

Martono, Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Yogyakarta: Ekonisia, 2009.

Rode, David and Parikh, Satu and Friedman, Yolanda and Kane, Jeremiah, “An Evolutionary Approach to Technical Trading and Capital Market Efficiency”, The Wharton School University of Pennsylvania, 1995

Hermawan, Arief, Jaringan Saraf Tiruan, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi, 2006.

Jek Siang, Jong, Jaringan Syaraf Tiruan & Pemrogramannya Menggunakan Matlab, Yogyakarta: Andi offset, 2009.

Kusrini, Luthfi, Emha Taufiq,. Algoritma Data Mining. Yogyakarta: Andi, 2009.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.