Aplikasi Diagnosa Kerusakan Gitar Listrik Dengan Forward Chaining Berbasis Android

Gusti Muhammad Ridho Wahyuni(1*),Yulia Yudihartanti(2)
(1) Prgram Studi Sistem Informasi
(2) Prgram Studi Sistem Informasi
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v5i1.152

Abstract

Abstrak

Pekerjaan dari teknisi gitar profesional yang terbatas membuat para gitaris rela menunggu karena memakan waktu yang relatif lama hingga alat musiknya selesai diperbaiki apabila dipekerjakan ke teknisi gitar profesional.

Berdasarkan penelitian yang berjudul Aplikasi Diagnosa Kerusakan Gitar Listrik Dengan Forward Chaining Berbasis Android dapat membantu gitaris dalam melakukan perbaikan gitar mereka sendiri dengan waktu yang relatif lebih cepat dibandingkan teknisi gitar profesional.

Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Gitar Listrik Dengan Forward Chaining ini dapat mempercepat gitaris dalam melakukan perbaikan gitar mereka secara langsung dan tepat. Implementasi sistem ini berbasiskan Android sehingga dapat digunakan kapan saja dan dimana saja. Pada tingkat validitas dan reliabilitas sistem yang menunjukkan bahwa data yang dihasilkan valid dengan nilai Alpha Cronbach adalah 0.675, Alpha Cronbach terletak di antara 0.60 hingga 0.80 sehingga tingkat reliabilitasnya adalah reliabel.

Kata Kunci : Sistem Pakar, Forward Chaining, Gitar Listrik.

References


Hamdani, Sistem Pakar untuk Diagnosa Penyakit Mata Pada manusia. banjarbaru: STMIK Banjarbaru, 2010.

Widyananda M. A., Sistem Pakar Berbasis Web Untuk DIagnosa Awal Penyakit THT. Banjarbaru: STMIK Banjarbaru, 2008.

Mukhliso N.A., Wibowo N.S., Irawan T.B., Penerapan Metode forward chaining Dalam Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Hama Dan Penyakit Tanaman Tembakau, Jurnal INOVASI, Vol. 15, No.1, Hal: 1-7, 2015.

Kusrini, Sistem Pakar Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: ANDI, 2006.

Setiono G. A.. Teknik, Tips, & Teknik Jago Gitar. Yogyakarta: Media Pressindo, 2010.

Saputra D. H., Bahasa Pemograman Java. Yogyakarta: ANDI, 2009.

Erlangga Y., Pengertian dan Contoh Program XML. Yogyakarta: ANDI, 2012.

Sari D., Pengembangan Sistem Pakar. Yogyakarta: ANDI, 2005.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.