Model Penentuan Jenis Beasiswa Menggunakan Algoritma K-NN Kombinasi Basis Aturan Dan Basis Pengetahuan

Bahar Bahar(1*),Nidia Rosmawanti(2)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v3i3.15

Abstract

Pengambil keputusan sering menggunakan intuisi dalam proses pengambilan keputusan, padahal dengan intuisi banyak memiliki kekurangan sehingga perlu dikembangkan suatu model pengambilan keputusan yang diambil berdasarkan informasi yang telah diolah dan disajikan dengan dukungan model penunjang keputusan. Model k-Nearest Neighbor (k-NN) adalah suatu model penunjang keputusan yang tidak berbasis aturan, melainkan menggunakan algoritma pembelajaran terawasi, hasil dari data masukan yang baru diklasifikasi berdasarkan
kedekatan dengan data pada kasus lama (fakta) sebagai data pelatihan. Model k-NN cukup sederhana dan mudah diaplikasikan dalam kasus nyata. Namun demikian model k-NN memiliki kelemahan, yaitu membutuhkan data kasus yang telah pernah terjadi (fakta) sebagai basis
pengetahuan sistem. Dengan demikian, model k-NN tidak dapat memutuskan permasalahan baru tanpa belajar dari kasus yang telah pernah terjadi. Pada penelitian ini dirumuskan sebuah model k-NN yang menggunakan basis aturan untuk menghasilkan data pelatihan sebagai
basis pengetahuan sistem.

Kata Kunci: Sistem Penunjang Keputusan, k-NN (k-Nearest Neighbor), Basis Aturan, Basis Pengetahuan

References


Nidia, Bahar, 2013, Penentuan Skala Perioritas Berbasis Algoritma AHP Termodifikasi, Jurnal JUTISI, Vol. 2 No. 3.

Kusrini, Amha T. L., 2008, Algoritma Datamining, PENERBIT ANDI, Yogyakarta

Tedy R., Ardhitya W.I., Wahyu P., Sri Kusumadewi, 2008, Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Pocket PCSebagai Penentu Status Gizi Menggunakan Metode k_Nearest Neighbor, Jurnal Teknoin, Vol. 13 No. 2, 1 -6.

Chusnul Imama, 2013, Penerapan Case Based Reasoning Dengan Algoritma Nearest Neighbor Untuk Analisis Pemberian Kredit di Lembaga Pembiayaan, Jurnal Manajemen Informatika, Vo. 2 No. 1, 11 -21

Ninki H., Sri Kusumadewi, 2008, Sistem Pendukung Keputusan Berbasis SMS Untuk Menentukan Status Gizi Dengan Metode K-Nearest Neighbor, Prosiding pada Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, Yogyakarta, 21 Juni 2008.

Nobertus K., Helmi, Bayu P., 2013, Algoritma k-Nearest Neighbor Dalam Klasifikasi Data Produksi Kelapa Sawit Pada PT. Minamas Kecamatan Parindu, Jurnal Mimaster, Vol.2, No.1, 33-38.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.