Analisis Strategi Digital Marketing Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Untuk Good Laundry Denpasar
Abstract
Digital marketing is a marketing strategy to achieve sales via electronic media or the internet. Good Laundry is a laundry business that uses social media such as Instagram as a marketing and promotional medium. This research was conducted to analyze and design a digital marketing strategy for Good Laundry using Segmenting, Targeting, Positioning (STP) and Marketing Mix strategies. The results of designing a digital marketing strategy for Good Laundry show that the Good Laundry market segment is the upper middle class who prioritize quality over price, so that the type of content posted on Good Laundry's Instagram social media is made into more interesting content according to this market segment. Providing valuable content, Good Laundry can build trust, improve brand reputation and build long-term relationships. Good Laundry. Apart from Instagram, the Good Laundry website provides complete information about the laundry services offered, price packages, locations, and customer testimonials.
Keywords: Marketing Strategy; Digital marketing; Laundry
Abstrak
Digital marketing adalah salah satu strategi pemasaran untuk mencapai penjualan yang dilakukan melalu media elektronik maupun internet. Good Laundry salah satu usaha laundry yang menggunakan media sosial seperti Instagram sebagai media pemesaran dan promosi. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan merancang strategi Digital marketing untuk Good Laundry dengan menggunakan strategi Segmenting, Targeting, Positioning (STP) dan Marketing Mix. Hasil perancangan strategi Digital marketing untuk Good Laundry diketahui bahwa segmen pasar Good Laundry adalah kalangan menengah ke atas yang mengutamakan kualitas dibandingkan harga, sehingga jenis konten yang diposting pada sosial media Instagram Good Laundry dibuat konten yang lebih menarik sesuai dengan segmen pasar tersebut. Memberikan konten yang bernilai, Good Laundry dapat membangun kepercayaan, meningkatkan reputasi merek, dan membangun hubungan jangka panjang. Good Laundry.Selain Instagram, Website Good Laundry menyediakan informasi lengkap tentang layanan laundry yang ditawarkan, paket harga, lokasi, serta testimoni pelanggan.
Keywords
References
R. Muntaqo, “Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Perkembangan Budaya Masyarakat,” Pemberlakuan Pembatasan Kegiat. Masy., pp. 12–20, 2017.
dkk Abdul Wakil, Rusnandari Rentno Cahyani, Transformasi Digital Dalam Dunia Bisnis. Bandung: PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI, 2022.
N. A. Herawati, I. Bagus, and W. Wigena, “Industri Jasa Laundry Di Kawasan Kampus UNDIKSHA Singaraja,” Media Komun. FPIPS, vol. 16, no. 2, pp. 36–40, 2017.
I. Y. Musyawarah and D. Idayanti, “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju,” Forecast. J. Ilm. Ilmu Manaj., vol. 1, no. 1, pp. 1–13, 2022.
A. Husna, I. S. Dewi, S. Hasibuan, ) Program, and S. A. Bisnis, “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Brilliant Laundry,” J. Ilm. BISMA Cendekia, vol. 2, no. 1, pp. 49–53, 2021.
H. Y. Anggita and A. Susilo, “Analisis Strategi Pemasaran Laundry di Masa Pandemi (Studi Kasus Pada Pelaku Bisnis Laundry di Dusun Jajar, Kecamatan Laweyan, Surakarta),” 2022, [Online]. Available: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/104800%0Ahttp://eprints.ums.ac.id/104800/2/ARTIKEL PUBLIKASI HERDIANIS.pdf.
A. Sentoso and D. Revyani, “Penyusunan Strategi Digital Marketing Dan Pengembangan Usaha Fresh Laundry,” ConCEPt-Conference Community …, vol. 1, no. 1, pp. 2312–2316, 2021, [Online]. Available: https://journal.uib.ac.id/index.php/concept/article/view/4886%0Ahttps://journal.uib.ac.id/index.php/concept/article/download/4886/1576.
S. Mufti Prasetiyo, E. Putra Aditya, M. Florida, B. Ito, and A. Aziz, “Analyst (Studi Kasus: Mr. Klin Laundry Emerald Bintaro),” vol. 01, no. 6, pp. 996–999, 2022, [Online]. Available: https://journal.mediapublikasi.id/index.php/bullet.
L. Febriani and E. Arini, “Strategi Pemasaran Melalui Digitak Marketing Guna Meningkatkan Volumen Penjualan ( Studi Kasus Pada Usaha Laundry ECO JL. Danau Panorama Kota Bengkulu),” vol. 4, no. 3, pp. 537–550, 2023.
A. Ismail and S. Suwandi, “Business Plan Laundry Berbasis Online ‘Mbok Laundry Kiloan Cawang,’” J. Entrep. Manag. Ind., vol. 3, no. 4, pp. 171–180, 2020, doi: 10.36782/jemi.v3i4.2131.
F. A. Kumoro and D. P. Pabowo, “Strategi Digital Marketing Familyplast untuk Menarik Pelanggan,” J. Citrakara, vol. 3, no. 2, pp. 194–203, 2021, [Online]. Available: http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/5915%0Ahttp://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/viewFile/5915/2704.
M. Teguh, Selvy, and T. Ciawati, “Peracangan Strategi Digital Maarketing Communication Bagi Industri Perhotelan Dalam Menjawab Tantangan Era Posmoderen,” J. Magister Ilmu Komun., vol. 6, no. 1, pp. 51–134, 2019, [Online]. Available: http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/5915%0Ahttp://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/viewFile/5915/2704.
A. Anisa, Z. Abdul, M. Eva, and M. Bayuni, “Analisis Strategi Pemasaran ( Segmenting , Targeting , Positioning ) Produk Takafulink Salam Wakaf pada PT. Asuransi Takaful Keluarga Cabang Bandung,” pp. 417–423.
M. Nurhayaty, “Strategi Mix Marketing (Product, Price, Place, Promotion, Eople, Process, Physical Evidence) 7P Di Pd Rasa Galendo Kabupaten Ciamis,” J. Media Teknol., vol. 8, no. 2, pp. 119–127, 2022, doi: 10.25157/jmt.v8i2.2669.
B. I. Sappaile, “Konsep Instrumen Penelitian Pendidikan,” Journal Pendidikan dan Kebudayaan. pp. 59–75, 2016.
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.