Model Sistem Informasi Laporan Keuangan Pada Bidang Usaha Koperasi

Aisha Karima Azani(1*),Ruliah Ruliah(2)
(1) Program Studi Sistem Informasi
(2) Program Studi Sistem Informasi
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v5i1.147

Abstract

Abstrak

Salah satu pembenahan yang harus dilakukan oleh koperasi adalah penerapan Informasi Teknologi dalam manajemen dan pengelolaan data, karena sistem pencatatan data, pengolahan data dan pelaporan keuangan yang masih menggunakan cara manual mengakibatkan sering terjadi kesalahan pada perhitungan hasil akhirnya. Informasi yang dihasilkan oleh suatu sistem informasi yang berbasis komputer, akan memenuhi kebutuhan pemakai. Untuk itu dalam meningkatkan usahanya, koperasi tersebut sangat membutuhkan suatu pendukung yang khusus mengelola laporan keuangan koperasi baik harian, bulanan ataupun tahunan agar memudahkan kegiatan operasional sehari-hari.

Dari penelitin yang telah dilakukan, sistem informasi laporan keuangan pada koperasi karya abadi Kandangan diharapkan dapat membantu dalam mengelola data pinjaman, pembayaran, simpanan serta donasi dari anggota koperasi maupun donator yang nantinya ke semua data ini akan diolah menjadi laporan keuangan akuntansi. dan diharapkan juga aplikasi ini dapat memberikan hasil data yang lebih cepat, akurat, dan tepat dalam hasil perhitungannya.

Kata Kunci : Sistem Informasi, Koperasi, Laporan Keuangan.

References


Prasetyajati A., Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Simpan Pinjam Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) “Sida Megar” Kabupaten Cilacap. Yogyakarta: STMIK AMIKOM Yogyakarta, 2013.

Bawono B., Pengelolaan Data Simpan Pinjam Pada Koperasi Palem Sejahtera Di Banjarbaru. Banjarbaru: STMIK Banjarbaru, 2010.

Nugraha H.A., Astuti Y.W., Analisis Penerapan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah Dalam Pengelolaan Data Keuangan Pada Organisasi Pemerintah Daerah, Jurnal Akuntansi AKtual, Vol. 2 No. 1, Hal: 25-33, 2013.

Orniyati Y., Laporan Keuangan Sebagai Alat Untuk Menilai Kinerja Keuangan, Jurnal Ekonomi Bisnis, Vol. 14, No. 3, Hal: 206-213, 2009.

Yanti, F. D., Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam Gelora Tani pada Dinas Pertanian Tanaman dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan. Banjarbaru: STMIK Banjarbaru, 2011.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.