Penerapan Metode Case Base Reasoning Mendeteksi Kecanduan Game Online pada Remaja (Studi Kasus: SMP YPK Paulus)
Abstract
Along with the development of communication and information technology, today's engineering equipment does not only need to have one single but is versatile while meeting needs. The internet today is not only to meet information needs but also in entertainment. But one of the problems is what often happens to online games, online games have now developed in such a way along with the development and advancement of technology itself. This is of course the task for parents and teachers in monitoring children's behavior in playing online games. The purpose of the system is to diagnose online game addiction in adolescents using the CBR (Cased base reasoning) method. This study aims to diagnose and provide solutions to counseling teachers in monitoring students. The results of system testing show that all system functionality has been running well. Besides that, based on the results of testing the system output and expert opinion, it shows a 100% confidence value.
Keywords: Expert System; Cased base reasoning; Online Game Addiction
Abstrak
Seiring perkembangan komunikasi dan teknologi informasi, peralatan teknik saat ini tidak hanya perlu memiliki satu tunggal tapi serbaguna sekaligus memenuhi kebutuhan. Internet saat ini tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan informasi namun juga dalam hiburan. Tapi salah satu kendalanya adalah yang sering terjadi pada game online, game online saat ini telah berkembang sedemikian rupa seiring dengan perkembangan dan kemajuan teknologi itu sendiri. Hal ini tentunya menjadi tugas untuk orang tua dan guru dalam memonitoring perilaku anak dalam bermain game online. Tujuan sistem didabngun adalah untuk mendiagnosa kecanduan game online pada remaja dengan menggunakan metode CBR (Cased base reasoning). Penelitian ini bertujuan untuk mendiagnosa dan memberikan solusi kepada guru BK dalam memonitoring siswa. Hasil dari pengujian sistem menunjukkan bahwa, seluruh fungsionalitas sistem telah berjalan dengan baik. Selain itu berdasarkan hasil pengujian terhadap output sistem dan pendapat pakar, menunjukkan nilai keyakinan 100%.
Keywords
References
E. Fadila, S. N. Robbiyanto, and Y. T. Handayani, “Pengaruh Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Remaja,” J. Ilm. Kedokt. dan Kesehat., vol. 1, no. 2, pp. 17–31, May 2022, doi: 10.55606/KLINIK.V1I2.531.
H. Akbar, “Penyuluhan Dampak Perilaku Kecanduan Game Online Terhadap Kesehatan Remaja di SMA Negeri 1 Kotamobagu,” Community Engagem. Emerg. J., vol. 1, no. 2, pp. 42–47, Jul. 2020, doi: 10.37385/CEEJ.V1I2.108.
F. P. Hartanti, “Dampak Buruk Kecanduan Game pada Anak Usia Remaja,” Kementrian Kesehatan Direktorat Jendereral Pelayanan Kesehatan, 2020. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1359/dampak-buruk-kecanduan-game-pada-anak-usia-remaja#:~:text=Remaja yang kecanduan game online semakin tidak mampu untuk mengatur,bahaya bagi remaja yang mengalaminya. (accessed Jul. 30, 2023).
E. Novrialdy, “Kecanduan Game Online pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya,” Bul. Psikol., vol. 27, no. 2, pp. 148–158, Dec. 2019, doi: 10.22146/ BULETINPSIKOLOGI.47402.
G. Y. Wiguna and Y. K. Herdiyanto, “Coping pada Remaja yang Kecanduan Bermain Game Online,” J. Psikol. Udayana, vol. 5, no. 2, pp. 450–459, Oct. 2018, doi: 10.24843/JPU.2018.V05.I02.P15.
I. Verawati and M. Y. Purwalasari, “Diagnosa Kecanduan Gadget Pada Anak Menggunakan Certainty Factor,” J. Mantik Penusa, vol. 3, no. 3, pp. 126–131, 2019, Accessed: Jul. 31, 2023. [Online]. Available: https://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/690
T. Syahputra, Elfitriani, and W. R. Maya, “Implementasi Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Pecandu Narkoba Menggunakan Metode Teorema Bayes,” J. SAINTIKOM (Jurnal Sains Manaj. Inform. dan Komputer), vol. 18, no. 2, pp. 111–118, Aug. 2019, doi: 10.53513/JIS.V18I2.149.
K. D. Prasetio, I. K. Sireegar, and Suparmadi, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Disebabkan Rokok dengan Menggunakan Metode Forward Chaining,” J. MEDIA Inform. BUDIDARMA, vol. 6, no. 4, pp. 2205–2213, Oct. 2022, doi: 10.30865/MIB.V6I4.4755.
W. Iskandar, “Identifikasi Penerimaan Beasiswa Dipa Menggunakan Metode Backward Chaining,” Jupiter J. Comput. Inf. Technol., vol. 2, no. 2, pp. 96–108, Dec. 2021, doi: 10.53990/CIST.V2I2.139.
S. Pakar et al., “SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT MATA GANGGUAN VISUS DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR,” Jutisi J. Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 7, no. 2, pp. 69–80, Aug. 2018, doi: 10.35889/JUTISI.V7I2.287.
M. Silvana, R. Akbar, A. Syahnum, and J. S. Informasi, “Pemanfaatan Metode Naïve Bayes dalam Implementasi Sistem Pakar Untuk Menganalisis Gangguan Perkembangan Anak,” J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 6, no. 2, pp. 74–81, Aug. 2020, doi: 10.25077/TEKNOSI.V6I2.2020.74-81.
N. Dalimunthe, F. Nazari, K. Purba, and A. Adawiyah, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Kelapa Sawit Menggunakan Metode Bayesian Network,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 5, no. 2, pp. 218–223, Aug. 2019, doi: 10.24014/RMSI.V5I2.8243.
Dona, H. Maradona, and Masdewi, “SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT JANTUNG DENGAN METODE CASE BASED REASONING (CBR),” Zo. J. Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 1–12, Apr. 2021, doi: 10.31849/ZN.V3I1.6442.
Y. Yandri, “Sistem Pakar Deteksi Digital Kecenderungan Kecanduan Game Pada Remaja Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Web,” INFORMATIKA, vol. 10, no. 1, pp. 1–12, Jan. 2022, doi: 10.36987/INFORMATIKA.V10I1.2411.
D. Bancin, I. Kamil Siregar, and M. Handayani, “Analisis Model Penelusuran Case Based Reasioning Dalam Mendiagnosa Penyakit Kecanduan Internet (Internet Addiction),” J-Com (Journal Comput., vol. 2, no. 1, pp. 35–40, Mar. 2022, doi: 10.33330/J-COM.V2I1.1580.
Y. Eka Achyani and S. Saumi, “Penerapan Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Manajemen Buku Perpustakaan Berbasis Web,” J. SAINTEKOM, vol. 9, no. 1, pp. 83–94, Mar. 2019, doi: 10.33020/SAINTEKOM.V9I1.84.
D. Andreswari, J. Purnama Sari, and V. Asmika, “Implementasi Case Based Reasoning Untuk Mendiagnosis Gangguan Pada Sistem Pencernaan Manusia Menggunakan Algoritma Similaritas Neyman Berbasis Web,” Rekursif J. Inform., vol. 10, no. 1, pp. 12–22, Apr. 2022, doi: 10.33369/REKURSIF.V10I1.18976.
Y. S. R. Nur, A. Burhanuddin, D. Aldo, and W. L. Army, “Sistem Pakar Deteksi Penyakit Bawang Merah dengan Metode Case Based Reasoning,” J. MEDIA Inform. BUDIDARMA, vol. 6, no. 3, pp. 1356–1366, Jul. 2022, doi: 10.30865/MIB.V6I3.4180.
S. M. C. Silalahi, “SISTEM PAKAR DIAGNOSA GEJALA KECANDUAN GAME ONLINE BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE BACKWARD CHAINING,” TeIKa, vol. 11, no. 2, pp. 175–183, Oct. 2021, doi: 10.36342/teika.v11i2.2614.
F. Hamdallah, “Sistem Pakar Diagnosa Gejala Kecanduan Game Online dengan Metode Backward Chaining,” Cakrawala Repos. IMWI, vol. 3, no. 2, pp. 118–124, Jun. 2020, doi: 10.52851/CAKRAWALA.V3I2.56.
Z. A. Setyawan, “Sistem Pakar Diagnosa Kecanduan Game Online dengan Metode Certainty Factor dan Euclidean Distance Berbasis Web,” JDMIS J. Data Min. Inf. Syst., vol. 1, no. 1, pp. 29–36, Feb. 2023, doi: 10.54259/JDMIS.V1I1.1521.
How To Cite This :
Refbacks
- There are currently no refbacks.