Penerapan Metode Saw Dalam Menentukan Juara Dance Sekolah Menengah Pertama

Yuni Melliyana(1*),Fitriyadi Fitriyadi(2)
(1) STMIK Banjarbaru
(2) STMIK Banjarbaru
(*) Corresponding Author
DOI : 10.35889/jutisi.v5i2.143

Abstract

Abstrak

Sistem penentuan juara dance SMPN 1 Banjarbaru tidak menggunakan bobot sehingga pada saat total keseluruhan nilai ada yang sama maka para juri kebingungan menentukan siapa yang berhak dijadikan juara yang terunggul sehingga penentuan juara jadi kurang tepat. Pembobotan pada kriteria perlu dilakukan agar fungsi-fungsi proses bisnis yang diukur bisa berjalan dengan baik. Pendekatan yang diambil untuk menyelesaikan permasalahan ini adalah dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting.

Penerapan metode Simple Additive Weighting dalam menentukan juara dance SMPN 1 Banjarbaru, yaitu dengan menentukan nilai bobot pada setiap kriteria, kemudian dilanjutkan dengan proses perankingan yang akan menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini yang dimaksud alternatif adalah yang berhak menjadi juara dalam lomba dance sesuai dengan kriteria-kriteria yang sudah ditentukan. Dengan metode perankingan tersebut, diharapkan penilaian akan lebih tepat karena didasarkan pada nilai kriteria dan bobot yang sudah ditentukan. Sehingga akan mendapatkan nilai yang lebih akurat terhadap siapa yang akan menjadi juara dance SMPN 1 Banjarbaru.

Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian yang telah dilakukan yaitu metode Simple Additive Weighting dapat  memberikan penilaian dan perankingan untuk penentuan juara dance SMPN 1 Banjarbaru dengan akurasi yang sangat baik.

Kata Kunci: Dance, Simple Additive Weighting, Juara.

References


Iqbal M., Penentuan Band Terbaik Menggunakan Weight Product. Skripsi Jurusan Sistem Informasi, Banjarbaru: STMIK Banjarbaru. 2014.

Noer R., Sistem Penunjang Keputusan Dalam menentukan Pemenang Lomba Fashion Show Dengan Weight Product. Skripsi, Banjarbaru: STMIK Banjarbaru, 2014.

Darmastuti D., Implementasi Metode Simple Additive Weighting (SAW) Dalam Sistem Informasi Lowongan Kerja Berbasis Web Untuk Rekomendasi Pencari Kerja Terbaik . Skrupsi: Universitas Tanjung Pura. 2013.

Jinong W., Metode Simple Additive Weighting (SAW). Skripsi, Jambi : Universitas Jambi. 2013.


The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Full Text: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.